Follow Us @soratemplates

Thursday, 29 November 2018

3 Kota Berjasa dalam Perjalanan Hidupku

02:57:00 0 Comments
Challenge hari ke-9, tema yang akan saya ambil adalah tema pengganti yaitu kota-kota yang pernah di tinggali. 

Bicara kota yang pernah saya tinggali, sepertinya saya nggak akan banyak mengulas berbagai kota. Gimana nggak, saya nggak pernah lama-lama tinggal di beberapa kota. Lahir di Bekasi sampai saat ini, bekerja juga di Bekasi. Hahaha, benar-benar saya adalah orang asli Bekasi.

Saya akan menjelaskan beberapa kota yang pernah saya tinggali, walau nggak terlalu lama, tapi kota-kota tersebut mempunyai jasa yang patut diperhitungkan dalam perjalanan hidup saya. Berikut ulasannya…

1. Kota Bekasi
Saya lahir di Bekasi. Orang tua saya asli  Bekasi. Kerabat  sebagian besar tinggal di Bekasi. Saya menempuh pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di Bekasi. Bahkan sampai bekerja pun di Bekasi. Saat ini, rumah yang saya tinggali terletak di Bekasi dan saya bercita-cita mempunyai rumah kontrakan di Bekasi. Biar keren jadi juragan kontrakan, haha...nggak ada hubungannya yah..

Luar biasa, ternyata saya benar-benar orang Bekasi. Sepertinya perjalanan hidup saya muter-muter saja di kota ini. Alhamdulillah banyak hal yang saya dapatkan selama tinggal di kota Bekasi sampai saat ini. 

Setelah menikah, saya dan suami tinggal di Bekasi karena memang lokasi tempat kerja saya di kabupaten Bekasi dan lokasi tempat kerja suami di Tanjung Priok yang dekat juga dengan kota Bekasi. Alhamdulillah dengan begitu kami bisa menikmati hari-hari bersama dalam satu keluarga yang utuh.

Setiap hari saya pulang pergi bekerja dari kota Bekasi ke kabupaten Bekasi, lamanya perjalanan kurang lebih 2 jam dengan menaiki transportasi umum. Walau terlihat cukup lama tapi saya sangat menikmati dalam tiap perjalanan saya, saya sangat menyukai pekerjaan saya saat ini, sehingga tiap berangkat bekerja meski ada satu harapan baru,  dapat menemukan hal lain untuk dipersembahkan untuk kebaikan orang banyak. 

Bekasi memberi warna dalam perjalanan hidup saya. Menjadi istri dan bunda yang baik buat suami dan anak-anak bermula disini, belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar rumah, lingkungan kerja, mengenal lebih jauh lokasi-lokasi yang dapat direkomendasikan untuk teman yang berkunjung ke Bekasi, dan banyak hal lain yang nggak bisa saya sebutkan satu-persatu.

Sejatinya kota yang paling ngena dihati adalah kota ini, ya kota Bekasi.

2. Kota Bogor
Pertama menginjakkan kaki di Bogor saat registrasi ulang sebagai mahasiswa di salah satu universitas negeri di kota ini yaitu Institut Pertanian Bogor.  Saya tinggal di kota hujan ini hanya sekitar 5 tahun. Banyak hal yang saya peroleh selama di sini. Saya mendapatkan lingkungan kampus yang cukup kondusif dan mendukung kegiatan akademis, dapat beradaptasi dengan masyarakat disekitar kampus, mengetahui lokasi yang pas untuk travelling dan kuliner, dan yang pasti dengan tinggal disini akan membuka mindset saya sebagai seorang mahasiswa dan warga masyarakat. 

Selepas kuliah, saya bekerja disebuah bimbingan belajar yang terkenal dan lokasinya di Bogor. Memang Bogor cukup berjasa dalam perjalanan hidup saya, lika-liku sebagai seorang makhluk bermula disini. Alhamdulillah  happy ending dan bersyukur dapat mengenal Bogor. 

3. Kota Tegal
Sebenarnya saya hanya tinggal satu bulan di kota ini yaitu sewaktu mengikuti kuliah kerja nyata di salah satu desa di Tegal. Selama satu bulan, cukup banyak yang saya dapatkan mulai dari bersosialisasi dengan masyarakat yang notabene berbeda suku dengan saya. Mengikuti aktivitas kepemudaan di wilayah tersebut bahkan kami menjadi panitia 17 Agustus diwilayah tersebut. Pengalaman berharga buat saya, saat bisa menjadi bagian dari masyarakat dan dapat bergaul serta bersosilisasi dengan baik.

Berharap, dimanapun saya berdomisili, saya dapat membangun hidup yang lebih baik dan bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak.



@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay9Challenge2018

Tuesday, 27 November 2018

Tas Ranselku, Selalu Ditemani 5 Barang Ini

22:22:00 0 Comments
Tema kali ini cukup unik, Mengapa? Karena seumur hidup, saya nggak pernah kepikiran untuk mengulik isi tas yang selalu saya bawa apalagi ngasih tahu ke khalayak ramai perihal barang-barang yang selalu duduk manis dalam tas.

Penasaran nggak? Simak yah berikut ulasannya….

1. Kunci rumah
Ini spesial banget, kemana-mana nggak pernah ketinggalan. Kunci rumah kami memang dibuat rangkap tiga. Satu dipegang sang kepala keluarga, satu dipegang ratu keluarga yaitu saya sendiri, dan satu lagi dititipkan di rumah orangtua. Kunci rumah ini penting untuk didistribusikan karena jika suatu saat ada yang trouble maka bisa diatasi dengan cepat. Pernah suatu saat, buku pelajaran si kakak dan botol susu si adik ketinggalan di rumah padahal posisi kedua orangtuanya sudah berada di jalan menuju kantor masing-masing. Alhamdulillah, berkat kunci cadangan, semua dapat teratasi dengan cepat. Ini salah satu manfaatnya.

