Follow Us @soratemplates

Saturday, 16 February 2019

Februari 2019, Bulannya Event Besar Karantina Pertanian

Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian merupakan salah instansi pemerintah dibawah Kementerian Pertanian, yang mempunyai segudang fasilitas yang keren dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Tanggal 11-18 Bulan Februari 2019 di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, diselenggarakan event besar secara bersamaan, mau tahu apa saja event-nya, kuy, simak:

1. Bimbingan Teknis Pemantauan Daerah Sebar OPTK

Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis khusus untuk para petugas karantina tumbuhan, pesertanya adalah fungsional pengendali organisme pengganggu tumbuhan, yang berasal dari 50 unit pelaksana teknis lingkup Badan Karantina Pertanian. 

Pada bimbingan teknis ini, peserta mendapatkan materi sebagai pembekalan melakukan pemantauan daerah sebar organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Selain materi dikelas, peserta juga melakukan fieldtrip dalam rangka simulasi pemantauan OPTK pada komoditas padi, jagung, dan kedelai di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Jatisari, Karawang, Jawa-Barat. 

2. Bimbingan Teknis Pemantauan HPHK dan Analisis Risiko

Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis khusus untuk para petugas karantina hewan, pesertanya adalah fungsional medik veteriner, yang berasal dari 50 unit pelaksana teknis lingkup Badan Karantina Pertanian.

Pada bimbingan teknis ini, peserta mendapatkan materi sebagai pembekalan melakukan pemantauan daerah sebar HPHK di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi membuat analisis risiko hama penyakit hewan karantina. 

3. LanGasKaRa

Pengenalan tugas karantina pertanian (langaskara) diikuti oleh calon pegawai negeri sipil Badan Karantina Pertanian. Peserta terdiri dari fungsional umum, pengendali organisme pengganggu tumbuhan, medik veteriner, para medik veteriner.  Biasanya kegiatan ini berlangsung antara 1-2 minggu. Kegiatan ini semi militer, lho. Fisik dan mental kamu harus strong. Managemen waktu harus dilakukan dengan penuh disiplin, tiap detik waktu sangat berharga, penuh dengan makna. 

Awalnya, kegiatan diisi dengan materi baris berbaris. Instrukturnya dari Brimob, keren kan. Kegiatannya selanjutnya, materi perkarantinaan dari berbagai narasumber yang sudah mumpuni di dunia perkarantinaan. Kegiatan  terakhir adalah dinamika korsa. Dinamika korsa merupakan kegiatan yang paling dahsyat, dears. Kegiatan ini mirip dengan masa orientasi kampus, mengenal para senior dan merupakan ajang penguatan ikatan antara karantinawan/karantinawati yang tangguh terpercaya. Seru banget kegiatan ini, penuh dengan drama dan full games

Nah, event ini menjadi momen yang sangat berharga bagi karantinawan dan karantinawati seluruh Indonesia. Mendapatkan ilmu, pengalaman, dan mengeratkan silaturahim sebagai keluarga besar Karantina Pertanian Indonesia. Bravo Karantina Pertanian!







2 comments:

  1. wah keren, jadi ingat kakak yang latdas tersesat tapi dikira orang gila karena rambut dikucir 6, baju udah lecek dan bawa tas karung hihihi, kasihan tpi kok lucu

    ReplyDelete