Follow Us @soratemplates

Thursday, 6 September 2018

Penyerahan Sertifikat Pelatihan Isolasi dan Identifikasi di Biotrop

Assalamualaykum bloggers....

Demi one day one post, walaupun saya baru pulang dari Batam masih jet lag dan kepala nyut-nyutan tak apalah untuk sementara saya abaikan. Ngomong-ngomong, artikel malam ini yang akan saya tulis terkait dengan pelatihan yang pernah saya ikuti di Seameo Biotrop tanggal 28-31 Agustus 2018.

Pelatihan ini bertujuan agar peserta mengetahui teknik mengidentifikasi jamur atau biasa kami sebut "cendawan". Identifikasi itu maksudnya adalah "pemberian nama", jadi setelah kita periksa berdasarkan bentuk morfologinya selanjutnya kita akan tahu nama jamur tersebut. Seperti pada manusia, kalau kita tahu ciri-ciri fisiknya seperti kulitnya putih, rambutnya ikal, badannya kurus, tinggi, dan berbulu, maka berdasarkan ciri tersebut, manusia tersebut bernama "A", nah begitu juga dengan jamur, ada ciri-ciri tertentu sehingga kita bisa memberikan nama pada jamur yang kita identifikasi tersebut. Narasumber pada pelatihan ini berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Senang deh, dapat ilmu dari ahli perjamuran tingkat dunia. Gak kebayangkan, ahli jamur tersebut ilmunya bisa dibilang sudah tingkat dewa tapi beliau mengajari kami dengan penuh kesabaran (Thanks Prof. Rob.). Materi yang diberikan narasumber menurut saya lumayan spektakuler sih  karena selama hampir seminggu itu kita diharapkan tahu bagaimana teknik mengidentifikasi jamur mulai dari ciri berdasarkan morfologi sampai mengidentifikasi secara molekuler. Kebayang ga yah, saya yang tidak pernah melakukan identifikasi secara molekuler pada pelatihan ini harus melakukannya. Menantang dan cukup membingungkan. Tapi, alhamdulillah berkat pelatihan ini, pengetahuan saya jadi semakin bertambah and than saya jadi semakin semangat mendalami dunia perjamuran ini.

Hal yang paling membahagiakan adalah pada acara penutupan pelatihan. Tak disangka, masing-masing peserta diberikan sertifikat oleh pihak penyelenggara secara satu persatu dan didampingi oleh narasumber yang fantastis ilmunya...Wow bahagianya hati ini dan ini adalah pengalaman pertama buat saya. Momentum ini tak akan terlupakan buat saya sehingga saya mengabadikannya pada blog ini. Berharap, ini adalah sertifikat pertama untuk saya pada pelatihan perjamuran ini, mudah-mudahan dilain waktu ada sertifikat serupa yang akan saya dapatkan, tentunya dengan narasumber tingkat dunia juga.




Biotrop 31 Agustus 2018

#Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

No comments:

Post a Comment