Follow Us @soratemplates

Thursday, 1 November 2018

Pesona Karantina Uji Terap di Pagi Hari

Bloggers...

Tulisan saya kali ini bercerita sedikit tentang kantor tempat saya bekerja. Tak apa yah, sekalian promosi, siapa tahu ada yang mau menggunakan fasilitas di kantor ini setelah saya posting tulisan ini. @ngarep.com.

Namanya "Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian", berlokasi di Jl. Raya Kampung Utan, Setu, Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Kantor ini, berdiri tahun 2011. Saat itu terjadi mutasi besar-besaran dari berbagai wilayah kerja di seluruh Indonesia menuju Cikarang Bekasi. Saya salah satunya, eits tapi bukan golongan yang ikut mutasi, saya diterima sebagai calon pegawai negeri sipil pada tahun tersebut bersamaan dengan mutasi pegawai lainnya.

Saat ini, kantor kami cukup rimbun dipenuhi oleh tanaman yang sengaja ditanam sehingga suasananya cukup sejuk dan mengademkan hati setiap orang yang menginjakkan kaki di kantor ini. Enyesss.... saat masuk pertama kali, weew...hawa surga langsung terhirup, apalagi kalau pagi hari, kedatangan kita disambut dengan kicauan burung diantara pepohonan.



Setelah kita melewati gerbang. Kita langsung disambut oleh papan penunjuk jalan. Belok kiri ke arah wisma/mess/lapangan tenis/gazebo dan jika lurus kita akan menuju gedung pendidikan.



Gedung pendidikan merupakan salah satu gedung utama di kantor kami. Gedung ini, berlantai empat. Lantai satu terdapat laboratorium entomologi, laboratorium fitopatologi, ruang preparasi, ruang kelas, lapangan badminton, lapangan tenis meja, dan ruang pameran. Lantai dua terdapat ruang perpustakaan, ruang arsip, dan ruang kelas. Lantai tiga terdapat laboratorium molekuler, ruang fungsional, dan ruang kelas. Lantai empat terdapat ruang kelas, ruang fitness, ruang karaoke, dan bioskop mini. 

Gedung pendidikan

Keluar gedung pendidikan kita akan bertemu dengan papan penunjuk jalan. Belok kanan jika akan ke auditorium/gedung administrasi/masjid, dan lurus jika akan ke gedung fumigasi (workshop fumigasi) dan animal cage (kandang hewan). 



Tepat disebelah kiri papan penunjuk jalan tadi, terdapat asrama. Asrama ini terdiri dari empat lantai dengan 116 kamar. Tiap kamar terdapat dua bed. Kamar dilengkapi dengan pendingin udara dan terdapat  dua kamar VIP untuk tamu khusus. Asrama ini disewakan loh, jadi buat siapa saja yang mau menginap disini monggo, tarifnya cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 75.000/orang/malam maka kita langsung dapat menikmati kamar layaknya hotel bintang tiga. Bagian belakang gedung asrama ini terdapat lapangan untuk bermain tenis lapangan. Jika bloggers hobi main tenis lapangan, silakan main sepuasnya disini.

Asrama

Melangkah ke arah kanan. Kita langsung bisa sholat, yap karena kita berada di masjid. Namanya masjid Miftahul Jannah. Masjid ini tidak terlalu besar tapi layak dijadikan tempat sholat berjamaah. Setiap hari jumat  warga sekitar  berdatangan untuk melakukan sholat jumat di masjid ini.

Masjid Miftahul Janah

Berjalan beberapa langkah kedepan dari masjid, terdapat auditorium. Ruangan ini cukup besar dengan kapasitas 300 orang, bisa digunakan untuk rapat nasional atau seminar. Tarifnya juga cukup murah loh, hanya dengan Rp. 1.500.000/hari maka kita bisa menikmati megahnya ruangan tersebut.

Ruangan Auditorium

Bergerak sedikit ke bawah, tepat dibawah gedung ini terdapat ruangan administrasi. Nah, ruangan ini terdiri dari ruang kepala balai, ruang struktural, serta ruang pejabat fungsional umum dan khusus.

Ruangan Administrasi

Sedikit bergerak ke kanan terdapat workshop gumigasi. Gedung ini digunakan untuk kegiatan perlakuan fumigasi. Selain itu, terdapat sarana untuk pelatihan perlakuan air panas dan x-ray.

Gedung workshop fumigasi

Tepat disebelah kanan gedung fumigasi terdapat gedung animal cage. Gedung ini terdiri dari ruang fungsional, laboratorium, dan kandang hewan. Didepan gedung ini, terdapat greenhouse yang digunakan untuk menanam media pembawa (tanaman) yang sedang dilakukan pengujian.

Gedung animal cage


Rasanya cukup informasi saya kali ini, mohon maaf gambar kurang memadai. Gambar ini saya ambil kemarin saat baru tiba dikantor dengan kondisi setelah hujan lebat malam harinya. Saya berharap, jika ada kesempatan, bloggers dapat berkunjung dan menikmati suasana pedesaan milenial di kantor ini. Ditunggu.....

#AyoBerkunjung