Follow Us @soratemplates

Tuesday, 12 June 2018

Sitophilus zeamais


Sitophilus zeamais

S. zeamais Motsch, dikenal sebagai maize weevil atau kumbang bubuk jagung.  Serangga ini mengalami metamorfosis sempurna dan merupakan serangga yang bersifat polifag.  Selain menyerang jagung, serangga ini juga dapat menyerang beras, gandum, kacang tanah, kacang kapri, kedelai, kelapa, dan jambu mete. S. zeamais lebih menyukai jagung dan beras.

Klasifikasi dari S. zeamais menurut CABI (2016) adalah sebagai berikut :
Domain: Eukaryota
    Kingdom: Metazoa
        Filum: Arthropoda
            Subfilum: Uniramia
                Kelas: Insecta
                    Ordo: Coleoptera
                        Famili: Dryophthoridae
                            Genus: Sitophilus
                                Spesies: Sitophilus zeamais

Hama tersebut merusak biji jagung dalam penyimpanan dan juga menyerang tongkol jagung di pertanaman. Kumbang mempunyai 4 bercak kuning yang besar pada permukaan sayap depannya. Kumbang meletakkan telur satu per satu pada lubang gerekan, kemudian lubang ditutup kembali dengan zat seperti gelatin yang berfungsi sebagai sumbat telur atau egg plug. Keperidian imago berkisar antara 300-400 butir telur; stadia telur kurang lebih 6 hari pada suhu 25 °C. Telur menetas menjadi larva, kemudian menggerek biji dan hidup dalam liang gerek yang semakin besar, sesuai dengan perkembangan larvanya. Larva terdiri atas empat instar, dengan umur kurang lebih 20 hari pada suhu 25 °C dan kelembaban nisbi 70%. Pupa terbentuk di dalam biji dengan cara membentuk ruang pupa dengan mengekskresikan cairan pada dinding liang gerek.

Stadium pupa berkisar antara 5-8 hari. Imago yang terbentuk berada di dalam biji selama beberapa hari sebelum membuat lubang keluar dengan mulut melalui perikarp. Siklus hidupnya berkisar  antara 30-45 hari pada kondisi suhu optimum 29 °C, kadar air biji 14% dan kelembaban nisbi 70%. Perkembangan populasi sangat cepat bila kadar air bahan pada saat disimpan di atas 15%. Pada populasi yang tinggi, kumbang bubuk cenderung berpencar. Imago dapat bertahan hidup cukup lama yaitu 3-5 bulan jika tersedia makanan dan sekitar 36 hari tanpa makan. 

No comments:

Post a Comment