Follow Us @soratemplates

Wednesday, 21 November 2018

Quarantine, I love You!


Tema merupakan salah satu alasan saya menulis di blog. Saya membuat blog dengan harapan pekerjaan yang telah saya lakukan dapat diabadikan dengan tulisan dan bermanfaat untuk orang lain. Saya bekerja di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. Yap, sehingga tema utama dalam blog saya adalah seputar Plant Quarantine “karantina tumbuhan”.

Apa sih karantina? Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Karantina adalah tempat pengasingan dan/atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit atau organisme pengganggu dari luar negeri dan dari suatu area ke area lain didalam negeri atau keluarnya dari dalam wilayah negera Republik Indonesia. Nah, sehingga tema ini menarik untuk dipublikasikan.

Memang dari sekian banyak blog yang saya lihat, tema seperti saya cukup langka. Biasanya, tema yang sering ditampilkan pada main menu seperti parenting, kuliner, pendidikan, travelling, keluarga, muslimah, dan lain sebagainya.

Hal ini lah yang membuat saya semakin bersemangat menulis di blog. Mengapa? Karena tema yang paling saya sukai berbeda dengan tema kebanyakan.

Saya selalu bercerita tentang kegiatan karantina baik saat saya berada didalam kantor maupun diluar kantor. Saya mempublikasikan tentang pekerjaan saya saat sedang mengiosalasi cendawan, mengikuti kegiatan pelatihan deteksi dan identifikasi Aspergillus, Penicillium, dan Talaromyces, sampai mengikuti kegiatan inhouse training publikasi jurnal ilmiah.

Lain waktu, saya mempublikasikan tentang “Karantina Yogyakarta”, berharap masyarakat tahu jika membawa tanaman maka perlu dilaporkan kepada petugas karantina di kantor karantina terdekat. Sekalian promosi karantina maksudnya.  Alhamdulillah, respon positif saya dapatkan, semoga masyarakat semakin sadar untuk menjaga negeri tercinta ini dari bioterorisme.

Selain itu, terkadang saya menginformasikan kegiatan tentang dunia pertanian secara umum. Mudah-mudahan tulisan ini menambah wawasan para bloggers. Saya pernah menginformasikan tentang berbagai jenis jagung hibrida yang beraneka warna yang cukup unik dan jarang ditemukan di pasaran saat ini. Teman-teman bloggers, antusias membaca artikel ini dan mereka mengatakan “ini, informasi baru yang mereka dapatkan”.

Harapan saya, dengan tema yang cukup berbeda dengan tema yang ada pada umumnya, dapat menjadi ciri khas blog saya. Selain menjadi sumber bahan referensi bagi teman sejawat saya, diharapkan juga bisa menjadi tambahan wawasan bagi bloggers pada umumnya.


Semoga kedepannya blog saya akan semakin dikenal orang dan dapat mendongkrak traffic di Google.


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNday2Challenge2018

No comments:

Post a Comment