2. Dompet
Sepertinya ini adalah hal umum. Saya pikir setiap orang meski menaruh dompet ditasnya. Dompet adalah sumber kehidupan sehingga meski setiap tas berisikan dompet. Jujur, dompet saya hanya berisikan money, berbagai jenis kartu ATM, dan tanda pengenal. Pernah, suatu saat saya ketinggalan dompet dirumah padahal posisi sudah dijalan menuju kantor. Masya Allah kagetnya nggak kepalang, alhamdulillah masih ada sisa uang receh di bagian tas lainnya sehingga masih bisa teratasi, coba bayangkan, jika tidak ada uang sama sekali. Apa yah yang akan saya lakukan? Nggak kebayang.

3. Peralatan kosmetik
Khusus untuk wanita. Penting untuk dibawa. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi memang wanita selalu menjaga penampilan tapi ada juga sih laki-laki yang menjaga penampilan. Sebenarnya saya bukan tipe perempuan yang menjaga penampilan banget tapi nggak enak ajja kalau terlihat nggak rapi. Memang wajah nggak cantik tapi yang penting nggak terlihat kucel. 

4. Tempat pensil
Wajib dibawa. Sebagai seorang penulis baru, ini teramat penting untuk dibawa karena didalamnya berisi alat tulis yang digunakan di saat mencatat apapun yang perlu dicatat. Apalagi hal-hal yang berisi tugas dari negara, semua dicatat secara detail dari A sampai Z. Selain itu, objek menulis banyak diperoleh dimanapun kita berada sehingga tempat pensil ini sangat berarti kehadirannya didalam tas yang saya miliki. Tempat pensil saya ini berisi alat tulis dan flashdisk. Keduanya harta yang paling berharga bagi saya, tanpa keduanya apalah diri ini. 

5. Buku kecil
Ini pasangannya tempat pensil. Gimana mau mencatat kalau tidak ada bukunya. Biasanya saya bawa yang ukuran kecil dan tipis sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Saat ini, harta yang paling berharga adalah isi tas. Semoga isi tas membawa kebaikan bagi yang punya tas dan orang banyak. 



@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay8Challenge2018

Sunday, 25 November 2018

Cang Cing sedang di Bekasi? 5 Rumah Makan Favorit Saya Ini Meski Dikunjungi

21:54:00 0 Comments
Bekasi merupakan tanah kelahiran saya. Meski cinta donk dengan tanah kelahiran. Saking cintanya, beragam rumah makan di Bekasi sudah saya kunjungi, tapi ada 5 rumah makan yang menjadi favorit saya saat ini. Simak ulasannya…

1. Bebek TOP-PAS 2
Letaknya di Jl. KH. Muchtar Tabrani, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara. Saya melewati rumah makan ini, sehari dua kali yaitu saat berangkat dan pulang  kantor. Rumah makan ini cukup luas dengan ciri khas sajian makannya secara lesehan. Yang saya suka dari rumah makan ini adalah desain kursi yang unik dan klasik karena terbuat dari kayu yang divernis dengan apiknya bikin betah berlama-lama disini. Tempat parkirnya juga cukup luas jadi tak perlu khawatir pasti kebagian tempat parkir. Setiap saya kesini, meski kondisi sedang ramai sehingga pelayanannya agak lama.

Menu bebek disini beragam loh, mulai dari bebek rica-rica, bebek kremes, sampai bebek bakar. Menu ayamnya juga ada, mulai dari ayam bakar sampai ayam kremes. Harga satu potong bebek Rp. 20.000 sedangkan satu potong ayam Rp. 18.000,-. Berbagai minuman juga dapat dipesan seperti juice, es jeruk, es teh manis atau tawar. Biasanya saya beli bebek kremes dan es jeruk. Kremes dari bebek tersebut krenyes krenyes banget ketika sampai dimulut sampai nggak mau henti ngunyahnya. Makanya saya idola banget sama menu yang satu  ini apalagi dimix dengan sambal yang mantap pedasnya. 

2. Pizza Hut Delivery - PHD Indonesia
Letaknya di Ruko Artha Loka, Jl. Kali Abang Tengah, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara. Cukup dekat dengan rumah saya sehingga saya favorit sekali mengunjungi gerai pizza ini. Pelayanannya cepat walau kadang mengantri cukup panjang karena memang banyak sekali penggemar pizza yang rutin ke  sini. Pernah sekali waktu saya pesan via aplikasi tapi malah sampainya lama sehingga saya lebih menyukai datang langsung ke gerai ini.

Biasanya saya pesan Pizza Meat Lovers dengan ukuran regular ditaburi daging cincang, irisan sosis, burger sapi, keju mozzarella, dan sausnya. Minuman yang saya suka adalah strawberry milkshake. Pernah suatu hari, saya mencoba varian baru dari pizza ini yaitu Black Pizza, kabarnya warna hitam ini menggunakan perwarna alami dan dijamin halal. Waktu itu, saya pesan ukuran regular dengan taburan daging sapi cincang, sosis, jamur, dan keju mozzarella. Saya sepertinya tidak terlalu suka dengan Black Pizza ini karena ada rasa yang nggak pas dengan lidah saya. Ujung-ujungnya balik lagi ke Meat Lovers.

3. Bakso dan Mie Ayam Wonogiri
Letaknya di Ruko Pesona Anggrek Harapan Blok A1, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara. Selalu dihati, salah satu bakso kesukaan saya. Ruangan cukup luas begitu juga dengan tempat parkirnya. Hampir setiap ada kesempatan saya mampir kesini.

Tekstur baksonya kenyal dan dagingnya kerasa banget. Kuahnya gurih. Topping bawang goreng dan seledri menambah cantik penyajiannya. 

