Follow Us @soratemplates

Monday, 28 January 2019

Bingung Memilih Jurnal Ilmiah Bidang Pertanian? Ini Dia Referensinya

Dears, adakah yang pernah melakukan penelitian dengan kaidah ilmiah? Output-nya meski sebuah tulisan. Lalu, tulisanmu cocok diterbitkan di jurnal ilmiah mana? Nah, berikut daftar jurnal ilmiah bidang pertanian yang dapat kamu jadikan referensi, saat hendak memilih jurnal :

1. Jurnal Entomologi Indonesia

Jurnal ini diterbitkan oleh Perhimpunan Entomologi Indonesia. Artikel yang dipublikasikan di jurnal ini mencakup berbagai aspek yang terkait bidang entomologi tropika, seperti bidang serangga, tungau, atau antropoda lainnya pada pertanian, hutan, kesehatan manusia dan hewan. 

Jika kamu berniat mensubmit artikelmu ke jurnal ini, maka kamu harus submit secara online. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan panduan bagi penulis, dengan begitu akan memudahkan kamu mensubmit artikel. Frekuensi publikasi pada jurnal ini sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu di bulan April dan September.

Alamat situs : http://pei-pusat.org/jurnal/index.php/jei

2. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika

Jurnal yang diterbitkan oleh Departemen Perlindungan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Artikel yang dipublikasikan mencakup bidang hama dan penyakit tanaman, kerusakan tanaman, dan pengendalian. Biasanya jurnal ini terbit enam bulan sekali dalam setahun, yaitu di bulan Maret dan September.

Jurnal ini terindex di directory of open access journal (DOAJ), crossref, indonesian publication index (IPI), science and technology index (sinta), dan google scholar.

Selain itu, kamu bisa dapatkan tambahan fasilitas lainnya seperti aplikasi plagiarism, panduan penulis, panduan submit artikel, dan aplikasi membuat daftar pustaka. Kerennya lagi, kamu akan mendapatkan template jurnalnya. 

Alamat situs : http://jhpttropika.fp.unila.ac.id/index.php/jhpttropika

3. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia

Jurnal ini diterbitkan oleh Departemen Perlindungan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada yang berkolaborasi dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia dan Perhimpunan Fitopatologi Indonesia. Artikel yang dipublikasikan mencakup bidang akarologi, agronomi, bakteriologi, klimatologi, entomologi, kimia lingkungan, pengendalian hama terpadu, mikologi, mikrobiologi, nematologi, toksikologi pestisida, vertebrata hama, ekologi hama dan penyakit tanaman, virologi. 

Jurnal ini diterbitkan enam bulan sekali, yaitu tiap bulan Juli dan Desember. Jurnal ini terindex di directory of open access journal (DOAJ), google scholar, (ISJD), indonesian publication index (IPI), one search, science and technology index (sinta), research gate, world cat, crossref, harvard library, livivo, base, academic resource index, university leiden.

Artikel kamu harus disubmit secara online. Kamu, dapat mudah mengakses panduan penulis, template artikel, aplikasi daftar pustaka seperti mendeley, grammarly, endnote. Selain itu, analisis sitasinya scopus  dan google scholar

Alamat situs : https://jurnal.ugm.ac.id/jpti

Sudah mulai tercerahkan, ya, Dears. So, pilih jurnal ilmiah yang tepat untuk tulisanmu. Tepat pemilihannya, cepat publikasinya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day28

2 comments:

  1. Wah makasih sharingnya mbak. Bisa nih kalau mau cari jurnal bisa langsung ke tiga website itu. G perlu bingung lagi. Makasih. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mut, btw dirimu bekerja atau kuliah dimana?

      Delete