Februari 2019, Bulannya Event Besar Karantina Pertanian

Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian merupakan salah instansi pemerintah dibawah Kementerian Pertanian, yang mempunyai segudang fasilitas yang keren dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Tanggal 11-18 Bulan Februari 2019 di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, diselenggarakan event besar secara bersamaan, mau tahu apa saja event-nya, kuy, simak:

1. Bimbingan Teknis Pemantauan Daerah Sebar OPTK

Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis khusus untuk para petugas karantina tumbuhan, pesertanya adalah fungsional pengendali organisme pengganggu tumbuhan, yang berasal dari 50 unit pelaksana teknis lingkup Badan Karantina Pertanian. 

Pada bimbingan teknis ini, peserta mendapatkan materi sebagai pembekalan melakukan pemantauan daerah sebar organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Selain materi dikelas, peserta juga melakukan fieldtrip dalam rangka simulasi pemantauan OPTK pada komoditas padi, jagung, dan kedelai di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Jatisari, Karawang, Jawa-Barat. 

2. Bimbingan Teknis Pemantauan HPHK dan Analisis Risiko

Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis khusus untuk para petugas karantina hewan, pesertanya adalah fungsional medik veteriner, yang berasal dari 50 unit pelaksana teknis lingkup Badan Karantina Pertanian.

Pada bimbingan teknis ini, peserta mendapatkan materi sebagai pembekalan melakukan pemantauan daerah sebar HPHK di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi membuat analisis risiko hama penyakit hewan karantina. 

3. LanGasKaRa

Pengenalan tugas karantina pertanian (langaskara) diikuti oleh calon pegawai negeri sipil Badan Karantina Pertanian. Peserta terdiri dari fungsional umum, pengendali organisme pengganggu tumbuhan, medik veteriner, para medik veteriner.  Biasanya kegiatan ini berlangsung antara 1-2 minggu. Kegiatan ini semi militer, lho. Fisik dan mental kamu harus strong. Managemen waktu harus dilakukan dengan penuh disiplin, tiap detik waktu sangat berharga, penuh dengan makna. 

Awalnya, kegiatan diisi dengan materi baris berbaris. Instrukturnya dari Brimob, keren kan. Kegiatannya selanjutnya, materi perkarantinaan dari berbagai narasumber yang sudah mumpuni di dunia perkarantinaan. Kegiatan  terakhir adalah dinamika korsa. Dinamika korsa merupakan kegiatan yang paling dahsyat, dears. Kegiatan ini mirip dengan masa orientasi kampus, mengenal para senior dan merupakan ajang penguatan ikatan antara karantinawan/karantinawati yang tangguh terpercaya. Seru banget kegiatan ini, penuh dengan drama dan full games

Nah, event ini menjadi momen yang sangat berharga bagi karantinawan dan karantinawati seluruh Indonesia. Mendapatkan ilmu, pengalaman, dan mengeratkan silaturahim sebagai keluarga besar Karantina Pertanian Indonesia. Bravo Karantina Pertanian!





Salam,

Comments

  1. Wow.. Semangat mba.. Semoga kita bisa berdikari di negeri sendiri aamiin

    ReplyDelete
  2. Ba salbiah lagi dikarantina kah?

    ReplyDelete
  3. Kegiatan seperti ini pasti akan memberikan kesan yang mendalam ya bunda, terutama saat games, pasti selalu diingat karena seru. ^^

    ReplyDelete
  4. Semoga lancar dan nanti berdampak positif untuk publik ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Wow penuh perjuangan ya, tapi kalau ramean mah seru seru aja sih ya.... 😁

    ReplyDelete
  6. semangaat mbak, mendapatkan ilmu baru pastinya kan mbak :)

    ReplyDelete
  7. jadi bisa ketemu dengan rekan-rekan karantina yang lain dari seluruh Indonesia ya Mbak, asyiknyaaa.
    sukses kegiatannya :)

    ReplyDelete
  8. Siip, tulisan mba Salbiah membuka wawasan saya akan dunia yang selama ini sedikit sekali kuketahui. Kayaknya, seru banget pekerjaannya, ya, Mba... Semangat.

    ReplyDelete
  9. Wih keren ternyata pertanian dan peternakan ada karantina juga baru tau aku

    ReplyDelete
  10. Hayooo, semangat mbak

    Senang ya banyak kegiatan gitu biar gak cepat bosen heheheh

    ReplyDelete
  11. Semacam diklat oleh Kementrian Pertanian ya mbak.
    Semangat up grade ilmu di Karantina Kementrian Pertanian mbakkuh. ��

    ReplyDelete
  12. Semangat menjalani semua event besar ini,.mbk. Tetap jaga kesehatan ya, biar optimal Mengikuti eventnya. Sangaar, baris berbarisnya instrukturnya brimob euy

    ReplyDelete
  13. Event yang padat dan sarat ilmu ya mb...smg semakin maju pertanian Indonesia..

    ReplyDelete
  14. Bravo mb Salbiah, senengnya bisa mempererat tali silahturahmi.

    ReplyDelete
  15. Keren banget eventnya mbak. Apalagi ada materi baris berbarisnya pula. Udah gitu ada gamenya juga. Kelihatan seru sekali!

    Bravo Karantina Pertanian, hehe

    ReplyDelete
  16. Kegiatannya keren semua. Saya yang nggak tergolong karantinawati aja mupeng. Semoga sukses selalu ya mbak

    ReplyDelete
  17. Wah keren ya kegiatan karantinawan dan karantinawati. Semoga ilmunya bs ditwrapkan di masyarakat.

    ReplyDelete
  18. wah keren, jadi ingat kakak yang latdas tersesat tapi dikira orang gila karena rambut dikucir 6, baju udah lecek dan bawa tas karung hihihi, kasihan tpi kok lucu

    ReplyDelete
  19. Aya aya wae ya mba pw widayati

    ReplyDelete

Post a Comment