Follow Us @soratemplates

Tuesday, 16 October 2018

Mengayak Serbuk Gergaji

Kita semua pasti kenal serbuk gergaji. Kaitannya dengan tulisan saya ini adalah pemanfaatan serbuk gergaji sebagai media perkembangan larva menjadi pupa pada lalat buah.

Berdasarkan siklus hidup fruit fly (lalat buah) dialam, stadia larva yang akan merubah menjadi pupa akan meloncatkan  diri ke atas permukaan tanah dan berkembang menjadi pupa dalam tanah. Pemeliharaan lalat buah didalam laboratorium akan sangat tidak memungkinkan jika menggunakan tanah sebagai media perkembangan sehingga diperlukan alternatif pengganti tanah. Nah untuk mengatasi hal tersebut, maka telah dilakukan percobaan dengan menggunakan serbuk gergaji sebagai pengganti tanah. Alhasil, larva dapat berkembang menjadi pupa.

Serbuk gergaji yang akan digunakan perlu dilakukan sterilisasi, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi karena serbuk gergaji juga merupakan media pertumbuhan bagi patogen lainnya. Selain itu, sterilisasi bertujuan untuk mengurangi kadar air pada serbuk gergaji. Dengan demikian, larva dapat berkembang dengan sempurna menjadi pupa. Suhu yang digunakan untuk sterilisasi serbuk gergaji adalah 100 oC selama 7-8 jam. Setelah steril, maka serbuk gergaji siap digunakan.

Setelah semua larva menjadi pupa dalam serbuk gergaji. Maka, kita akan memisahkan pupa dari serbuk gergaji. Ukuran dan warna pupa hampir sama dengan ukuran serbuk gergaji sehingga kita perlu memisahkannya dengan cara mengayak. Yakin deh, cara ini efektif sehingga semua pupa dapat dikumpulkan tanpa ada satupun yang tertinggal. Jangan lupa yah, saat mengayak serbuk gergaji gunakan masker dan glove sehingga debu yang terhempas dari serbuk gergaji tidak terhirup  oleh kita. So, dijamin tidak akan batuk.


Sekilas informasi dari saya. Lain waktu saya akan sampaikan informasi terkait lalat buah. Terimakasih atas perhatiannya.

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#lalatbuah
#serbukgergaji
#larva
#pupa

No comments:

Post a Comment