Follow Us @soratemplates

Wednesday, 16 January 2019

Karantina di Kota Nyiur Melambai

Hai, Dears

Hujan masih menemani saat saya mencoba menulis artikel ini. Sedikit flashback, Lima tahun yang lalu saya berkesempatan mendatangi kantor karantina di Sulawesi Utara, tepatnya di kota Manado. 

Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado, namanya. Saat ini, kantor tersebut terletak di Jl. AA Maranis, Mapanget, Manado. But, lima tahun lalu, lokasinya tidak disana. Saya lupa tepatnya karena masih digedung yang lama. 

Wilayah kerja karantina Manado cukup banyak seperti wilayah kerja pelabuhan laut Bitung, wilayah kerja bandara Sam Ratulangi Manado, wilayah kerja pelabuhan laut Manado, dan wilayah kerja pelabuhan laut Tahuna.

Karantina Manado juga transparan banget dalam informasi publik. Informasi yang dibuka untuk publik banyak, lho, seperti rencana strategis, informasi berkala, informasi serta merta, informasi setiap saat, realisasi anggaran, formulir informasi publik, portal PPIB, dan faq PPID.

Aplikasi layanan yang dikembangkan Karantina Manado cukup lengkap, Dears. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengakses layanan di Karantina Manado. Aplikasi tersebut meliputi PPK Online, Antrian, Indeks Kepuasan Masyarakat, Website, Permohonan Tempat Lain, dan masih banyak aplikasi lain yang on process

Karantina Manado juga menyediakan menu peraturan perundangan yang terintegrasi dengan e-legislasi, kumpulan regulasi perkarantinaan, Badan Karantina Pertanian.

Sebagai masyarakat, kamu bisa menilai pelayanan Karantina Manado sebagai salah satu instansi Pemerintah dengan melakukan pengisian survei kepuasan masyarakat. Caranya mudah kok. Kamu hanya mengisi formulir yang berada dalam aplikasi  indeks kepuasan masyarakat Karantina Manado. 
Formulir tersebut berisikan :

1. Jenis kelamin
2. Umur
3. Pendidikan terakhir
4. Pekerjaan utama
5. Unit kerja pelayanan publik
6. Alamat
7. Telp
8. Pertanyaan kemudahan pelayanan
9. Pertanyaan kewajaran persyaratan teknis dan administratif dalam memperoleh pelayanan
10. Pertanyaaan jaminan keberadaan dan kepastian pelaksanaan
11. Pertanyaan konsistensi waktu kerja pelayanan
12. Pertanyaan kejelasan tanggungjawab pelaksanaan dalam memberikan pelayanan
13. Pertanyaan kemampuan penjelasan dalam memberikan pelayanan
14. Pertanyaan kecepatan pelayanan
15. Pertanyaan perlakuan pelaksana dalam memberikan pelayanan
16. Pentanyaan kesopanan dan keramahan pelaksana dalam memberikan pelayanan
17. Pertanyaan kejawaran biaya pelayanan
18. Pertanyaan kepastian biaya pelayanan
19. Pertanyaan ketepatan waktu memberikan pelayanan
20. Pertanyaan kenyamanan lingkungan pelayanan
21. Pertanyaan keamanan pelayanan

Next, kamu "klik" tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang telah diberikan. Jangan lupa, berikan saran dan masukan yah.

Keikutsertaan kamu dalam mengisi indeks kepuasan masyarakat ini kan sangat membantu evaluasi pelayanan Karantina Manado.

Nah, kerenkan Karantina Manado. Kenangan terindah bisa ke kantor karantina ini.  Selalu berikan yang terbaik untuk Negara Indonesia, karena kita siapa? Indonesia!



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day15

No comments:

Post a Comment