Follow Us @soratemplates

Thursday, 30 May 2019

Baju Lebaran, Wajib atau Sunah?

Hai BPers...

Wah, wah, wah... enggak berasa, ya, ternyata lebaran tinggal menghitung hari. Nah, hal yang paling heboh dan meski disiapkan saat menyambut lebaran adalah baju lebaran. Baju lebaran identik dengan baju baru, ya. Benar enggak? Kayaknya kalau enggak menggunakan baju baru berasa enggak lebaran, ya? Ah, benar enggak sih.

BPers...

Sebenarnya merayakan lebaran enggak meski dengan baju baru, yang patut dirayakan adalah kemenangan kita setelah satu bulan berpuasa menahan berbagai godaan, menang dari para kejahatan syaitan yang terkutuk. 

Kemenangan enggak meski dirayakan dengan hal-hal yang serba baru termasuk baju baru untuk lebaran. Baju yang masih terlihat pantas digunakan pun tetap layak digunakan untuk berlebaran. So, tanamkan sedini mungkin dalam hati kamu kalau yang baru adalah hati kita bukan hanya sekedar bajunya saja. Hati kita meski baru setelah melewati bulan suci Ramadhan dan merebut kemenangan dengan success.

And than? Kenapa sih, lebaran meski dikaitkan dengan baju lebaran? BPers, itu sih hanya tradisi para leluhur kita, yang namanya merayakan kemenangan yang digunakan adalah yang terbaik termasuk bajunya, makanya ada istilah "baju lebaran". So, kalau kamu enggak beli baju baru untuk berlebaran maka sah saja, lebaran akan tetap hadir walau tanpa baju baru lebaran.

Pengalaman membuktikan bahwa yang paling sibuk dengan baju baru lebaran saat akan merayakan lebaran adalah golongan anak-anak. Merengek minta dibelikan baju baru lebaran dan selepas dibelikan langsung dipamerkan kepada teman-teman mereka. So, kalau kamu yang dewasa masih sibuk dengan baju baru lebaran maka bisa dipastikan, kamu hanya dewasa usianya saja tapi masih masuk golongan anak-anak  apalagi ditambah dipamerkan juga ke tetangga *wkwkw, tepok jidat dah.

Merayakan hari lebaran dengan baju baru boleh saja, asalkan jangan sampai memaksakan kehendak. Apalagi sampai "berhutang" demi dapat baju baru lebaran, duh enggak banget deh. 

Jadi, baju baru lebaran hukumya wajib bagi golongan anak-anak, bayangkan anak-anak guling-guling di lantai kalau enggak dibelikan baju baru lebaran dan sunah bagi kita orang dewasa. Nah, baju apapun kalau digunakan saat lebaran maka disebut baju lebaran walau enggak baru. 

BPers...

Berikut tips memilih baju lebaran:

1. Pilih model kekinian
2. Pilih model yang sesuai bentuk tubuh
3. Pilih bahan yang nyaman 
4. Pilih warna yang calm
5. Pilih yang terlihat menawan
6. Sesuaikan dengan isi dompet

Mari berlebaran dengan baju terbaik, baru atau lama itu urusan nomor sekian. Jika ada rezeki, bisa beli yang baru, alhamdulillah, jika tidak ada rezeki, maka gunakan yang ada saja, enggak ada masalah. Ingat, lebaran tetap jalan tanpa baju baru lebaranmu.

Selamat berlebaran, BPers!

By: Pixabay.com

No comments:

Post a Comment