Follow Us @soratemplates

Thursday, 25 October 2018

Persiapan Peneluran Bactrocera spp.


Hai gaes,

Masih ingatkan dengan telur lalat buah yang pernah saya ceritakan ditulisan sebelumnya. Berlanjut nih, ke cerita yang lain. Setelah telur-telur yang kami infestasikan ke dalam buah naga menetas menjadi larva, kemudian larva-larva tersebut berubah loh menjadi pupa didalam serbuk gergaji, Pupa-pupa tersebut kemudian berkembang menjadi serangga dewasa atau biasa disebut imago. Nah, imago tersebut beberapa hari kemudian akan bertelur nih. Untuk kita harus persiapkan untuk peneluran imago lalat buah tersebut.

Bagaimana persiapannya!
Persiapannya mudah kok, Bahan dan alat yang kita perlukan diantaranya buah di jus, botol kecil yang telah dilubangi dibagian sisi samping, kuas, dan kain hitam.

Di alam, lalat buah meletakkan telurnya didalam daging buah, sekarang kita buat proses tersebut secara artifisial di laboratorium. Daging buah kan manis, maka kita buat jus buah yang manis sebagai penggantinya. Telur diletakkan didalam daging buah, maka kita ganti dengan botol kecil yang telah dilubangi sehingga saat lalat buah berusaha menusuk botol pasti akan dengan mudah karena botolnya sudah terlubangi. Bayangkan jika botolnya tidak terlubangi maka alat peletak telur lalat buah pasti patah. Kemudian botol yang telah berlubang tersebut dilapisi dengan kain berwarna hitam lalu diolesi dengan jus buah menggunakan kuas sehingga lalat buah tertarik untuk hinggap ke botol tersebut dan meletakkan telurnya ke botol tersebut. Oh ya buah yang dijadikan jus bisa apa saja loh, yang penting berbau wangi menyengat agar imago tertarik karena baunya tersebut. Mudah kan... Persiapan ini, kita lakukan setiap hari agar si lalat buah rajin bertelur.

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#FruitFly

No comments:

Post a Comment