Follow Us @soratemplates

Thursday, 16 May 2019

Sikat Gigi Versus Bau Mulut

Malam BPers...

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, karena puasa merupakan salah satu bagian dari rukun Islam. Syarat sah puasa tentunya tidak boleh makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Kalau sudah tak makan dan minum selama satu hari, tentunya kita harus menjaga kesehatan mulut. Salah satu cara menjaganya yaitu dengan menyikat gigi. Menyikat gigi akan mencegah masalah kesehatan gigi dan bau mulut.

Kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa? Saat puasa, aktivitas menyikat gigi hukumnya mubah, artinya seseorang boleh melakukannya tapi Allah tidak menyukai, oleh sebab itu, lebih baik tidak menyikat gigi saat berpuasa, biar kita disayang Allah! Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah sesaat sebelum tidur dan sesudah sahur.

Sebelum tidur, sisa makanan harus dihilangkan dari gigi karena akan menimbulkan kuman penyakit dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Sesudah sahur, sebelum imsak, kamu wajib sikat gigi karena sesudah sahur masih banyak sisa makanan dalam gigi sehingga harus dibersihkan, jangan sampai meninggalkan sisa makanan saat berpuasa.

Bagaimana kalau kita tidak sikat gigi? Salah satu akibat saat tidak menyikat gigi di bulan puasa adalah munculnya bau mulut. Nah, kenapa sih bisa muncul bau mulut? 

Bau mulut atau yang biasa disebut halitosis, merupakan keadaan seorang yang memiliki aroma napas yang tidak enak. Bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, bahkan bisa menjauhkan seseorang dari komunitasnya. Apa sih penyebab bau mulut? 

BPers... Salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup yang kurang baik, salah satunya tidak menyikat gigi dengan tepat. Saat seseorang memakan makanan yang beraroma menyengat, maka menyikat gigi merupakan salah satu solusinya. Apalagi disaat menyambut puasa, maka sikat gigi hukumnya wajib buat kamu. Dijamin, jika hal itu dilakukan, bau mulut tak akan datang menghampiri dirimu.

By: Pixabay.com

No comments:

Post a Comment