4. Soto Betawi Juanda
Soto betawi favorit yang letaknya di dekat terminal Bekasi. Biasanya kalau selesai berbelanja disekitar Pasar Baru Bekasi, langsung tanpa berpikir panjang  menuju rumah makan ini. Harganya cukup terjangkau akan tetapi tempatnya agak kecil dan tepat dipinggir jalan utama menuju terminal Bekasi. Karena lokasinya tepat dipinggir trotoar maka dapat dipastikan tidak ada tempat parkir sehingga harus meminta bahu jalan untuk area parkir.

Menu sotonya cukup variatif mulai dari soto daging, soto kikil, soto ayam, sampai daging kikil. Sedangkan minumannya bisa pesan es jeruk, jeruk hangat, es teh manis atau teh manis hangat. Kuahnya itu loh, gurih banget. Sekali gigit kikilnya dijamin pingin nambah lagi, teksturnya nggak terlalu keras sehingga cukup mudah untuk dikunyah, anak saya saja suka nambah kikilnya kalau makan disini. 

5. Pempek Gaby Stasiun Bekasi
Letaknya di Marga Mulya, Kota Bekasi tepat didepan stasiun Kota Bekasi. Ini, pempek favorit kami sekeluarga. Rukonya tidak terlalu besar tapi pembelinya luar biasa. Pempek yang selalu saya pesan adalah kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Tidak ketinggalan tekwan dan es kacang merah. Biasanya saya beli masih dalam kondisi mentah karena kalau nunggu digorengan akan semakin lama antriannya. 

Saus cukanya pas banget buat lidah saya, kalau nggak pakai sambal pun sudah lebih dari cukup. Biasanya kenikmatan akan semakin menjadi saat ditambah taburan ebi. Mantap kan!

Yap, sekarang sudah tahu kan rumah makan favorit saya di Bekasi. Jadi, kalau ke Bekasi jangan lupa ke rumah makan favorit saya, recommended banget deh untuk dicoba. 


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay7Challenge2018


Beautiful Indonesia Miniature Park

13:08:00 0 Comments
Hai blogger!

Hari Minggu yang cerah gini, enaknya kita bercerita tentang apa yah? Hmhm…Bagaimana kalau travelling. Biasanya kalau Minggu digunakan banyak keluarga untuk bertravelling,  begitu juga dengan saya. Bedanya, saya cuma cerita travelling yang telah saya lakukan beberapa tahun yang lalu..Hehe...

Yap, cerita travelling kali ini nggak jauh-jauh dari kota Bekasi, tepatnya di kota tetangga “Jakarta”. Secara, kota ini walaupun kota metropolitan tapi banyak sekali spot untuk berwisata dengan keluarga.   

Beberapa tahun lalu, sewaktu saya masih punya anak satu (sekarang sudah punya dua anak), kami sekeluarga berjalan-jalan menikmati keindahan nusantara dalam satu lokasi. Dimana itu? Yeah, betul sekali, lokasinya di Taman Mini Indonesia Indah.


Taman Mini Indonesia Indah merupakan objek wisata yang bertemakan budaya Indonesia. Berkunjung kesini seakan kita sudah berkeliling nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali ke lokasi ini, bahkan sampai hafal betul beberapa aneka anjungan atau rumah adat dan lokasi hiburan lainnya di tempat ini. Tapi, nggak ada salahnya yah kita menikmati kembali wisata murah meriah di kota tetangga ini.


Tujuan utama kami saat itu naik kereta gantung, sudah yang keberapa kalinya naik kereta ini tapi setiap naik kereta ini, sensasinya selalu berbeda, mungkin karena usia sudah bertambah tua jadi semakin bertambah hebohnya kalau naik kereta gantung lagi.



Selama dikereta gantung, kami menikmati pemandangan yang cukup menyenangkan. Berbagai miniatur rumah adat dapat kami lihat dengan jelas. Selain itu, kita juga dapat melihat miniatur Indonesia dengan pulau-pulau utamanya dilengkapi dengan pulau kecil disekelilingnya. Tak terlupakan, snow bay yang begitu megah terlihat dengan gagahnya.







Saya juga menyempatkan berfoto disalah satu spot rumah adat. Selfie sedikit tak apalah walau sudah tua, yang penting happy. Kalau sedang foto selfie, anak nggak usah diikutsertakan nanti malah mengganggu, tapi yang namanya anak tetap saja nyantol kemanapun bundanya berada.  Hehe…

Selesai menikmati kereta gantung dan berselfie ria dibeberapa rumah adat. Selanjutnya, kami makan siang disebuah rumah makan yang cukup sederhana.  Harga terjangkau dan dijamin rasa pas di lidah.

Selepas makan siang kami menonton di teater keong mas, wah asyik banget menonton disini, seru dan mengesankan, waktu itu kami menonton kisah perjalanan seorang alim yang berjalan kaki dari kota yang dia tinggali ke kota Mekah demi menunaikan ibadah haji. Sedih dan haru lihatnya, demi niat yang mulia, ia rela berkorban berjalan berpuluh-puluh kilo meter. Patut dijadikan kisah teladan bagi kita semua.

Senang bisa berwisata ke tempat ini untuk yang kesekian kalinya, semoga tahun depan “2019”, bisa berwisata ke sini lagi yah dengan membawa serta keluarga tercinta. 

So, jika ingin mempelajari kebudayaan Indonesia dengan happy dan fun, silakan mampir ke Taman Mini Indonesia Indah. 

Ini Saya

04:05:00 0 Comments

Hai blogger!

