Follow Us @soratemplates

Wednesday, 30 January 2019

Ilmu lagi, Alhamdulillah


Pelatihan publikasi jurnal ilmiah, merupakan kegiatan yang sangat dinantikan bagi para penggiat literasi. Kegiatan ini sangat mendukung kelancaran dan kemudahan dalam melakukan submit artikel ilmiah ke jurnal. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, kamu akan membawa oleh-oleh yang sangat bermanfaat :

1. Mengetahui aplikasi manajeman referensi


Aplikasi manajemen referensi ini sangat berharga untuk dinilai dengan apapun *apa coba*. Aplikasi ini sangat memudahkan para penulis untuk membuat daftar pustaka sesuai dengan arahan dari jurnal yang dituju. Aplikasi ini dapat menghemat waktu jika dibandingkan dengan membuat daftar pustaka secara manual. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengirimkan referensi terbaru yang berkaitan dengan topik yang dibutuhkan, sehingga kita nggak perlu ribet mencari referensi lainnya. Keren kan. Beberapa aplikasi yang layak kamu coba, seperti mendeley, endnote, dan zotero.

2. Mengetahui aplikasi plagiarisme

Berdasarkan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia, plagiarisme adalah  penjiplakan yang melanggar hak cipta. Penjiplakan itu perbuatan menjiplak karya orang lain dan diakui sebagai karya sendiri. Saat ini, banyak website atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek sebuah tulisan, apakah didalamnya memuat karya orang lain atau murni karya sendiri. Aplikasi ini sangat membantu untuk jauh dari pelanggaran hak cipta. Salah satunya, kamu dapat mengecek di plagiarism.net. 

3. Mengetahui aplikasi pengecekan salah ketik

Salah ketik merupakan momok bagi para penulis. Subtansi tulisan seorang penulis yang sudah mantap akan jatuh seketika saat banyak terdapat kesalahan mengetik. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika seorang penulis mengecek kesalahan ketikannya dengan berbagai situs dan aplikasi yang kini banyak beredar. Beberapa situs dan aplikasi yang dapat membantu kamu mengecek kesalahan ketik, baik yang berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris, contohnya  typoonline, spelling grammar, dan grammarly. 

Situs dan aplikasi diatas memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Jika kamu baru pertama kali mencoba, baiknya gunakan aplikasi yang gratis, selanjutnya kamu akan disarankan menggunakan yang berbayar atau bahkan kelas premiumnya. Aplikasi berbayar, punya kelebihan dibandingkan yang gratis. Jika sesuai dengan kebutuhan, silakan diberlanggan. 

Alhamdulillah dengan mengikuti pelatihan tersebut, yakin, deh, ilmu dan wawasan semakin luas serta pekerjaan akan lebih  cepat terselesaikan.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day29

No comments:

Post a Comment