Follow Us @soratemplates

Monday, 15 October 2018

Ini Dia Kebun Buah Naga Terdekat Dari Rumahku

Apakah Anda penikmat buah naga? pernah terpikir ga untuk menikmati langsung makan buah naga di kebunnya? Meski beda yah sensasinya kalau makan langsung buah naga dari kebunnya. Ahay, ini pernah saya lakukan pada tanggal 30 Juli 2018.

Namanya PT. Trisna Naga Asih yang terletak di Cirangkong, Subang, Jawa-Barat. PT. Trisna Naga Asih mempunyai luasan 20-25 ha dengan ketinggian 550 dpl. Merupakan perkebunan buah naga terluas di Jawa-Barat. Yang uniknya, perkebunan buah naga ini ditumpangsarikan dengan durian dan nanas, Jadi, sehabis maka buah naga langsung bisa santap durian dan/atau nanas. Mantap kan....

Asal usul punya cerita, bibit buah naga yang dibudidayakan berasal dari Jember dan perkawinan buah naga dilakukan pada malam hari secara manual. Menurut cerita, usia tanam buah naga bisa sampai 20 tahun loh, akan tetapi usia tanaman buah naga yang berada di Subang ini baru mencapai lima tahun. 

Buah naga dari Subang ini sudah ekspor ke Eropa, hebat kan...Buah naga yang dijual biasanya mempunyai tingkat kematangan 70-80%. Tingkat kematangan 70-80% berarti usia buah naga 27-30 hari setelah bunga mekar. Indikasinya warna buah naga sepenuhnya merah. Pembeli lokal biasanya memesan agar tingkat kematangan buah naga 80% sedangkan pembeli Eropa mengingingkan agar tingkat kematangan buah naga 70%. Buah naga yang dijual oleh PT. Trisna Naga Asih mempunyai merek dagang "Geulis" dengan kualitas premium. Buah naga yang dijual berwarna merah dan mempunyai % Brix sebesar 16%. Kebayangkan, waktu pertama kali saya memakannya, wow rasanya asam-asam manis segeeeer banget deh, beda banget dengan kebanyakan buah naga yang sering saya beli di pasar dekat rumah. Bahkan teman saya yang awalnya ga suka makan buah naga justru ketagihan makan buah naga dari kebun tersebut. Apalagi makannya langsung di kebunnya... Sensasi yang ga pernah bisa kami lupakan..

Buah Naga "Geulis"

Berdasarakan komunikasi kami dengan pemilik kebun buah naga. PT. Trisna Naga Asih sudah mengekspor buah naga ke negara Dubai, Swiss, Swedia, Belanda, Belgia dan lainnya. Tahu ga gaeess, buah yang diekspor dalam perjalanan tidak dimasukkan dalam ruangan berpendingin loh tetapi hanya dikemas dan disimpan pada suhu ruang 27-30 0C. Hal ini dikarenakan buah naga yang dimasukkan dalam ruang berpendingin selama perjalanan akan mengalami kerusakan seperti mengkerut sehingga akan mengurangi nilai estetikanya. Sampai saat ini, belum ada standar nasional Indonesia (SNI) untuk komoditas buah naga ini sehingga treatment pasca panen disesuaikan dengan permintaan. Biasanya, ukuran buah naga yang diekspor memiliki bobot 400-600 gram. Jadi, kalau dibayangkan satu buah naga hanya cukup untuk dimakan satu orang, ga terlalu besar kan buahnya, pas untuk kita, pas di lidah dan pas dikantong.

Berdasarkan informasi, hama yang sering menyerang pertanaman buah naga disana adalah semut dan kutu. Sedangkan penyakit tanaman yang menyerang adalah cendawan. Penyakit  yang sampai saat ini masih belum dapat ditangani adalah penyakit pada batang tanaman yang berwarna putih kemudian menguning berbentuk lingkaran seperti  tusuk-tusukan jarum yang semakin lama semakin melebar sehingga menyebabkan batang menjadi mengering dan rusak. Penanganan selama ini adalah  langsung dibuang dan dibakar.

Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman
 
Perkebunan Buah Naga di Subang





Nah, ga ada alasan lagi yah untuk tidak datang ke kebun buah naga di Subang ini, selain bisa makan buah naga, kita juga bisa makan durian dan nanas loh. Dengan begitu, kita juga sudah mendukung ekspor pertanian Indonesia. 

#GebereksporpertanianIndonesia

Postingan ini diikutsertakan dalam blogwalking Estrilook Community

9 comments:

  1. keren banget perjalanan dan programnya. Memajukan usaha petani Indonesia. Saya dukung banget nih.

    betewe, salam dari bengkulu ya mom ^^
    https://www.ngerayau.com/

    ReplyDelete
  2. Ihiiiiyyy...buah kesukaan keluarga.
    Jadi pengen menikmati.di kebunnya langsung😊

    ReplyDelete
  3. Keren banget Mom.
    http://www.bombonasam.club
    http://www.borneoinlove.com

    ReplyDelete
  4. Pasti enak bgt menikmati buah naga langsung di kebunnya. Pengalaman yang seru!

    ReplyDelete
  5. wah keren. di tempat saya kebun buah naga jadi tujuan liburan, dipasangi lampu cantik gitu bagus buat foto hehe

    ReplyDelete
  6. Enak banget di deket rumah punya kebon naga segede gaban gini. Andai juga ada di sekitar jakarta, pasti seru abis hihi. Main ah kalo ke subang. Kebetulan ada sodara disana. Makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu di Subang ada perkebunan bush naga kirain cuma nanas aja, makasih informasinya Mbak

    ReplyDelete
  8. Wah keren banget informasinya. Jadi tambah pengalaman nich... Trims sharingnya

    ReplyDelete
  9. Suka buah naga apalagi yang merah 😉 enaak

    -Mak belalang-

    ReplyDelete