Tema kali ini cukup menarik karena akan bercerita tentang si mpunya blog. Ya kita, diri kita sendiri. Berbicara tentang diri saya pribadi. Saya akan paparkan 5 fakta tentang diri saya sendiri tapi ini menurut versi saya loh, mungkin kalau menurut versi orang lain ada sedikit perbedaaan, ya wajarlah. Terkadang memang, kita akan lebih sulit menilai diri sendiri dibandingkan menilai orang lain, akan jauh lebih mudah. Nah, sebagai muhasabah, saya akan menceritakan sedikit tentang diri saya pribadi, simak yah…

Saya itu, begini :

1. Menyukai kerapihan
Ini tidak bisa saya pungkiri sendiri. Saya juga bingun yah, kenapa saya meski suka banget yang rapi-rapi. Liat rumah berantakan sedikit rasaya mau beresin, liat meja kerja berantakan sedikit rasanya mau beresin, liat laboratorium berantakan sedikit rasanya mau beresin, bahkan  liat teman yang penampilannya berantakan juga rasanya mau tak beresin..Huahaa…Nggak tahu yah, mungkin sudah bawaan lahir, kepinginnya liat segala sesuatu itu tertata rapi dan sistematis. Liat yang berantakan rasanya gatal tangan ini pingin beresin. Semoga sifat ini bisa membawa kebaikan yah, blogger.

2. Menyukai warna pink
Pink warna yang lembut dan begitu seksi dimata saya oleh karena itu saya sangat menyukainya. Girly! Yap benar sekali. Tak jemu-jemu melihat atau menggunakan apapun yang berwarna pink. Mulai dari pakaian, sandal, sepatu, peralatan dapur sampai jilbab mayoritas warna pink. Mulai dari pink muda sampai pink tua dan berbagai jenis warna pink saya memilikinya. Mungkin bisa dibilang varian jilbab saya adalah varian pink. Bahkan sampai anak perempuan saya juga ikut-ikutan menyukai warna pink dan sekarang menjadi competitor saya sebagai penyuka warna pink.

3. Menyukai ilmiah
Dunia ilmiah. Saya suka banget. Berharap suatu saat dapat bergabung dengan para pakar ilmiah didunia. Saya sangat menyukai penelitian dan berlama-lama di laboratorium. Saya bahagia sekali saat hasil penelitian saya terpublikasi baik jurnal nasional atau bahkan jurnal internasional. Saat ini komunitas dimedia sosial yang paling saya sukai adalah komunitas ilmiah. Kami bisa saling bertukar informasi atau diskusi dan itu sangat menyenangkan.

4. Menyukai menulis
Ternyata, hal ini baru saya peroleh tahun 2018. Tak menyangka, bakat terpendam ini masih bisa diasah. Walau tulisan saya sampai saat ini tidak sekece para penulis lainnya tapi saya sudah sangat bersyukur bisa menulis cukup rutin dengan segala keterbatasan waktu yang saya miliki. Walau hanya 300-400 kata yang bisa saya tulis tiap harinya tapi itu merupakan prestasi bagi saya pribadi. Saya bangga akan prestasi tersebut sehingga semoga tahun depan akan bisa lebih baik lagi.

5. Mungkin saya cerewet
Ah, yang satu ini apa perlu dibahas? Kata “cerewet”, saya dapatkan dari anak perempuan saya, “Bunda cerewet”. Menurut saya sih wajar saja sebagai seorang ibu rumah tangga yang bekerja di sebuah instansi pemerintah dengan dua anak, meski perlu bantuan mulut untuk mengkondisikan segalanya biar nggak terlau cape maksudnya. Mungkin dapat diwajari juga sebagai seorang perempuan dilahirkan dengan kecerewetannya kalau nggak gitu siapa lagi yang bercuap-cuap dirumah atau bahkan dikantor. Ah, sifat yang satu ini susah untuk diminimalisir dimanapun saya berada. Semoga cerewetnya saya membawa kebaikan yah..

Maybe, sekian 5 fakta tentang diri saya. Semoga bisa menginspirasi pembaca semua. Terimakasih.


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay6Challenge2018

Saturday, 24 November 2018

Media Sosial Bagiku

15:05:00 0 Comments
Tak bisa dipungkiri lagi, media sosial merupakan salah satu gaya kehidupan saat ini. Tahukah, apa itu media sosial? Media sosial adalah media untuk bersosialisasi didalam dunia maya dan pastinya dilakukan secara daring “online”.

Saat  ini banyak sekali bertebaran media sosial yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi, saling tukar informasi baik dari yang ilmiah sampai hal yang nggak penting banget diinformasikan atau bahkan hanya sekedar saling curhat. Nah, saya akan sedikit memaparkan beberapa media sosial yang sedang ngehits dan ngetrend dikalangan masyarakat saat ini. Simak yah..

1. Facebook
Media sosial ini merupakan yang paling popular saat ini. Menu pada  media sosialnya  ini banyak. Mulai dari profil pemilik akun, beranda, permintaan pertemanan, pesan, dan notifikasi. Peruntukan media sosial ini lebih bersifat calm dan santai. Biasanya informasi yang dibagikan berkisar tentang kehidupan sehari-hari, bisnis dan sebagainya. Siapapun bisa memiliki akun ini dan bisa membagikan apapun informasi yang ingin dibagikan. 

2. Instagram
Media sosial ini terkenal karena punya fitur untuk mengedit foto dan video sehingga jika foto  yang kita upload pada media sosial ini maka akan terlihat lebih cantik dari aslinya. Menu pada media sosialnya juga beragam. Mulai dari halaman utama, pencarian, galeri, foto, video, follow, profil pemilik akun. Follownya juga tidak terbatas loh sehingga media sosialnya sangat digandrungi untuk kaum milenial.

3. Research Gate
Media sosial ini terkenal dikalangan dunia ilmiah. Orang yang bergabung dalam media sosial ini adalah para peneliti baik dibidang akademik, corporate, pemerintahan, atau kedokteran sehingga mereka dapat saling bertukar ilmu yang telah didalami. Pada media ini dapat pula membaca dan berdiskusi tentang suatu publikasi. Hanya kalangan ahli  yang dapat membuat akun dimedia sosial ini.

