Follow Us @soratemplates

Sunday, 14 October 2018

Mempercantik Cendawan Aspergillus spp.

Mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya untuk saya mendalami dunia cendawan. Awal memasuki kuliah dulu, passion saya lebih kepada serangga akan tetapi sejak saya bekerja kok malah berubah yah.

Saya mengakui, jika dibandingkan dengan teman lainnya di laboratorium Unit Pelaksana Teknis Perkantinaan seluruh Indonesia, pasti mereka lebih ahli dalam mendeteksi dan mengidentifikasi cendawan bahkan membuat biakan murninya. Saya memperhatikan beberapa orang yang sebenarnya tidak begitu cerdas dalam mengidentifikasi cendawan tapi karena kebiasaan mereka melakukan identifikasi cendawan secara rutin alias setiap hari maka mereka terlihat percaya diri dalam mengidentifikasi.. Wow, ini merupakan motivasi buat saya untuk bisa seperti mereka. Saya yakin dengan "kencan" setiap hari dengan cendawan maka akan semakin saya mengenal mereka dan tahu satu persatu spesies/namanya. Mudah-mudahan yah....

Hal pertama yang perlu saya lakukan adalah saya harus bisa membuat isolat murni cendawan tersebut. Isolat murni cendawan diharapkan tumbuh satu koloni dengan satu titik tumbuh, jadi saya meletakkan satu titik spora cendawan di tengah cawan petri (Hmmm.... pada ngerti ga yah maksudnya, lanjut saja yah)....Nah, pekerjaan ini membutuhkan waktu dan kesabaran gaees karena pada tahap ini, cendawan yang kita harapkan adalah isolat murni ternyata masih terkontaminasi dengan cendawan lainnya sehingga saya  harus mengulanginya beberapa kali. Awalnya, untuk memperoleh satu spesies cendawan murni, saya membutuhkan 4-5 kali mengulang, yeah...lumayan banyak kan, tidak masalah sih namayanya juga belajar akan tetapi setelah saya mencoba lagi dan lagi, alhamdulillah akhirnya saat ini, untuk memperoleh satu spesies cendawan saya hanya butuh 1-2 kali mengulang. Luar biasa, itu merupakan kemajuan buat saya pribadi..Jadi makin cintah ini sama cendawan.

Saya merasa sudah berhasil nih membuat isolat murni dengan satu titik tumbuh, selanjutnya saya mencoba mempratikkan membuat isolat murni cendawan dengan tiga titik tumbuh dalam satu cawan petri, maksudnya ada tiga ulangan cendawan yang sama (nah, bingung ga?)....Isolat murni seperti ini sering saya liat diartikel jurnal international dan saya sangat mengaguminya karena terlihat cantiiik. Menurut saya, tingkat kesulitan ini lumayan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya tapi dengan tekad, fasilitas dan kemampuan seadanya, saya mencoba melakukannya dengan serius. Sampai dengan saat ini bulan Oktober 2018, saya sudah 3-4 kali pengulangan untuk mendapatkan isolat murni dengan tiga titik tumbuh, dan hasilnya belum memuaskan.... Semoga pengamatan selanjutnya sudah lebih baik yah gaess...

Nah, mau tahu kan, bagaimana gambar isolat yang saya ceritakan. Berikut saya persembahkan untuk kalian semuah..

 
Cendawan Aspergillus flavus dengan satu titik tumbuh




Cendawan Aspergillus niger dengan tiga titik tumbuh (belum sempurna nih)

Doakan yah gaes, semoga pada pengamatan selanjutnya, saya sudah bisa mendapatkan isolat murni cendawan dengan tiga titik tumbuh dengan sempurna.

#Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

2 comments:

  1. Cendawan ini apa mbak? Salah satu jenis tanaman atau tumbuhan?

    ReplyDelete
  2. Cendawan itu sejenis jamur mba tapi mikroskopis bisa dilihat morfologinya hanya pake mikroskop.. Bukan tanaman atau tumbuhan mba tapi masuk ke fungi..

    ReplyDelete