Follow Us @soratemplates

Sunday, 17 February 2019

Dua Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berada dalam Tim

Kerja sama merupakan kegiatan yang dilakukan beberapa orang untuk mencapai tujuan yang sama. Misalnya, kerja sama dalam sebuah tim panitia bimbingan teknis atau pelatihan. Bimbingan teknis biasanya diselenggarakan selama satu minggu, dengan panitia yang terdiri dari 1-5 orang. 

Jika kamu tergabung dalam sebuah kepanitiaan. Maka, sedikitnya terdapat dua hal penting yang harus kamu perhatikan:

1. Tanggung Jawab

Sebuah kepanitiaan terdiri dari beberapa orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda, tugas tersebut sudah tertuang dalam surat keputusan pimpinan, yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Jika sudah berkomitmen menjadi panitia maka meski komitmen menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Terkadang, ada beberapa panitia tertentu yang kehilangan tanggung jawabnya dengan berbagai alasan. Misalnya, diwaktu bersamaan harus mengikuti kegiatan lain. Tipe panitia seperti ini harus dicatat, dan perlu dipertimbangkan kembali jika akan diikutsertakan dalam kepanitiaan lainnya. Berbeda dengan panitia yang memiliki tanggung jawab yang tinggi, menyelesaikan tugasnya dengan baik, sejak awal sampai akhir kegiatan, maka panitia tersebut harus acungi jempol dan harus dipertimbangkan kembali untuk dapat diikutsertakan dalam kepanitiaan lainnya.

Tanggung jawab ini sangat krusial, akan menentukan keberlangsungan jati diri seseorang. Apakah akan diikutsertakan dalam kepanitiaan lainnya atau tidak. Tanggung jawab menjadi tolak ukur seseorang saat diberikan amanah tugas. Kalau sudah tidak amanah, kenapa meski diikutsertakan kembali. Perlu diperhatikan, ya, dears.

2.  Koordinasi

Apapun keputusan yang akan diambil, sebaiknya dilakukan dengan koordinasi. Koordinasi sangat penting, karena dengan koordinasi antar sesama panitia, maka tindakan yang akan dilakukan tidak simpang siur atau saling bertentangan. 

Misalnya, seorang panitia berhalangan unuk melakukan tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya, maka panitia tersebut harus melakukan koordinasi dengan panitia lain, sehingga tugasnya dapat ditangani oleh panitia lain. Apa jadinya jika panitia tersebut tidak melakukan koordinasi dengan panitia lain, bisa dibayangkan, kegiatan akan tersendat bahkan bisa gagal. 

Seringkali, koordinasi terabaikan dari sebuah kepanitiaan. Merasa bahwa tindakan yang dilakukan sudah benar, tanpa perlu mengkoordinasikannya dengan orang lain, dan apa hasilnya? Kegiatan menjadi semrawut dan tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Yap, koordinasi meski berjalan dengan lancar, agar tidak ada kesimpangsiuran dalam sebuah kepanitiaan.

Jika dua hal tersebut telah terorganisir dengan baik, maka dengan izin Allah, kegiatan yang akan kamu lakukan dapat berjalan dengan baik. And, the last. Pilihlah anggota panitia yang memiliki tanggung jawab dan dapat berkoordinasi dengan baik, agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Noted!

Sumber : Pixabay.com




No comments:

Post a Comment