Follow Us @soratemplates

Saturday, 19 January 2019

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Tindakan Medis Operasi, Jika Sudah Kamu Lakukan, dengan Izin Allah, Operasi akan Berjalan dengan Lancar

Ada yang bilang kalau sakit adalah penggugur dosa. Terlepas benar atau tidak pernyataan tersebut, yang pasti sakit adalah gangguan kesehatan. Kondisi abnormal dari tubuh akibat dari serangan patogen. 

Suatu saat, setiap manusia pasti akan mengalami yang namanya sakit. Dilalah, sakit yang diderita harus ditangani dengan tindakan medis operasi. Nah, berikut hal-hal yang harus kamu persiapkan agar tindakan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan : 

1. Persiapkan Mental

Bagi orang yang belum pernah merasakan tindakan operasi. Meski dihantui rasa takut yang mungkin berlebihan. Mendengarnya saja sudah nervous, apalagi menjalaninya. Jangankan tindakan operasi, membayangkan jarum infus bertanggar ditangan saja sudah takutnya minta ampun. Bahkan, ada beberapa orang akan stres saat menghadapi tindakan operasi, sehingga dibutuhkan persiapan mental yang kuat sebelum melakukan tindakan operasi. 

Selalu berpikir positif, banyak berdoa, dan pasrahkan semuanya kepada Allah Maha Penyembuh. Cari teman yang dapat diajak berdiskusi dan selalu memberi semangat sehingga mental menjadi kuat menghadapi operasi. Jangan terlalu sesumbar menginformasikan kepada khalayak ramai, kalau kamu akan dioperasi. Terkadang omongan orang yang tidak bertanggungjawab akan membuat down sebelum tindakan operasi dilaksanakan. Informasikan hanya kepada orang-orang terdekat, keberadaaan mereka akan menjadi motivator disaat yang dibutuhkan. So, saat mental sudah siap, tindakan operasi akan berjalan dengan lancar. 

2. Konsultasikan Kepada Dokter Spesialis

Dokter merupakan orang yang mempunyai keahlian menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tak mengapa, jika awalnya berkonsultasi pada dokter  umum. Setelah mendapat pencerahan, konsultasikan  kepada dokter spesialis. Dokter spesialis akan sangat membantu mendeteksi penyakit dan menyarankan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pilihlah dokter spesialis yang sudah  mempunyai jam terbang dan record yang baik, karena itu sangat membantu tindakan apa yang akan kamu putuskan selanjutnya.

3. Persiapkan Asuransi Kesehatan

Tindakan operasi pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit. Saat ini sudah banyak bermunculan asuransi kesehatan. Asuransi tersebut sangat membantu dalam meringankan biaya yang akan ditanggung. Alangkah bijaknya jika sebelum penyakit itu datang, kamu segera mendaftarkan diri pada salah satu asuransi kesehatan. Sumpah deh, asuransi kesehatan sangat membantu dalam pembiayaan tindakan operasi.

4. Pemilihan Rumah Sakit

Rumah sakit yang akan digunakan sebagai tempat tindakan operasi, harus dipertimbangkan matang-matang, ya. Baik dari sisi jauh atau dekatnya lokasi rumah sakit dengan tempat tinggal, fasilitas rumah sakit yang akan didapatkan, dan pelayanan di rumah sakit tersebut. Penting sekali untuk diperhatikan. Kalau kamu sudah punya pengalaman buruk dengan suatu rumah sakit, maka sebaiknya jangan menggunakan kembali rumah sakit tersebut. Cari rumah sakit yang lain. Usahakan, rumah sakit yang kamu tuju sudah memiliki reputasi dan terakreditasi baik. Kenyamanan pelayanan rumah sakit, merupakan salah satu faktor yang membuat tenang sebelum tindakan operasi dilakukan.

5. Ditemani Orang Terdekat

Sebelum melakukan tindakan operasi, biasanya diharuskan bermalam minimal satu hari. Selama bermalam, sebaiknya ditemani oleh salah satu orang atau anggota keluarga dekat. Jika mereka menenami, dijamin, kamu nggak akan repot mengurus hal-hal yang akan mengganggu konsentrasi, sehingga akan fokus terhadap tindakan operasi esok harinya.

Persiapan yang terencana akan membuat mental dan fisik kuat. Operasi akan tereksekusi dengan baik dan  berjalan sesuai dengan yang diharapkan. So, siapkan hal-hal diatas agar hidupmu tetap indah sebelum tindakan operasi dilakukan. Semangat!

