Follow Us @soratemplates

Sunday, 24 February 2019

Hal yang Perlu Kamu Persiapan Saat Akan Menghadapi Tes TPA

Tes pontensi akademik atau yang sering disingkat menjadi tes TPA, merupakan tes yang dilakukan untuk seleksi persyaratan mendapatkan beasiswa pascasarjana atau masuk perguruan tinggi. Penyelenggara tes ini, yang paling prominen diantaranya OTO Bappenas. Jika kamu akan mengikuti tes TPA yang diselenggarakan oleh OTO Bappenas, maka berikut hal-hal yang harus kamu persiapan dengan baik:

1. Belajar Contoh Soal OTO Bappenas secara Mandiri

Tes TPA biasanya terdiri dari tes kemampuan verbal, tes kemampuan kuantitatif, dan tes kemampuan penalaran. Kamu bisa mendapatkan berbagai contoh soalnya baik melalui website, mengunggah aplikasi pada playstore, membaca buku-buku latihan soal, atau menonton video latihan soal TPA.

Website yang dapat kamu kunjungi untuk mendapatkan soal-soal tes TPA, misalnya di alamat www.AlatTesTPA.com. Beberapa website ada yang menyajikan soal secara gratis dan ada pula yang berbayar. 

Aplikasi berbasis android seperti TPA OTO BAPPENAS dan CAT TPA OTO Bappenas, dapat kamu gunakan untuk melatih kemampuan menguasai berbagai variasi soal TPA. Sebaiknya, kamu terlebih dahulu membeli koleksi soal dalam bentuk monograf atau versi bukunya karena untuk dapat masuk ke dalam aplikasi ini, kamu harus punya kode tertentu yang hanya bisa diketahui pada lembar pertama buku ini.

Buku yang direkomendasikan untuk mempelajari soal TPA Bappenas, diantaranya kisi-kisi soal TPA pascasarjana S2 dan S3 penerbit Master Eduka, best score TPA OTO Bappenas 600+ dengan penerbit Genta Smart Publisher, top fresh masterpiece TPA versi OTO Bappenas dengan penerbit Media Cerdas, rekor 709,5 TPA versi OTO Bappenas dengan penerbit Forum Edukasi, serta masih banyak buku lainnya. 

Selain itu, kamu juga dapat belajar secara daring, melalui youtube dengan berbagai mentor yang sudah kawakan dibidang ini.

2. Mengikuti Pelatihan Tes TPA

Banyak lembaga pelatihan yang secara khusus membahas soal-soal tes TPA. Keunggulan belajar di tempat pelatihan seperti ini, kamu secara langsung akan mendapatkan trik dan tips, sehingga mudah dan cepat menyelesaikan soal TPA. Selain ketepatan menjawab, kecepatan juga sangat diperhitungkan dalam menyelesaikan soal TPA. Biaya mengikuti pelatihan ini cukup beragam, mulai dari ratus ribuan dalam satu kali pertemuan atau bahkan bisa jutaan jika pelatihan dilakukan secara intensif.

3. Mengikuti Percobaan Tes TPA

Jika kamu ingin mengetahui sejauh mana hasil belajar yang telah kamu lakukan, enggak ada salahnya untuk mencoba mengikuti ujian TPA Bappenas di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Biasanya jadwal ujian dapat dilihat secara daring di alamat koperasi.bappenas.go.id.

4. Persiapkan Fisik dan Mental

Mendekati waktu pelaksanaan tes TPA, maka sebaiknya kamu harus persiapan fisik secara optimal. Makan secara teratur dan cukup tidur. Tubuh harus fit saat menghadapi tes TPA. Penyakit ringan seperti batuk pun akan memengaruhi  konsentrasi saat menyelesaikan tes TPA. 

Mental kamu harus strong. Saat menghadapi soal latihan tes TPA yang begitu rumit, tetap calm. Cari kunci jawabannya, setidaknya dengan melihat kunci jawaban, kamu akan tercerahkan dan dapat menghela nafas dengan teratur. Jika itu sudah kamu lakukan, maka saat kamu berada pada tes yang sebenarnya  dan menemui soal yang unik, maka mental kamu sudah kuat.

Persiapan yang matang dan mengerahkan segenap jiwa dan raga sebelum menghadapi tes TPA, sangat diperlukan. Ketika persiapan sudah mantap, selanjutkan pasrahkan semuanya kepada Sang Khalik, tawakal penutup terbaik.

Sumber : Pixel.com


No comments:

Post a Comment