Follow Us @soratemplates

Thursday, 31 January 2019

3 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Seorang Peneliti

Sebagai seorang peneliti, tentunya sangat berharap jika penelitian yang akan dilakukannya mempunyai hasil yang memuaskan, sesuai dengan harapan, dan dapat direkomendasikan untuk kemaslahatan orang banyak. Bahkan berguna untuk kepentingan negara Republik Indonesia. Nah, berikut tiga sifat yang harus dimiliki oleh seorang peneliti agar penelitiannya berhasil dengan sukses :

1. Paham

Seorang peneliti harus tahu benar apa yang diteliti, pandai, dan mengerti benar. Memahami metode dengan baik, mengenal betul karakteristik objek yang akan diteliti, serta mencari referensi dari berbagi sumber terkait apa yang diteliti. Kevalidan suatu penelitian didasarkan pada metode yang digunakan. Jika metode penelitiannya sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan, apapun hasilnya itu adalah yang terbaik. Jika hasilnya sama dengan referensi, maka itu disebut konfirmasi. Akan tetapi, jika hasilnya berbeda dengan referensi sebelumnya maka disebut penemuan terbaru. Hal itu wajar saja, karena peneliti tersebut sudah paham betul apa yang ditelitinya. 

2. Rajin

Seorang peneliti harus tekun, sungguh-sungguh terhadap apa yang ditelitinya. Kamu harus berusaha dengan giat dalam setiap tahapan yang dilalui. Dengan begitu, ketika kamu berada pada posisi yang tidak diharapkan, maka akan tetap terus berjalan sesuai dengan yang telah dijadwalkan. Biasanya seorang yang rajin, akan dengan telaten mengerjakan penelitiannya dengan rutin. Memandang bahwa objek penelitiannya adalah temannya, sehingga dengan sabar dan teliti berusaha untuk menyelesaikan apa yang telah dimulainya.

3. Tidak Pernah Putus Asa

Seorang peneliti harus pantang menyerah. Apabila kamu gagal dalam melakukan penelitian pada tahapan tertentu, sedangkan tahapan yang akan kamu lalui sangat banyak, maka jangan pernah putus asa untuk mencobanya kembali. Kamu harus selidiki, dimana letak kesalahannya. Bangkit tanpa keluh kesah. Mencoba kembali, dan mencoba kembali, sampai kamu tiba pada tahapan seperti yang diinginkan. Percaya deh, saat kamu sudah sampai pada titik itu, tingkat kepuasan kamu akan mencapai titik tinggi.

Jika tiga sifat tersebut sudah kamu miliki, maka dengan izin Allah hasil penelitianmu akan membuahkan hasil yang manis. 

Sumber : Pixabay.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day30

No comments:

Post a Comment