Follow Us @soratemplates

Wednesday, 17 October 2018

Cendawan Pada Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang sedang di gandrungi para pecinta buah saat ini. Biasanya, buah naga dapat kita temui kapan pun kita inginkan. Akan tetapi, tahu ga kalau sebenarnya buah naga mulai dapat dipanen di akhir tahun jadi kalau kita mau beli buah naga dengan harga yang cukup terjangkau maka kita dapat menikmatinya di akhir tahun. 

Buah naga termasuk ke dalam keluarga kaktus loh. Dapat kita lihat dari morfologinya, batangnya memanjang berbentuk segitiga, dan mempunyai duri-duri yang cukup tajam. Selain itu, bunganya berbentuk terompet. Indonesia, telah mengembangkan beberapa jenis buah naga yaitu buah naga merah, buah naga putih, buah naga kuning, dan buah naga ungu. Masing-masing buah naga tersebut memiliki karakteristiknya sendiri. 

Produktivitas buah naga di Indonesia sampai saat ini bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh organisme pengganggu tumbuhan. Organisme ini dapat menyebabkan penyakit pada buah naga sehingga menurunkan produksi buah naga. Salah satu organisme  penyakit tumbuhan yang dapat menurunkan produksi buah naga adalah cendawan atau jamur. Beberapa cendawan yang menyerang buah naga diantaranya Helminthosporium sp. penyebab penyakit hawar, Colletotrichum gloeosporiedes penyebab penyakit antraknosa, Alternaria sp. penyebab penyakit bercak, Cephaleorus sp. penyebab penyakit karat. Berikut contoh cendawan pada buah naga.






Diharapkan dengan dapat mengendalikan cendawan pada buah naga maka produksi buah naga akan terus meningkat dan buah naga Indonesia dapat di ekspor ke mancanegara. 

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#dukungakselerasiekspor
#gebereksporpertanianindonesia

No comments:

Post a Comment