Follow Us @soratemplates

Tuesday, 25 December 2018

First Year, Blogging! Ah, Luar Biasa

Alhamdulillah…Bahagia!

Senang jika mereview kegiatan blogging saya di tahun 2018. Kenapa? Tahun 2018 merupakan awal saya mengenal dunia blogging. Berawal dari ketidakpuasan saya terhadap suatu website yang menampung segala tulisan terkait dengan pekerjaan saya yaitu dunia perkarantinaan. Dulu, saya berharap semua hal yang telah saya kerjakan dan telah saya tuliskan dapat publikasikan dengan cepat diwebsite tersebut. Tapi kenyataannya, nol besar! Mau publikasi satu artikel saja nggak direspon, mungkin masih mending kalau slow respon, bahkan sampai sekarang sama sekali nggak ada respon. Dongkol banget nih hati.

Akhirnya, bermodal nekad. Saya berpikir kenapa nggak buat blog sendiri saja. Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, dituliskan dan langsung bisa dipublikasikan. Cepat kan! Berharap, semua pekerjaan yang telah saya lakukan dapat dibaca oleh orang lain dan dapat membawa manfaat untuk kebaikan.

Mei 2018. Bulan bersejarah dalam dunia literasi saya. Bulan ini saya membuat blog walau masih cupu dan classic banget. Alhamdulillah saya bisa langsung mempublikasikan apa yang telah saya kerjakan beberapa tahun sebelumnya. Done! 35 artikel di bulan Mei terpublikasikan.

Artikel di bulan Juni dan Juli 2018 masih berkisar tentang semua pekerjaan yang telah saya lakukan beberapa tahun silam. Sayang kan kalau cuma ngendap di laptop. Cus, langsung saya publikasikan di kedua bulan ini.

Agustus 2018, saya sudah agak bingung nih. Apalagi yah yang akan saya publikasikan. Masih belum on sepenuhnya. Masih gamang mau nulis, masih belum percaya diri. Minder lihat tulisan orang lain yang sudah kece dan amazing. Alhasil 7 artikel terpublikasikan.

Alhamdulillah, pucuk dicinta ulam tiba. Bulan Agustus, saya mulai menjadi anggota sebuah komunitas. Berkat komunitas ini kegiatan blogging semakin lancar. Komunitas ini merupakan booster bagi saya pribadi. Mengikuti kompetisi, one day one post dan blogwalking makin semangat dan membuat happy

Setelah bulan Agustus, dunia literasi saya semakin berwarna. Ah, indahnya! Saya mulai mengerti bagaimana menulis dengan baik dan benar. Memahami perbedaan menulis di blog pribadi dan menulis di website. Bisa menilai tulisan yang renyah dan garing walau sebenarnya tulisan saya masih garing..Hahaha...Nggak apa-apa yang penting nulis dulu. Selain  itu, saya jadi tahu istilah-istilah dalam dunia blogging, kosakata nambah, bisa mendekorasi tampilan blog saya menjadi lebih kece dibandingkan sebelumnya. Now, apapun yang saya lihat dan pikirkan, langsung bisa menjadi tulisan. Wow… progress yang makyus buat saya pribadi. Alhamdulillah ilmu lagi…

Tahun ini, tema blog saya masih gado-gado, ada tema entomologi, fitopatologi, karantina, me, pustaka dan kearsipan. Sebenarnya semua tema tersebut adalah pekerjaan saya di dunia perkarantinaan. Pingin sih punya niche blog misalnya hanya khusus tema “karantina”, tapi yah sayang kalau yang lainnya di delete, kan meski punya manfaatnya dan semua tema itulah yang saya kerjakan. Berharap yang saya kerjakan dapat diabadikan, jejaknya tidak hilang termakan waktu, semoga abadi, dan membawa manfaat buat kemaslahatan orang banyak. 

Nah, dari semua tema. Tahun 2018, tema “karantina” is the best. Paling suka publikasi artikel terkait karantina. Walau tema “me” juga mendominasi. Tema “me” ini ngehits karena saya ikut kompetisi yang semua temanya berkaitan dengan diri saya pribadi jadi cukup signifikan juga artikelnya. 