4. LinkedIn
Media sosial ini terkenal dikalangan profesional. Biasanya yang memiliki akun ini merupakan perusahaan terkenal akan tetapi terkadang instansi non probit juga banyak ditemukan. Selain itu, akun para pencari kerja juga kerap ditemui. Jika kita membuat akun pada media ini, maka kita seakan menciptkan pribadi profesional. Saya lebih menyukai media sosial ini karena saya banyak mendapatkan informasi terkait bidang ilmu yang saya dalami, menginformasikan pekerjaan yang saya kerjakan saat ini, bahkan saya jadi tahu beberapa istilah didunia pekerjaan. Dari sisi gaya bahasa dan istilah yang digunakan cukup berbeda dengan media sosial lainnya sehingga saya suka membaca tulisan dimedia sosial ini. 

Yap, itulah beberapa media sosial  di dunia maya. Begitu maraknya media sosial yang ada saat ini, sehingga kita sebagai pengguna harus berhati-hati menyikapi berbagi informasi yang disebarkan. Kita harus bisa memilah mana informasi yang valid atau sebaliknya. Setiap informasi yang diterima harus difilter terlebih dahulu jangan sampai kita terprovokasi oleh informasi yang belum valid kebenarannya.

Berharap, semua blogger adalah pengguna media sosial yang cerdas. Kalau penggunanya saja cerdas maka infromasi yang dibagikan juga adalah informasi yang cerdas.



@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay5Challenge2018

4 Alasan Salbiah Gabung di BPN, Nomor 4 Alasan Utama!

03:58:00 0 Comments
Saya sebelumnya tidak pernah berpikir untuk bergabung di komunitas blogger perempuan. Sejak awal, menulis diblog hanya ditunjukkan agar semua yang saya lakukan selama bekerja tidak hilang dimakan waktu. Saya sangat menikmati pekerjaan saya saat ini dan berharap pekerjaan yang telah saya lakukan tetap hidup dalam tulisan-tulisan saya.

Suatu saat, setelah mengikuti beberapa blogwalking dengan beberapa teman akhirnya saya menemukan sebuah banner yang cantik nan apik “Blogger Perempuan Network”,  awalnya tiap kali menemukan benner tersebut saya hiraukan saja akan tetapi setelah beberapa kali melihat benner tersebut akhirnya saya berpikir kenapa saya nggak bergabung saja dengan komunitas tersebut. Berharap, suatu saat mendapatkan manfaatnya dengan ikut bergabung dalam komunitas blogger. Yang uniknya lagi, komunitas ini hanya berisi blogger perempuan sehingga saya semakin semangat lagi untuk bergabung. 

Singkat cerita suatu sore saya mendaftarkan diri pada komunitas tersebut. Saya mulai mencari tahu apa saja aktivitas dikomunitas tersebut. Ternyata, komunitas tersebut luar biasa, terlihat dari beberapa foto yang ditampilkan pada situs komunitas ini, sangat menginspirasi saya untuk segera bergabung dikomunitas ini.

Berikut 4 alasan saya bergabung dengan komunitas “Blogger Perempuan Network”,  dan nomor 4 adalah alasan utama :

1. Menambah saudara
Jujur, saya bergabung di Blogger Perempuan Network untuk menambah saudara walau hanya didunia maya. Bertambah saudara maka akan bertambah pula jaringan dan kegiatan blogwalking akan berjalan dengan sukses.

2. Mengembangkan kemampuan menulis
Saya perhatikan kalau Blogger Perempuan Network punya banyak even. Seperti saat ini challenge selama 30 hari, saya merasa ini sangat berarti karena akan membiasakan saya menulis satiap hari walau hanya 300 kata sehingga kemampuan menulis saja jadi lebih berkembang.

3. Menjadi tahu berbagai tema tulisan
Melakukan blogwalking di Blogger Perempuan Netwok akan menambah wawasan tentang banyak tema tulisan, mulai dari parenting, kesehatan, kuliner, travelling, sampai muslimah. Semua tentang kehidupan kita sehari-hari. Ini makin menambah wawasan juga tentunya.

4. Mengenalkan bidang ilmu yang saya miliki
Ini alasan utama dan terakhir. Bergabung berarti mengenalkan bidang ilmu yang saya  miliki saat ini. Saya berharap, orang yang melakukan blogwalking dengan saya akan tahu informasi tentang karantina. Saya akan selalu bercerita tentang karantina, semoga suatu saat semua teman di Blogger Prempuan Network akan mengenal karantina lebih dekat.

Semoga Blogger Prempuan Network membawa semangat baru kepada saya untuk tetap menulis dengan hati. 

Bangga bergabung dengan Blogger Perempuan Network!


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNDay4Challenge2018

Thursday, 22 November 2018

Aku ingin Menyapamu, Hai ini Salbiah!

03:27:00 0 Comments

Bloggers, Tema ini cukup menarik bagi saya untuk dikupas tuntas. Kenapa? Ini yang menjadi alasan saya membangun blog ini sampai sekarang.

Nama blog saya “Hai, Ini Salbiah” dengan alamat situs “www.salbiahkarantina.com”. Sengaja memilih nama tersebut karena selain itu ingin menyapa para pengunjung blog saya, ini juga menunjukkan jati diri saya sehingga mudah diingat oleh siapapun yang berkunjung.

Kata sapaan “Hai” menunjukkan bahwa saya ingin menyapa semua pengujung blog saya dengan ramah dan santun tapi kekinian. Semoga dengan sapaan ini, pengunjung merasa klik dengan sapaan dari saya., dan merasa dihormati kehadirannya diblog saya tersebut.

Kata “Ini Salbiah” menunjukkan bahwa blog yang sedang dikunjungi adalah punya Salbiah. Ibarat memperkenalkan diri, maka saya mau menegaskan bahwa blog ini milik Salbiah. Sehingga siapapun pengunjung tahu kalau pemilik blog ini bernama Salbiah. Cukup singkat, padat, jelas, dan mudah diingat.

