Follow Us @soratemplates

Monday, 14 January 2019

Karantina Tanjung Priok

Dears, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam Lindungan Allah yah. 

Masih seputar karantina. Saya akan sedikit bercerita tentang karantina di pesisir utara Jakarta. Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, namanya. Terletak di Jl.  Enggano  17 Tanjung Priok, Jakarta-Utara.

Saya cukup akrab dengan kantor karantina tersebut *Yai yalah akrab, karena suami saya bertugas di kantor tersebut, tepok jidat*. Nggak gitu juga sih, karena saya sudah beberapa kali berkunjung ke kantor tersebut sehingga suasana kantor tersebut sudah lekat diingatan saya. *eh.

Setiap kali saya memasuki kantor tersebut, banyak sekali terlihat masyarakat yang sedang melapor kepada petugas karantina. Meraka duduk manis menunggu panggilan. Ah, Suasana ini selalu hangat untuk dinikmati.

Lho, kenapa yah mereka melapor? Dears, Jika kita akan mengekspor atau impor suatu barang baik berupa hewan atau tumbuhan maka jangan lupa laporkan ke karantina terdekat. Kalau posisi sedang berada di Tanjung Priok maka lapor Karantina Tanjung Priok. Kenapa sih meski lapor karantina?

Tujuan lapor karantina adalah untuk mencegah masuk dan keluarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan ke dalam atau keluar negara Republik Indonesia karena hewan dan tumbuhan merupakan media pembawa hama dan penyakit tersebut sehingga hanya hewan dan tumbuhan yang sudah mempunyai sertifikat kesehatan yang dapat masuk dan keluar negara Republik Indonesia. 

Sepertinya sudah faham ya, Dears.

Karantina Tanjung Priok memiliki banyak wilayah kerja, lho. Dears :

1. Wilayah Kerja Pelabuhan Tanjung Priok di Jl. Enggano 17 Tanjung Priok, Jakarta.
2. Wilayah Kerja Pelabuhan Sunda Kelapa di Jl. Baruna Raya Komplek Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.
3. Wilayah Kerja Kantor POS Jakarta di Jl. Lapangan Banteng Utara 1 Jakarta.
4. Wilayah Kerja Kantor POS Bogor di Jl. Sambu 9, Baranangsiang, Bogor.
5. Wilayah Kerja Cikarang Dry Port, Gd. Kantor Cikarang Dry Port Lt. 1, Kabupaten Bekasi.

Persyaratan dan alur pelayanan karantina tumbuhan meliputi persyaratan karantina tumbuhan impor, alur penerbitan rekomendasi untuk pemasukan benih impor, alur penanganan agens hayati setelah diberikan izin pemasukan, prosedur pengakuan sistem pengawasan keamanan pangan di suatu negara, prosedur pengawasan kemanan pangan terhadap pengeluaran pangan segar asal tumbuhan ke negara tujuan yang mempersyaratkan.

Layanan Karantina Priok lengkap banget, lho, seperti layanan karantina tumbuhan, layanan karantina hewan, tracking dokumen, pembayaran PNBP, PPK online, pengaduan, PPID, pengadaan barang jasa dan whistleblower.

Selain itu, Karantina Tanjung Priok punya layanan inovasi yang sudah mendapatkan penghargaan, lho, Dears. Ini nih nama layanannya : PrioQ-Klik dan PrioQ-Net.

Maskot pelayanan Karantina Tanjung Priok yang sedang naik daun diberi nama “Sicepot”. Tokoh pewayangan ini menginspirasi Karantina Tanjung Priok untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, service excellent. Karakteristik yang dari tokoh tersebut yang diadaptasi adalah ramah (friendly), tegas (firm), teliti (strict), terpercaya (trusty), dikenal (famous) serta seorang yang berasal dari rakyat jelata (common people) sehingga sangat menginspirasi kinerja Karantina Tanjung Priok. Karantina Tanjung Priok yakin mampu mewujudkan pelayanan yang simpatik, cepat, efektif, profesional, objektif,  dan transparan. (http://tanjungpriok.karantina.pertanian.go.id/, 2019).

Ah, keren yah Karantina Tanjung Priok. Bravo Karantina Tanjung Priok. Go, go, go lapor Karantina!



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day13

No comments:

Post a Comment