Alternaria mali


Alternaria mali (bercak daun apel)

Salbiah
Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian

Nama ilmiah : Alternaria mali

Nama Umum : Bercak daun apel

Kode EPPO : ALTEMA (Alternaria mali)

Taksonomi :
Domain: Eukaryota
Kerajaan: Fungi
Filum: Ascomycota
Subfilum: Pezizomycotina
Kelas: Dothideomycetes
Subkelas: Pleosporomycetidae
Ordo: Pleosporales
Famili: Pleosporaceae
Genus: Alternaria
Spesies: Alternaria mali


Sebaran :
China, India, Iran, Jepang, Korea, Taiwan, Turki, Kanada, USA, Chili, Serbia, Australia.

Tanaman Inang : Malus pumila,  Malus domestica,  Malus  sylvestris.


Biologi :
Cendawan ini menginfeksi daun apel.  Penyebaran penyakit ini dibantu oleh curah hujan dan suhu yang tinggi. Hubungan antara suhu dan curah hujan digunakan untuk memprediksi tingkat keparahan penyakit.

Deteksi dan Identifikasi : Cendawan ini menyebabkan bintik-bintik pada daun, yang membesar berbentuk lingkaran atau cincin berbentuk bulan sabit. Hifa biasanya pada permukaan inang, namun miselium terlihat pada permukaan daun. Cendawan ini juga menginfeksi buah yang  menyebabkan buah membusuk, terutama dimana kulit buah sudah rusak karena penyebab lainnya.

Morfologi : Ukuran konidia sangat bervariasi. Hifa berukuran pendek, sebagian besar tidak bercabang dan tanpa penyempitan pada septa dengan lebar 3-8 pM. Konidia diproduksi dalam rantai 3-9 dan rata-rata 28 x 12 μm (maksimum 29 x 13 μm). Mereka biasanya berukuran 3-septa, dengan septa melintang dan longitudinal, dengan konstriksi pada septa, terutama saat tua. Konidiospora biasanya fasciculate, memiliki panjang bervariasi dan berwarna gelap.

Musuh Alami : Bacillus cereus.

Dampak Ekonomi : A. mali merupakan patogen penting di Eropa karena menyebabkan penyakit pada daun dan buah apel. Tingkat infeksi pada daun hingga 85% terutama pada kultivar yang rentan.

Pengendalian : A. mali  dikendalikan dengan menggunakan kultivar tahan dan fungisida. Kultivar apel digolongkan berdasarkan tingkat resistensinya sebagai berikut: Indo, Red Gold, Raritan, Delicious, Fuji, Golden Delicious, Ralls, Toko, Tsugaru, Mutsu, Jonagold, Jonathan. Yellow Newtown, American Summer Pearmain, McIntosh, Ben Davis dan Stayman Winesap, Gala, Honey Gold dan Mollie's Delicious. Pengendalian kimia A. mali melalui penggunaan fungisida seperti iprodione, mancozeb dan captan. Di Jepang, penyakit ini adalah salah satu penyakit apel yang paling serius, yang memerlukan tindakan pengendalian spesifik dan teratur. Fungisida yang diaplikasikan diantaranya mancozeb, ziram, thiram, oxine-copper, iminoctadine, polyoxins. Hanya iprodione yang ditemukan efektif untuk mengendalikan A. mali di North Carolina (AS).

Referensi :

EPPO. 2009. PQR database. Paris, France: European and Mediterranean Plant Protection Organization. www.eppo.org.


Filajdic, H and Sutton, TB. 1991. Identification and distribution of Alternaria malion apples in North Carolina and susceptibility of different  varietas of apples to Alternaria blotch. Plant dis. 75:1045-1048.
Harteveld, Dalphy. Disease cycle of Alternaria in apple. Tree pathology centre (Agri-science OLD & UQ).
Horlock, Christine. 2006. Management of Alternaria leaf and fruit spot apples. Horticulture Australian Ltd.
Jung KH. 2007. Growth inhibition effect of pyroligeneous acid on pathogenic fungus, Alternaria mali, the agent of Alternaria blotch of apple. Biotechnology and bioprocess engineering 2007,12.318-322.
Li, Y; Liu, Z; Cui, F; Liu, Z; Zhan, H. 2007. Application of plaskhett-burman experimental design and doehlert design to evaluate nutritional requirements for xylonate production by Alternaria mali ND-16. App. Microbiol. Biotechnol (2007) 77:285-291. DOI 10.1007/s002.53-007-1167-6.
Rotondo, F; Collina, M; Brunelli, A; Pryor, BM. 2012. Comparison of Alternaria spp. collected in Italy from apple with A. mali and other AM-toxin producting strain. The american phytopathological society. http://dx.doi.org/10.1094/PHYTO-04-12.0076-R.
Sofi, AT; Being, MA; Dar, Gh. H; Ahangar, FA and Hamid, A. 2013. Virulence variation in Alternaria mali (Roberts) and evaluation of systemic a cquired resistence (SAK) activators for the management of Alternaria leaf blotch of apple. Emir. J.Food Agric. 2013. 25(3):196-204. Doi:109755/ejfa.v25i.10694.
Soleiman,  MJ and Esmailzadeh, M. 2007. First report of Alternaria mali causing apple leaf blotch disease in Iran. Australisian plant disease notes, 2007,2, 57-58.

Comments