Jika digabungkan rangkaian kata tadi menjadi “Hai, Ini Salbiah” dimaksudkan agar setiap orang yang mengunjungi saya, maka selalu disapa dengan ramah dan sopan, dipersilahkan masuk dan saya langsung memperkenalkan diri sebagai tuan rumah, kalau nama saya adalah Salbiah.

Nah, begitulah history singkat mengapa saya memilih nama blog tersebut dan saya gunakan sampai saat ini.

Lain hal dengan alamat situs. Saya memilih alamat situs “www.salbiahkarantina.com”, dikarenakan tema utama yang saya publikasikan adalah semua tentang karantina. Baik pada saat saya mempublikasikan bidang entomologi, fitopatologi, pustaka, kearsipan atau tentang diri saya pribadi “Me”, maka saya selalu menulis artikel terkait karantina terutama karantina tumbuhan karena memang saya bekerja di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Saya sangat menyukai pekerjaan saya saat ini sehingga apapun yang saya tulis meski berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai seorang karantinawati.

Saya berharap, suatu saat masyarakat pada umumnya lebih mengenal karantina melalui tulisan saya ini. Setidaknya, walaupun awalnya mereka aneh dan bingung tentang karantina tapi  lama-kelamaan meski mereka menjadi tahu. Nah, ini juga merupakan salah satu misi saya melalui artikel-artikel diblog yang saya buat saat ini. Agar, dunia perkarantinaan semakin booming dan saya siap menjadi humas karantina melalui blog ini.


Karantina!, tangguh terpercaya.

@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNday3Challenge2018

Wednesday, 21 November 2018

Quarantine, I love You!

07:55:00 0 Comments

Tema merupakan salah satu alasan saya menulis di blog. Saya membuat blog dengan harapan pekerjaan yang telah saya lakukan dapat diabadikan dengan tulisan dan bermanfaat untuk orang lain. Saya bekerja di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. Yap, sehingga tema utama dalam blog saya adalah seputar Plant Quarantine “karantina tumbuhan”.

Apa sih karantina? Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Karantina adalah tempat pengasingan dan/atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit atau organisme pengganggu dari luar negeri dan dari suatu area ke area lain didalam negeri atau keluarnya dari dalam wilayah negera Republik Indonesia. Nah, sehingga tema ini menarik untuk dipublikasikan.

Memang dari sekian banyak blog yang saya lihat, tema seperti saya cukup langka. Biasanya, tema yang sering ditampilkan pada main menu seperti parenting, kuliner, pendidikan, travelling, keluarga, muslimah, dan lain sebagainya.

Hal ini lah yang membuat saya semakin bersemangat menulis di blog. Mengapa? Karena tema yang paling saya sukai berbeda dengan tema kebanyakan.

Saya selalu bercerita tentang kegiatan karantina baik saat saya berada didalam kantor maupun diluar kantor. Saya mempublikasikan tentang pekerjaan saya saat sedang mengiosalasi cendawan, mengikuti kegiatan pelatihan deteksi dan identifikasi Aspergillus, Penicillium, dan Talaromyces, sampai mengikuti kegiatan inhouse training publikasi jurnal ilmiah.

Lain waktu, saya mempublikasikan tentang “Karantina Yogyakarta”, berharap masyarakat tahu jika membawa tanaman maka perlu dilaporkan kepada petugas karantina di kantor karantina terdekat. Sekalian promosi karantina maksudnya.  Alhamdulillah, respon positif saya dapatkan, semoga masyarakat semakin sadar untuk menjaga negeri tercinta ini dari bioterorisme.

Selain itu, terkadang saya menginformasikan kegiatan tentang dunia pertanian secara umum. Mudah-mudahan tulisan ini menambah wawasan para bloggers. Saya pernah menginformasikan tentang berbagai jenis jagung hibrida yang beraneka warna yang cukup unik dan jarang ditemukan di pasaran saat ini. Teman-teman bloggers, antusias membaca artikel ini dan mereka mengatakan “ini, informasi baru yang mereka dapatkan”.

Harapan saya, dengan tema yang cukup berbeda dengan tema yang ada pada umumnya, dapat menjadi ciri khas blog saya. Selain menjadi sumber bahan referensi bagi teman sejawat saya, diharapkan juga bisa menjadi tambahan wawasan bagi bloggers pada umumnya.


Semoga kedepannya blog saya akan semakin dikenal orang dan dapat mendongkrak traffic di Google.


@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNday2Challenge2018

Lucy Beauty, I love You!

03:47:00 0 Comments

Tema atau sering disebut template merupakan salah satu bagian terpenting pada suatu blog. Ibarat rumah, tema adalah dekorasinya. Tema penting untuk diperhatikan bagi para bloggers. Kenapa? Dengan tema blog yang menarik dan sedap dipandang maka blog tersebut mempunyai daya tarik tersendiri terutama pada pandangan pertama.

Saat pertama kali kita berkunjung ke situs blog seseorang, hal yang pertama kita lihat adalah temanya. Jika temanya menarik maka kita akan dengan mudah mengeksplorasi blog tersebut dan langsung membaca beberapa artikelnya. Sehingga kita harus mengusahakan agar blog kita terlihat cantik didepan para pengunjung.

Saya sendiri menggunakan akun dari blogspot. Tema dasar dan bawaan dari blogspot seperti contempo, soho, emporio, terkemuka, sederhana, tampilan dinamis, keren, air, kelembutan, perjalanan, dan klasik.