Sumber : Pixabay.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day18

35 comments:

  1. Terimakasih tipsnya mb...poin no.1 itu loh..ih ga kuat mental nih.
    Sip, sebagai pengingat.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak informasinya mbak

    Emang ngeri euii, kalo membayangkan operasi menemani anak sunatan aja hati udah gak karuan apalagi operasi semoga gak pernah nemuin masa seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih Mbak.. Duh nanti saya juga akan menemani anak laki-laki sy yang disunat..he

      Delete
  3. haduuuh... kalau no. 5 itu nggak ada, nggak kebayang deh kayak gimana. pasca oprasi kan biasanya lemes banget.

    ReplyDelete
  4. Iya mbak, mental yang utama. Sing penting yakin ya

    ReplyDelete
  5. Serem banget kalau ingat kata oprasi

    ReplyDelete
  6. asuransi hehe, mungkin lebih baik nabung aja yes. nabung khusus untuk kesehatan. Soale asuransi agak ngerih juga, hehe. Tapi mental itu benar sih, kalo enggak siap mental duh, bisa-bisa gagal operasinya, yes, hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow keren Ka Epi bisa nabung, duh kalau saya sih enggak bisa-bisa, alhamdulillah ada asuransi, bikin pikiran tenang.

      Delete
  7. Benar Mbak semuanya harus dipersiapkan termasuk mental dan kehadiran orang terdekat. Itu yang utama.

    ReplyDelete
  8. Saya orang kesehatan tapi juga ngeri-ngerii sedap kalau bayangin diri sendiri harus dioperasi, Bund, hehe... Blognya keren, Bund! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... apalagi saya orang pertanian ya Mbak.. Alhamdulillah makasih atas pujiannya.

      Delete
  9. Aku lihat foto gunting-gunting operasi itu jadi ngiluuuu :(

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah operasi, dan semoga kedepannya kami semua tetap sehat. Ngeri mbak bayanginnya, mungkin dikasih tips tips pun jawabannya iya...iya...tapi klo beneran dioperasi entah apa rasanya.
    itu fotonya ngeri banget mbak, gunting-gunting plus darah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga selalu sehat ya Mbak. Haha, iya Mbak saya juga ngeri lihat gambarnya.

      Delete
  11. Jadi ingat pas operasi cesar. Semuanya serba mendadak tanpa persiapan.
    Benar-benar sudah ikhlas dan pasrah, yang penting bayi lahir selamat waktu itu, udah nggak mikirin takut disuntik, sakit,dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo... cesar toh bunhas, alhamdulillah ya sehat selamat.

      Delete
  12. Saya sepakat dg tipsnya Mbak. Pengalaman saya menjalani operasi besar sebanyak 3x,bbrp hal di atas menjadi faktor penting yang harus disiapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dah 3x operasi ya Mbak, semoga Allah selalu menjaga kesehatan kita ya.

      Delete
  13. Kalau ngomongin operasi saya rada ngeri juga sih membayangkannya, padahal waktu mau melahirkan kemarin udah berencana mau dioperasi, syukurnya nggak jadi dan semoga nggak pernah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga normal-normal saja ya Mbak,

      Delete
  14. Jadi ingat suami menjelang operasi ke-2, luar biasa persiapan mental yang coba dilakukannya...
    Terima kasih sudah berbagi, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, tulisan ini juga saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, *eh.

      Delete
  15. Mental yang paling penting, saya juga pernah operasi kecil sekali dan mudah-mudahan tidak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Allah sll menjaga kesehatan kita ya.

      Delete
  16. Berharap tidak pernah dianugerahi sakit berat, aamiin.
    Tapi saya pernah sekali dioperasi, sih. Saat menjalani caesar 2 tahun lalu. Rasanya dag dig dug tapi bismillah aja. Alhamdulillah semua berjualan lancar. Sebelum, saat, dan pasca operasi.
    Yups, persiapan mental harus no.1 nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alahmdulillah caesarnya lancar ya Mbak. Betul sekali Mbak.

      Delete
  17. Rasany masih inget gimana pas operasi sesar 2017 kemarin
    Deuh nyessss bgtt

    ReplyDelete
  18. Semoga kita senua diberi kesehatan oleh Allah yaa..Tapi kalau hrsmenjalani opetasi karena sakit ya mmg kudu siap, terutama mental. Suip mb infonya...

    ReplyDelete