Follow Us @soratemplates

Thursday, 31 January 2019

Manfaat yang Dipetik dari Kegiatan ODOP bagi Penulis

One day one post  (ODOP) merupakan kegiatan yang mengharuskan setiap harinya seorang penulis mengirimkan tulisannya, tanpa terkecuali. Banyak komunitas menulis yang menyelenggarakan kegiatan ini. Apa manfaat yang dapat kamu petik dari kegiatan ini? Kuy, simak…

1. Melatih Kebiasaan Menulis Setiap Hari

Menulis merupakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan tenaga yang lebih. Kebiasaan menulis setiap hari cukup sulit dilakukan, apalagi disaat kondisi yang tidak memungkinkan. Banyak alasan seseorang tidak dapat menulis setiap harinya. Bisa karena alasan waktu, mood, atau bahkan malas. Semua itu dapat menggugurkan  niat untuk menulis. 

Kegiatan one day one post memupuk kebiasaan menulis setiap harinya karena memiliki target tertentu, mengharuskan kirim artikel setiap harinya. Apabila kegiatan one day one post sudah dibiasakan selama satu bulan penuh, maka hari-hari berikutnya sudah terbiasa dengan sendirinya. Secara otomatis kegiatan tersebut akan berjalan dengan sendirinya, tanpa paksaan dan dengan suka cita dilakukan. 

2. Meningkatkan Keahlian Menulis

Tak bisa dipungkiri, dengan menulis setiap hari maka tingkat keahlian menulis akan semakin mahir. Mulai dari tata bahasa, kosakata, gaya bahasa, dan kemampuan mengembangkan  tema menjadi lebih menarik. 

Pengalaman beberapa penulis, sebelum mengikuti one day one post, kemampuan menulis mereka maksimal hanya 500 kata tiap artikelnya, akan tetapi setelah selesai mengikuti kegiatan one day one post, rasanya malu jika hanya menulis maksimal 500 kata, meski ada perasaan kekurangan, dan  akhirnya setiap kali menulis minimal 500 kata. 

3. Melatih Managemen Waktu

Bagi para penulis yang memiliki kesibukan utama di luar rumah. Rasanya cukup sulit untuk membagi waktu untuk menulis disiang hari. Siang hari hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang sudah semestinya dilaksanakan. Nah, kapan waktunya? Ini dia, penulis harus pintar managemen waktu di malam hari. 

Selepas sampai di rumah. Penulis harus segera merapihkan segala hal yang harusnya diselesaikan di rumah dan langsung rehat. Hampir di sepertiga malam terakhir, penulis akan bangun dari tidurnya dan mulai menulis. 

Kebahagiaan yang tak terkira saat telah menyelesaikan artikel, dengan waktu yang sangat kurang dan dengan kemampuan yang masih terbatas, tapi telah menyelesaikan tulisan dan setidaknya itu telah menjadi habit. 

Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, setiap penulis akan semakin eksis menunjukkan jati dirinya melalui artikel-artikel yang telah mereka terbitkan setiap harinya. Selalu update dan terkini.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day31

No comments:

Post a Comment