Pertama kali saya memilih tema untuk blog adalah tema contempo yang terkesan girly dengan berlatar belakang warna pink karena memang saya penyuka warna pink sehingga memilih tema tersebut. Menginjak bulan keenam, saya bergabung dengan sebuah komunitas menulis, salah satu materi yang diajarkan adalah cara membuat blog dan akhirnya melalui komunitas tersebut, saya mendapatkan informasi berbagai jenis tema yang keren dan menarik serta didapatkan secara gratis.

Saya mulai mengetahui mencari tema pada sebuah situs https://gooyaabitemplates.com/, Pada situs tersebut, kita bisa memilih tema by styles, by features, by topics, by columns, dan by sidebars. Semua tema tersebut kita dapatkan secara gratis, loh. Saya mencari by topics, klik dengan tema girly dan langsung jatuh cinta dengan lucy beauty. Saya suka tema ini karena menggambarkan diri saya banget, tampilan bunga-bunga cantik yang menarik  dan terlihat ceria. Hahaha.... saya pede banget dengan kata "cantik". Yowis lah.....Yang paling saya suka, setiap foto yang kita upload akan memiliki frame sehingga terkesan lebih elegan.

Penggantian tema membuat saya belajar banyak hal. Belajar merubah tata letak. Mulai dari mengganti logo dan title, menambahkan menu dimain menu, menambahkan atau mengganti gadget di kolom sidebar, dan mengganti footer widget. Ah, tak menyangka saya bisa melakukannya dan berhasil. Tema diblog saya sesuai dengan yang saya inginkan dan saya bahagia memilihnya.

Harapan saya, dengan tema yang cantik dan menarik maka akan banyak pengunjung yang langsung jatuh hati dengan blog saya dan kegiatan blogwalking berjalan dengan lancar.

Ini sudah terbukti, beberapa teman saya yang melihat blog saya selalu mengatakan “Wah, mbak Salbiah blognya keren”. Ahay, senang dan bangga tentunya mendapatkan pujian tersebut.

Semoga kedepannya blog saya akan semakin dikenal orang dan dapat mendongkrak traffic di Google.
 

@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNday2Challenge2018

Tuesday, 20 November 2018

4 Alasan Penting Saya Menulis Blog

03:50:00 0 Comments

Saya menulis blog belum lama, belum genap satu tahun. Masih terhitung “blogger bawang”. Tapi Alhamdulillah dengan menulis blog saya mendapatkan sejuta ilmu yang tidak saya dapatkan sebelumnya.

Saya pertama kali mengenal blog saat sedang mencari referensi untuk artikel yang sedang saya tulis. Klik! Ternyata, saya menemukan sebuah blog yang cukup unik dan si blogger adalah teman kantor saya sendiri. Sangat menginspirasi saya ketika melihat blog tersebut karena semua tulisan blog tersebut merupakan hasil pekerjaan kami dan dituangkan kedalam blog.

Ada empat alasan, mengapa saya menulis blog dan ini menjadi pemicu semangat menulis blog sampai saat ini.

1. Pekerjaan yang Telah Saya Lakukan Terabadikan

Saya ingin semua pekerjaan yang saya lakukan dituliskan sehingga tidak hilang termakan waktu. Saya sangat menyukai pekerjaan saya saat ini, semua yang saya kerjakan di kantor patut diabadikan dalam sebuah tulisan karena akan bermanfaat sekali untuk teman sejawat lainnya sebagai bahan referensi. Saya tidak mau, yang sudah saya kerjakan hilang begitu saja tanpa ada yang tahu jejaknya.

2. Artikel Cepat Terpublikasi

Sebenarnya saya sudah menulis beberapa artikel untuk ditampilkan diwebsite tempat saya bekerja akan tetapi operator IT kami menurut hemat saya terlalu sibuk sehingga kalau pun saya akan memasukkan artikel meski entah kapan akan diterbitkan dalam website tersebut, oleh karena itu saya putuskan untuk menulis diblog saja karena saya dengan mudah dan cepat dapat mengekspresikan diri saya.

3. Akun Blog Unik

Saya lebih prefer menulis diblog dibandingkan dimedia sosial lainnya. Menurut hemat saya, menulis diblog sangat unik. Tidak seperti media sosial lainnya, tulisan diblog dapat menggunakan gaya formal dan informal. Saya amati, banyak gaya formal dituangkan diblog walau bukan professional. Sehingga blog sangat tepat untuk tulisan saya yang merupakan hasil tugas formal dituangkan dalam gaya informal atau terkadang formal.

4. Tampilan Blog dapat Diubah Sesuai Keinginan

Tema dan tampilan blog dapat kita ubah sendiri sehingga sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, kita juga jadi mengerti ilmu cara menampilkan foto profil, menambahkan gadget, dan mengatur tata letak lainnya.

Akhirnya, dengan alasan itulah yang membuat saya bersemangat mengeksplorasi diri didalam blog yang saya buat saat ini. Hasilnya, banyak teman sejawat yang satu bidang ilmu dengan saya melaporkan kalau mereka menemukan blog saya saat mencari referensi untuk tulisan atau artikel. Yap, itulah tujuan utama saya, semoga semua tulisan yang saya buat bermanfaat untuk orang lain.



Semoga selalu bermanfaat!

@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#BPNday1Challenge2018

Monday, 19 November 2018

Kota Nyiur Melambai

11:38:00 0 Comments
Masih terkenang sampai saat ini, kota itu, kota yang punya julukan nyiur melambai. Secara geografis, kota itu berada di provinsi Sulawesi Utara. Tak menyangka, bisa yah saya ke kota tersebut.

Manado. Kota dengan sejuta pohon kelapa, dimana-mana meski terlihat pohon kelapa bertengger dengan kokohnya. Selain itu, tanaman jagungpun banyak terlihat baik di perkebunan atau pekarangan rumah. 

Saya berkunjung ke Manado kurang lebih selama 4 hari. Dalam 4 hari tersebut, saya punya beberapa cerita mengenang kota Manado. 

