Follow Us @soratemplates

Friday, 26 October 2018

On Farm 30 September 2018


Kali pertama sepanjang perjalanan karir saya mengikuti kegiatan on farm mendampingi peserta diklat teknis dasar calon pengendali organisme pengganggu tumbuhan. Terakhir saya ikut on farm tahun 2013 itu pun posisi sebagai peserta on farm. Bahagia deh bisa ikut kali ini, tambah ilmu tentunya..

On farm itu apa sih?
On farm itu kegiatan menginventarisasi penyakit-penyakit pada tanaman. Penyakit ini bisa disebabkan cendawan, bakteri, virus atau nematoda. Penyakit ini dapat kita temukan pada tanaman padi, kacang panjang, kacang tanah, bengkuwang, pisang, jagung dan lainya. 

Sebelum kita mengetahui penyakit apa yang menyerang suatu tanaman. Kita harus tahu dulu gejala dan tanda penyakit  pada tanaman tersebut. Misalnya penyakit bulai pada jagung. Penyakit bulai ini disebabkan oleh cendawan Peronosclerospora spp. yang menyerang tanaman jagung pada fase vegetatif sehingga kita harus mencari tanaman jagung pada fase vegetatif di kebun. Gejala tanaman yang terserang bulai, daunnya akan terlihat belang-belang, tanda penyakitnya berada pada bagian bawah permukaan daun, ditandai dengan kumpulan spora seperti embun putih dan kita bisa melihatnya dipagi hari. 

Seperti itulah kira-kira yang kita lakukan pada on farm kali ini, kita melihat target pernyakit pada suatu tanaman tapi kita juga harus tahu gejala dan tanda penyakitnya yah..

Berikut action selfie saya saat mengamati penyakit pada tanaman kacang tanah yang ditumpangsarikan dengan bengkuwang, lokasi di Situ Gede Bogor. 



Berharap tahun depan, 2019 saya bisa mengikuti kegiatan on farm ini sehingga pengalaman tahun ini bisa dijadikan pelajaran untuk yang lebih baik di tahun depan. Ganbatte Kudasai!

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#PlantDisease
#Fungi
#Bacteria
#Virus
#Nematode

No comments:

Post a Comment