Tema “entomologi”. Entomologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serangga. Pada tema ini, saya mempublikasikan artikel terkait dunia per-serangga-an, mulai dari penelitian beberapa tahun yang lalu yaitu kecoa, Thrips parvispinus, dan Sitophilus zeamais. Penelitian saya saat ini yaitu lalat buah (Bactrocera spp.) sampai mengikuti seminar nasional perhimpunan entomologi Indonesia di Palembang. Ah mantap, nggak yangka banyak hal yang bisa saya tulisan di tema ini.

Tema “fitopatologi”. Fitopatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit tanaman, salah satunya adalah patogen (penyebab penyakit tanaman) seperti cendawan, bakteri, virus, dan nematoda. Nah, lho, tambah bingung nggak? Saya sangat excited mempublikasikan artikel terkait tema ini, karena terdapat salah satu patogen yang merupakan passion saya sehingga walau hanya sekedar gambar, meski saya akan publikasikan. Sebagai review, saya pernah menshare terkait Peronosclerospora maydis, Tilletia indica, Aphelenchoides fragariae, Alternaria padwickii, Aspergillus niger, Colletotrichum musae, Rhizoctonia, Penicillium sampai mengikuti pelatihan isolasi dan identifikasi Aspergillus, Penicillium, dan Talaromyces di Biotrop Bogor. Duh bahagia, ternyata banyak hal yang telah saya kerjakan dan saya bagikan di blog.

Tema “karantina”. Tema yang keren. Saya mencoba membagikan kegiatan perkarantinaan yang telah dilakukan baik didalam kantor saya sendiri di Bekasi atau diluar kantor. Saya menjelaskan sedikit banyak tentang dunia perkarantinaan. Ketika saya berada di Bekasi, di Pangkal Pinang, di Ciawi Bogor, di Cikampek, di Bandung, di Darmaga Bogor, di Karawang, di Soekarno Hatta Tangerang,  di Tanjung Priok, di Surabaya, di Yogyakarta, di Maros Sulawesi Selatan, di Jakarta, di Banyuwangi sampai saya mengikuti kegiatan inhouse training publikasi internasional. Semua saya tuangkan dalam tema ini. Puas sudah mempublikasikannya. Semoga amanah sebagai humaser dapat saya laksanakan melalui tema ini.

Tema “me”. All about me. Sebenarnya, saya agak malas menulis tentang diri saya pribadi apalagi di publikasikan. Demi mengikuti challenge dan temanya semua tentang “me”, yo wiss saya kerjakan dengan suka cita. Mulai dari jelong-jelong, kuliner sampai urusan rumah saya tuangkan dalam tema ini. Semuanya curhatan pribadi. Semoga yang membaca bisa mendapatkan manfaatnya yah.

The last, tema “pustaka dan kearsipan”. Tema ini saya munculkan karena akhir tahun 2018 saya mendapatkan job baru sebagai pengelola kearsipan di kantor,  kalau pengelola perpustakaan sudah sejak beberapa tahun lalu saya pegang, cuma belum terpikirkan untuk menuliskannya, nah, tahun ini baru terpikirkan untuk menuliskannya. Sepertinya belum terlambat. Mulai dari mengikuti pameran di Bandung sampai sosialisasi database penerbit jurnal internasional, saya publikasikan di tema ini. Alhamdulillah sudah bisa berbagi dalam bidang ini, sungguh kemajuan yang signifikan. 

2018, merupakan titik awal saya mendalami dunia literasi dalam blogging. Sekarang saya bangga jika ada yang menyebut saya sebagai blogger. Sekarang saya senang membaca artikel orang lain. Sekarang saya semakin lancar menulis walau masih belepotan sana sini. Sekarang saya semakin percaya diri untuk menuliskan apa yang telah saya kerjakan dan membagikannnya kepada khalayak ramai. 

2019, tahun pemantapan. Harus lebih ngejoss lagi dibandingkan tahun 2018. Bergaul dengan banyak blogger akan menambah semangat. Bergabung dengan komunitas akan semakin terpacu untuk semakin mengeksiskan diri didunia online. Keduanya harus saling bersinergi dan menghasilkan energi yang nggak akan pernah padam. 

Semoga, tulisan saya semakin hari semakin caem dan renyah saat dibaca. Semoga saya kelak akan menjadi penulis professional dalam bidang yang saya miliki. Berharap semua yang telah saya kerjakan dapat terabadikan dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. 

Ternyata ngeblog itu keren. Ayo kita ngeblog!

Bekerja dan berbagi!



No comments:

Post a Comment