Follow Us @soratemplates

Thursday, 18 July 2019

Makyus, Berkumpul dengan Para Begawan Fungi

Mikoina merupakan Perhimpunan Mikologi Indonesia. Perhimpunan ini memiliki beberapa cabang di seluruh Indonesia, salah satunya komunitas mikoina cabang Bogor. Yap, tepat pada hari Selasa, Tanggal 16 Juli 2019, Komunitas tersebut menyelenggarakan acara Seminar Serial Meeting Sesi 2  sekaligus tribute dan gathering dalam rangka penghormatan terhadap karya Prof. Dr. Mien A Rifai" di Common Class Room Institut Pertanian Bogor.

Seminar ini dihadiri oleh para mikologis yang sudah sangat mumpuni dibidang jejamuran. Kami mendapatkan paparan materi terkait truffle like fungi di hutan Dipterocarpaceae yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nampiah.

Pemaparan yang sangat menggiurkan adalah terkait bisnis jejamuran masa kini yang disampaikan oleh Bapak Ir. Triono Untung Piryadi. Gimana enggak? passion dapat menghasilkan duit, mantapkan.

Tak kalah hebohnya adalah saat Bapak Dr. Ir. Widodo MS menyampaikan materi terkait peran cendawan dalam dunia pertanian. Amazing...ternyata cendawan atau jamur itu sahabat kita, lho, bahkan memberikan berbagai keuntungan bagi manusia. Terdapat, "Top Ten Fungi" yang sudah menjadi artis di kalangan manusia dan di kalangan mereka *wkwk, tepok jidat.

Sesi terakhir ditutup dengan cantik melalui pemaparan dari Bapak Prof. Dr. Mien A Rifai selaku salah satu Begawan Fungi di Indonesia. Kontribusi beliau sangat melekat dan mendarah daging di bumi nusantara. Penghargaan yang setinggi-tingginya untuk beliau, yang tak akan lekang ditelan waktu.

Pengalaman pertama saya bergabung dengan para begawan fungi Indonesia membuat saya semakin bersemangat mendalami ilmu ini secara komprehensif, semoga Allah memudahkan..Aamiin.

Bangga ih, berada diantara orang-orang berilmu walau ilmu saya masih sangat sedikit dibandingkan ilmu yang telah mereka miliki. Rasa kagum dan takjub kepada mereka, menuntut ilmu setinggi langit sampai ke negara tetangga, sedangkan saya minder banget, sudah berusia tapi masih belum bisa menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Ih, malu!

Sekian reportase dari seminar ini, semoga ada hikmah yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Aamiin...




No comments:

Post a Comment