Follow Us @soratemplates

Sunday, 2 December 2018

5 Musik Ini, Anak-Anak Saya Paling Suka

Tema kali ini, cukup saya suka. Kalau sudah suka meski mudah menuangkannya. Saya memilih rekomendasi musik karena memang bisa dibilang musik merupakan sumber inspirasi.  Musik yang bahagia akan membuat bahagia, musik yang semangat akan membuat semangat, musik yang sedih kadang akan membuat kita sedih. 

Saya tidak akan membahas musik yang saya sukai untuk direkomendasikan. Berhubung saya punya dua orang anak kecil yang sedang tumbuh, maka saya akan rekomendasikan musik anak-anak. 

Anak-anak merupakan asset kita, sedari dini  asset harus dirawat dan diasupi hal yang baik. Musik yang baik akan menemani masa tumbuhnya. Oleh karena itu, berikut daftar musik yang selalu menemani hari-hari anak kami di rumah.

1. Lagu Indonesia Raya
Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan negara kita patut dijadikan pilihan lagu untuk anak-anak. Saya pribadi mempunyai dua anak yang keduanya sangat menyukai lagu ini.  Mungkin kedua anak saya yang keduanya masih dibawah 10 tahun belum faham betul makna lagu ini, akan tetapi irama lagu tersebut membuat anak-anak semakin bersemangat menyayikannya.

2.  Lagu Cicak Cicak Didinding
Tak bisa dipungkiri lagi. Ini merupakan lagu kebangsaan semua anak-anak. Anak-anak manapun meski tahu lagu ini. Setiap orang tua akan mengajari lagu ini sejak anaknya kecil sehingga anak-anak sangat menyukai lagu ini. Sebenarnya esensi lagu ini hanya ingin menginformasikan proses cicak yang sedang memangsa nyamuk tapi karena liriknya singkat dan pendek, iramanya juga enak untuk didengar maka setiap orang tua dan anak-anak bahagia membawakan lagu ini.

3. Lagu Upin Ipin
Lagu yang berasal dari film  kartun negara tetangga ini banyak menyedot perhatian anak-anak di Indonesia, begitu juga dengan anak-anak kami di rumah. Tiada hari tanpa memperdengarkan lagu ini. Liriknya mudah diingat dan musiknya selalu membawa kebahagiaan buat anak-anak. Anak-anak selalu ceria dan senang saat menyayikannya karena lirik lagu ini selalu membawa keceriaan, bermain bersama teman dan banyak kisah pengalaman bermain anak yang dituangkan dalam lagu ini. Lagu ini dapat mengeksplorasi dunia anak-anak dengan apiknya. 

4. Lagu Omar dan Hana
Sama halnya seperti Upin Ipin. Lagu dari negara tetangga ini juga diminati anak-anak. Lagu ini lebih bersifat islami dan cocok banget untuk anak-anak kita. Diantara lagu anak-anak yang merupakan soundtrack film, ini merupakan yang paling saya suka. Jika anak-anak menyayikan lagu ini, seakan jiwa mereka menjadi lembut terbawa alunan lagu ini. Biasanya lagu ini dinyayikan oleh Ayah, Ibu, Omar, dan Hana sehingga alunan lagu ini secara tidak langsung mengajari anak-anak kita bertutur lembut dan sopan. Anak saya sendiri kalau sudah menyayikan lagu ini terlihat menjadi lebih sopan dan lembut. Selain itu, lagu ini mengajarkan banyak hal kepada anak-anak kita seperti menyayangi anak yatim, menyayangi kucing, mengajarkan sholat dan lain sebagainya.  Lagu ini memang pas untuk buah hati kita.

5. Lagu Garuda Pancasila
Lagu terakhir yang saya rekomendasikan ini, memang selalu membawa aura semangat yang luar biasa. Mungkin anak-anak saya belum faham betul maknanya tapi dengan alunan musiknya yang bersemangat membuat makin bersemangat yang menyayikannya. Anak saya yang kedua, tipe anak aktif secara motorik sehingga lagu ini sangat cocok untuk dia dendangkan tiap kali dia ingat.

Memilih lagu yang baik untuk anak-anak adalah pilihan ibu cerdas zaman now. Semoga lagu dapat menginspirasi dan membawa gairah baru untuk selalu bersemangat dalam menjalani hari-hari ini.


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay10Challenge2018

No comments:

Post a Comment