Follow Us @soratemplates

Sunday, 10 February 2019

Segudang Hikmah Menjadi Bagian dari Tim Uji Terap, Nomor Terakhir Bikin Terkenal

Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian merupakan salah satu instansi pemerintah yang berlokasi di Jalan Raya Kampung Utan, Setu, Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah melaksanakan uji terap. Uji terap apaan sih? Uji terap mempunyai makna yang sama dengan penelitian atau riset. Setiap tahun, masing-masing fungsional karantina tumbuhan atau karantina hewan membentuk tim untuk melaksanakan uji terap dengan judul yang telah ditetapkan.

Satu judul uji terap terdiri dari beberapa orang dengan latar belakang dan passion yang berbeda-beda. Nah, segudang hikmah yang dapat kamu dapatkan jika bergabung menjadi bagian dari tim uji terap:

1. Belajar Tanggung Jawab

Sebuah tim yang terdiri dari banyak orang, akan memiliki tugas dan  tanggung jawabnya masing-masing. Tugas tersebut telah dituangkan dalam job description tim uji terap. Rasa tanggung jawab dapat dipupuk dengan baik saat kamu berada didalam tim uji terap, karena pekerjaan dalam tim uji terap dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama yaitu satu tahun, dan mungkin kamu diberikan pekerjaan yang out of the box  secara pribadi. Merasa asing dengan pekerjaan yang ditugaskan dan merasa enggak sanggup melakukan pekerjaan tersebut. So, tanggung jawab dan integritas kamu akan terasah dengan baik saat menjadi bagian dari tim uji terap.

2. Belajar Kerja Sama

Tim merupakan ajang menjalin diri dengan orang lain dalam suatu kelompok. Tak semua orang dapat bekerja bersama dengan orang lain. Masing-masing pribadi mempunyai karakteristik yang berbeda. Tak jarang, beberapa anggota tidak dapat bekerja sama dengan anggota lainnya karena perbedaan pendapat atau harus berdamai dengan hati agar kerja sama tetap dapat dilakukan. Antar anggota uji terap harus saling memahami dan menghargai anggota lainnya. Menyatukan persepsi dalam sebuah tujuan. Mengalah terkadang diperlukan saat berada dalam satu tim, mengalah demi kata “solid”. Nah, dari kegiatan uji terap inilah rasa kerja sama dalam perbedaan itu ditumbuhkan.

3. Belajar Berani

Kegiatan uji terap secara garis besar dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap tahap tersebut selalu dibutuhkan keberanian. Tahap persiapan, setiap tim harus melakukan konsultasi dengan narasumber, sehingga dibutuhkan keberanian untuk melakukan koordinasi dengan pihak lain. Sebelum dan sesudah tahap pelaksanaan, dilakukan seminar proposal dan hasil. Presentasi seminar proposal dan hasil membutuhkan keberanian tingkat dewa sehingga presentasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Selain itu, kamu juga akan berani mendiseminasikan hasil uji terap yang telah dilakukan dihadapan publik. Keren, kan.

4. Menjalin Rasa Kekeluargaan

Pekerjaan uji terap selalu dilakukan bersama-sama dalam satu tim secara kontinu, sehingga rasa kekeluargaan akan muncul dengan sendirinya. Canda tawa, berbagi, sampai curcol selalu mewarnai tim uji terap. Ibarat tubuh, satu bagian yang sakit maka bagian lain juga ikut sakit. Itulah tim uji terap, akan merasakan sakit jika anggota tim yang lain juga sakit. Keluarga cemara *eh. 

5. Menambah Kolega

Narasumber dalam uji terap merupakan orang yang ahli dibidangnya. Mereka berasal dari berbagi instansi baik di dalam Kementerian Pertanian atau luar Kementerian Pertanian. Menjadikan mereka sebagai narasumber maka akan terjalin hubungan dan mendapatkan kolega baru. 

Saat melaksanakan seminar proposal atau hasil uji terap. Peserta yang diundang dari berbagai stakeholder, baik instansi terkait, perusahaan swasta, atau perguruan tinggi. Bayangkan begitu banyak yang kami undang sehingga kolega kami pun bertambah banyak. So, tim uji terap dapat dijadikan referensi mencari kontak seseorang *he, tepok jidat.

6. Mendapatkan Ilmu

Luar biasa ilmu yang akan kamu dapatkan jika bergabung dalam tim uji terap. Mulai dari ilmu mencari referensi ilmiah, perlakuan yang akan digunakan, patogen yang akan dijadikan objek, media pembawa yang akan digunakan, ilmu laboratorium, ilmu teknis, sampai ilmu teknik publikasi dalam jurnal ilmiah. Itu semua, akan kamu dapatkan jika bergabung dalam tim uji terap. Mantap, ya.

7. Menjadi Terkenal

Hasil uji terap yang telah diseminarkan kemudian dibuat dalam format artikel ilmiah untuk dipublikasikan, baik dalam jurnal nasional maupun internasional. Bayangkan jika artikel ilmiahmu sudah terpublikasi maka publik seantero dunia akan kenal dengan kamu. Nanti, akan banyak yang akan menghubungi kamu terkait artikel yang telah kamu publikasikan. Kek, serasa artis, ya *haha.

Seru banget menjadi bagian dari tim uji terap. Banyak hikmah yang bisa didapatkan. Semakin kamu terjun kedalam dunia uji terap maka kamu akan semakin mencintainya. 

Seminar hasil uji terap perlakuan air panas pada pisang Mas Kirana



No comments:

Post a Comment