Follow Us @soratemplates

Sunday, 2 December 2018

5 Tips Hidup Sehat ala Salbiah, Tips 1 Murah Meriah

“Didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, kalimat tersebut selalu nyantol dipikiran saya. Tema kali ini, ada kaitannya dengan kalimat diatas. Berbagi 5 tips hidup sehat ala Salbiah.

Berbicara hidup sehat. Setiap orang meski mendambakan hidup sehat, nggak ada yang mau kan kalau sakit, malas yah bertemu dokter..he..Saya pribadi, untuk mendapatkan hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Cara tersebut, saya rangkum menjadi 5, yang nomor 1 adalah cara yang paling murah meriah.

1. Minum air putih
Nomor satu ini, saya paling cerewet. Tak jemu-jemu untuk ngingetin anggota keluarga lain untuk minum air putih. Suami saya penyuka kopi, mungkin satu hari bisa 5-6 gelas kopi sehingga kadang membuat saya khawatir kalau dia terlihat tidak minum air putih. Begitu juga anak-anak, yang namanya anak-anak kalau haus saja minum air kalau nggak ya meski kelupaan sehingga saya selalu mengambil air dan menyuruh mereka meminumnya.

Terutama saat bangun tidur, saya selalu menyajikan air putih terutama untuk anak-anak. Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh karena beberapa kali saya mengikuti seminar kesehatan. Darah dalam tubuh kita jika dicampur dengan kopi atau air yang berwarna akan berwarna gelap dan akan mengental. Berbeda jika darah bercampur dengan air putih maka darah akan encer dan tersebar dengan lancar. Oleh sebab itu tidak akan terjadi penggumpalan darah.

Penggumpalan darah dapat mendatangkan berbagai jenis penyakit karena aliran darah tidak lancar seperti seharusnya. Sebaliknya jika darah mengalir dengan lancar ke semua aliran tubuh maka tubuh akan selalu terasa segar dan sehat.

2. Memasak makanan sendiri
Zaman now, segala sesuatunya serba cepat. Begitu juga dengan makanan. Bisa dipastikan  kuliner di berbagai kota meski menyajikan makanan cepat saji alias fast food dan junk food. Dilihat dari sisi, penyajian memang makanan seperti ini sangat cepat untuk dinikmati apalagi jika waktu yang kita punya untuk menikmati makanan hanya sebentar, nah makanan seperti ini bisa jadi salah satu solusinya. 

Akan tetapi, makanan seperti ini tidak memiliki kandungan gizi yang tepat sehingga dapat mengakibatkan defisiensi gizi pada tubuh. Berbeda dengan makanan yang kita masak sendiri. Kandungan gizi sangat diperhatikan, mulai dari pemilihan bahan makanan sampai teknik memasaknya. Makanan seperti ini, dapat membuat badan menjadi sehat dan selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

3. Membersihkan rumah secara rutin
Pekerjaan ini memang terlihat mudah tapi sangat sulit untuk dilaksanakan. Apalagi untuk ibu pekerja yang meski berangkat pagi dan pulang sore seperti saya ini, rasanya sudah lelah sehingga rumah tidak bersihkan secara rutin. Jika terlihat kotor akan dibersihkan tapi jika masih terlihat bersih akan dibiarkan. Ini adalah pemikiran yang salah kaprah.

Bagi saya yang mempunyai anak kecil, tak jemu tiap hari membersihkan rumah sampai beberapa kali sesuai jadwal saat berada di rumah apalagi disaat weekend, kebersihan rumah menjadi prioritas utama. Diusahakan agar anak-anak yang bermain di rumah dalam kondisi higienis karena  rumah yang kotor akan membawa berbagai jenis penyakit. Nah, lebih baik mencegah kan daripada mengobati.

4. Membuang sampah secara rutin
Limbah sampah terkadang masih menumpuk didapur dalam beberapa hari karena terkadang kita lupa untuk membuangnya. Saya pribadi mempunyai jadwal membuang sampah yaitu disaat sore hari. Saya selalu berusaha saat malam hari sebelum tidur maka sampah telah saya buang diluar rumah. Seperti kita ketahui, sampah adalah sumber penyakit. Jika secara rutin membuang sampah maka kemungkinan besar akan mengurangi penyebaran penyakit. 

5. Menyimpan barang dengan rapi
Barang yang tertata dengan rapi akan mengurangi datangnya serangga kedalam rumah. Berdasarkan pengalaman pribadi, menumpuk barang secara rapi akan meminimalisir serangga yang datang dan menetap di area tumpukan barang tersebut.

Saya termasuk ibu rumah tangga yang menyukai kerapihan sehingga sangat tidak suka melihat barang-barang menumpuk. Biasanya jika sudah menumpuk, saya pilah untuk dibuang sehingga akan mengurangi tumpukan. Cara ini ternyata efektif membuat udara tetap segar di dalam rumah.

Membiasakan hidup sehat dapat dimulai dari hal kecil. Mari kita mulai dari diri sendiri dirumah.

Foto : Tribun

@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay12Challenge2018

No comments:

Post a Comment