Follow Us @soratemplates

Saturday, 24 November 2018

Media Sosial Bagiku

Tak bisa dipungkiri lagi, media sosial merupakan salah satu gaya kehidupan saat ini. Tahukah, apa itu media sosial? Media sosial adalah media untuk bersosialisasi didalam dunia maya dan pastinya dilakukan secara daring “online”.

Saat  ini banyak sekali bertebaran media sosial yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi, saling tukar informasi baik dari yang ilmiah sampai hal yang nggak penting banget diinformasikan atau bahkan hanya sekedar saling curhat. Nah, saya akan sedikit memaparkan beberapa media sosial yang sedang ngehits dan ngetrend dikalangan masyarakat saat ini. Simak yah..

1. Facebook
Media sosial ini merupakan yang paling popular saat ini. Menu pada  media sosialnya  ini banyak. Mulai dari profil pemilik akun, beranda, permintaan pertemanan, pesan, dan notifikasi. Peruntukan media sosial ini lebih bersifat calm dan santai. Biasanya informasi yang dibagikan berkisar tentang kehidupan sehari-hari, bisnis dan sebagainya. Siapapun bisa memiliki akun ini dan bisa membagikan apapun informasi yang ingin dibagikan. 

2. Instagram
Media sosial ini terkenal karena punya fitur untuk mengedit foto dan video sehingga jika foto  yang kita upload pada media sosial ini maka akan terlihat lebih cantik dari aslinya. Menu pada media sosialnya juga beragam. Mulai dari halaman utama, pencarian, galeri, foto, video, follow, profil pemilik akun. Follownya juga tidak terbatas loh sehingga media sosialnya sangat digandrungi untuk kaum milenial.

3. Research Gate
Media sosial ini terkenal dikalangan dunia ilmiah. Orang yang bergabung dalam media sosial ini adalah para peneliti baik dibidang akademik, corporate, pemerintahan, atau kedokteran sehingga mereka dapat saling bertukar ilmu yang telah didalami. Pada media ini dapat pula membaca dan berdiskusi tentang suatu publikasi. Hanya kalangan ahli  yang dapat membuat akun dimedia sosial ini.

4. LinkedIn
Media sosial ini terkenal dikalangan profesional. Biasanya yang memiliki akun ini merupakan perusahaan terkenal akan tetapi terkadang instansi non probit juga banyak ditemukan. Selain itu, akun para pencari kerja juga kerap ditemui. Jika kita membuat akun pada media ini, maka kita seakan menciptkan pribadi profesional. Saya lebih menyukai media sosial ini karena saya banyak mendapatkan informasi terkait bidang ilmu yang saya dalami, menginformasikan pekerjaan yang saya kerjakan saat ini, bahkan saya jadi tahu beberapa istilah didunia pekerjaan. Dari sisi gaya bahasa dan istilah yang digunakan cukup berbeda dengan media sosial lainnya sehingga saya suka membaca tulisan dimedia sosial ini. 

Yap, itulah beberapa media sosial  di dunia maya. Begitu maraknya media sosial yang ada saat ini, sehingga kita sebagai pengguna harus berhati-hati menyikapi berbagi informasi yang disebarkan. Kita harus bisa memilah mana informasi yang valid atau sebaliknya. Setiap informasi yang diterima harus difilter terlebih dahulu jangan sampai kita terprovokasi oleh informasi yang belum valid kebenarannya.

Berharap, semua blogger adalah pengguna media sosial yang cerdas. Kalau penggunanya saja cerdas maka infromasi yang dibagikan juga adalah informasi yang cerdas.



@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay5Challenge2018

No comments:

Post a Comment