Follow Us @soratemplates

Monday, 22 October 2018

Latihan Presentasi AROPT 2018


April ceria, ditahun 2018 ini, saya mendapatkan tugas menjadi peserta bimbingan teknis Analisis Organisme Pengganggu Tumbuhan (AROPT). 

Saya sangat menikmati bimbingan teknis ini. Kami diajarkan tentang bagaimana menyusun AROPT baik by pathway dan by pest. Saya jadi memahami syarat-syarat penyusunan AROPT baik by pathway atau by pest.  Langkah-langkah yang perlu dilakukan diantaranya melakukan proses inisiasi, penilaian risiko baik risiko masuk/menetap/menyebar, penilaian risiko menimbulkan kerugian secara ekonomi, melakukan pengelolaan risiko, dan rekomendasi. Selain itu, saya jadi mengetahui pula, teknik mencari literatur diberbagai publikasi.

Pada kesempatan bimbingan teknis ini, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk menyusun AROPT. Setelah proses penyusunan selesai, maka tiap kelompok mempresentasikan hasil AROPT yang telah dibuat. Saya didaulat menjadi wakil untuk mempresentasikan hasil AROPT yang telah kami buat. Presentasi berjalan dengan lancar, alhamdulillah kami juga menjadi tahu kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki pada penyusunan AROPT ini. Semoga saat kami nanti ditugaskan oleh Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, kami telah bisa menyusun AROPT dengan baik dan cepat.

Subhanalllah ilmu yang saya dapatkan begitu banyak dari bimbingan teknis ini, semoga saya dapat tularkan kepada orang lain yang membutuhkan.

Ganbatte Kudasai!!

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#PestRiskAnalysis
#KarantinaUjiTerap

No comments:

Post a Comment