Follow Us @soratemplates

Sunday, 20 January 2019

Terjun ke Dunia Literasi, Manfatnya Segudang!

Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Setiap orang pasti sudah mengenal kata “membaca dan menulis”. Dua kata tersebut memang terdengar amat sederhana, tapi dibalik kesederhanaannya, mengandung makna yang sangat luas.

Proses untuk sampai kepada membaca dan menulis itu, yang membutuhkan usaha yang keras. Nah, dengan mendalami dunia literasi, maka ilmu pengetahuan dan keterampilan kamu akan bertambah. Sungguh, teramat banyak yang akan didapatkan dengan terjun ke dunia literasi. Beberapa diantaranya, akan dijabarkan dibawah ini :

1. Menambah Ilmu  dan Keterampilan

Tak bisa dipungkiri. Dunia literasi adalah ibunya ilmu. Semua disiplin ilmu, akan bermuara pada dunia ini. Belajar dengan sungguh-sungguh, akan menambah banyak ilmu. Kamu akan tahu ilmu tata bahasa, fotografi, teknologi, informasi, sampai dengan ilmu yang berkaitan dengan life style. Wow, amazing, ya. Saat ilmu telah bertambah. Kamu bisa langsung action. Mempraktikan apa yang telah didapatkan. Semakin hari, keterampilan akan semakin mahir. Tak ada salahnya kamu mendalami dunia literasi dengan semangat 45.

2. Menambah Pertemanan

Seiring berjalannya waktu. Jejaring pertemanan akan semakin luas. Kamu akan punya banyak kolega. Baik kolega yang satu disiplin ilmu atau dari disiplin ilmu yang berbeda. Aktivitas tukar pikiran, share informasi, dan saling membantu kesulitan, akan terjalin dengan sendirinya. Walau hanya berteman di dunia daring. Ibarat kata, jauh dimata dekat dihati. Suatu saat, rencana kopi darat pun akan muncul dan akhirnya semakin eratlah ikatan pertemanan tersebut.

3. Menambah Penghasilan

Alasan menulis bagi setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya sekedar menyalurkan hobi, mengabadikan momen, atau bahkan mencari penghasilan. Memang tak bisa dipungkiri, writer merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Penulis pemula saja, bisa mendapatkan penghasilan dari tulisannya. Walau hanya sekedar receh. Penulis profesional, sudah mendapatkan penghasilan jutaaan dari tulisannya. Selain tulisan, kamu bisa mendapatkan penghasilan sebagai narasumber. Jika di blog, ada tuh namanya “narablog”. Dengan begitu, kamu akan mengumpulkan pundi-pundi emas dari aktivitas ini. Keren, kan.

4. Meningkatkan Prestise

Saat tulisan diapresiasi oleh orang banyak. Maka secara otomatis, prestise kamu akan meningkat. Banyak yang mengantri menjadi follower dan selalu menunggu setiap postingan terbaru. Selain itu, dengan terpublikasinya tulisan di beberapa publisher, maka kamu akan mendapatkan pujian dari khalayak ramai dan keahlianmu dibidang tertentu akan mendapatkan pengakuan massal. Sebuah prestasi yang membanggakan, bukan?

Terjun ke dalam dunia literasi tak ayal bagaikan menabung uang receh dalam celengan. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tak terasa, semakin hari banyak yang kamu dapatkan dari dunia ini. Sayang rasanya jika mengabaikannya. Selalu semangat menuntut ilmu di dunia literasi. Pramoedya Ananta Toer, mengatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”.

Ganbatte kudasai!

Sumber : Pixabay.com
Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day20

No comments:

Post a Comment