Saat pesawat kami hendak landing, puluhan pohon kelapa menyambut kami dengan melambaikan tangannya dari daratan. Wuh, bahagia dan senang liatnya.

Saya lupa, nama hotel tempat kami menginap. Seingat saya, hotel tersebut cukup mewah, dapat dilihat dari ukuran kamar dan fasilitasnya. Yang paling saya suka dari hotel tersebut adalah menu sarapan paginya selalu tersedia telur setengah matang. Entah kenapa yah, rasa telur setengah matang di hotel ini cukup menggigit dan nggak ada bau amisnya. 

Selain itu, tiap kali melintasi jalan raya. Saya selalu melihat deretan gereja nan apik dan megah. Berbagai bentuk gereja dan ukirannya menambah kemewahannya dan saya semakin memperhatikan satu per satu bangunan gereja-gereja tersebut dari jalan yang saya lintasi, wow luar biasa cantik dan elegan motif bangunannya. Tiap kali memandangnya, mata saya terbelalak.

Malam harinya, kami makan malam di sebuah restoran yang cukup besar dengan lokasi ditepi pantai. Suasannya romantis banget serasa didalam surga. Sesekali terdengar sedikit deburan ombak yang membuat hati ini makin membeku kedinginan. 



Setelah makan malam, kami langsung berjalan-jalan ke sebuah lokasi, yang saya sendiri lupa namanya. Suasanya meriah banget karena memang saat itu bulan Desember sehingga suasana antusias menyambut natal sangat terasa di kota ini. 


Siang hari, kami mencari kuliner khas Manado yaitu bubur Manado. Oala, ternyata ini toh namanya bubur Manado yang terkenal itu. Rasa sudah ok tapi kurang pas kalau sudah sampai lidah saya. He...

Beberapa hal yang menurut saya unik di kota ini. Pertama, tiap kali makan, baik makan siang atau malam meski disuguhkan air kelapa bulat dan bakwan jagung, wah senangnya karena memang saya sangat menyukai air kelapa dan bakwan jagung. Bahkan, saat mendapatkan menu makan siang di pesawat, tak lain salah satu menunya adalah bakwan jagung. Kedua, tiap kali saya berada dipinggir jalan, tiba-tiba terdengar suara musik yang sangat keras dari dalam angkutan umum, entah maksudnya apa tapi yang pasti saya selalu dikejutkan dari suara musik tersebut. Ketiga, rumah makan atau restoran siap saji justru semakin larut malam akan semakin ramai bahkan saya melihat anak-anak yang ikut bersama orang tuanya makan malam jam 24.05 WIB. Keempat, jam berapapun kita melintas di kota ini, suasana aman dan tenang begitu terasa. So, jika ada kesempatan bertravelling maka Manado bisa djadikan salah satu destinasi.

Semoga suatu saat bisa ke kota ini lagi yah, kangen dengan air kelapa dan bakwan jagungnya. 

Saturday, 17 November 2018

Nugget Pisang

16:48:00 0 Comments
Sabtu ini, 17 November 2018. Saya menjalankan tugas sebagai petugas piket diklat teknis perkarantinaan tahun 2018. 

Seru tapi ngantuk. Ngantuknya karena malamnya saya juga menjalankan tugas menjadi pengawas ujian post test sebelum diklat ini berakhir minggu depan. Serunya karena perjalanan dari rumah saya ke kantor ini memakan waktu tiga jam ditemani salah turun tempat  lagi. Dah gitu, kunci lemari kamar asrama ketinggalan dirumah dan akhirnya minta tolong teknisi untuk mengakalinya agar laptop bisa dikeluarkan dari lemari. Lengkap deh....

Tetap semangat karena ini merupakan ladang amal untuk bekal diakhirat. Semoga Allah mencatatnya sebagai kebaikan. Aamiin....

Break time. Snack pagi. Ada yang unik. Varian kue yang disajikan cukup unik. Bentuknya seperti bintang, dibumbuhi tepung roti dengan topping ceres berbalut margarine. Pertama melihat, saya langsung nggak suka. Why? Saya paling nggak suka dengan yang berbalut tepung roti. Merasa kurang sreg dengan penampilan tepung roti. 

Saya menduga ini adalah gorengan. Kok kaya ngerasa aneh, gorengan bertoppingkan ceres. Lihatnya saja sudah males apalagi makannya.

Tiba-tiba, teman disamping saya mengambil kue tersebut dan memakannya. Aiih, dia bilang "Manis banget yah, pisang".  Hah.... saya langsung bengong, "Pisang"? Kok pisang dilapisi tepung roti. Sontak saya segera mencicipinya, ternyata benar adanya. Namanya kue "Nugget Pisang Bentuk Bintang".



Jujur, baru pertama nyicipin kue seperti ini. Alhamdulillah masih dikasih rizki nyicipin kue yang cukup unik menurut saya.

Jumpa lagi dicerita selanjutnya....


Tuesday, 13 November 2018

Daftar Link Jurnal dan Perpustakaan

15:09:00 0 Comments
Daftar Link Jurnal dan Perpustakaan

Oleh Salbiah

1. Jurnal Internasional : 
    Science direct : https://www.sciencedirect.com/
    Springer : https://www.springer.com/gp
    Mendeley : https://www.mendeley.com/?interaction_required=true
    Teel :  https://www.teeal.org/
    American society for  horticultural science :  https://www.ashs.org/page/JournalofASHS
    Crossref : https://www.crossref.org/
    NCBI : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/

2. Perpustakaan Kementerian Pertanian : http://pustaka.setjen.pertanian.go.id/link-detail.php?groupID=library

3. Repositori Kementerian Pertanian : http://repository.pertanian.go.id/

4. Perpustakaan Nasional : http://www.pnri.go.id/

5. Perpustakaan Perguruan Tinggi :
    Institut Pertanian Bogor : http://perpustakaan.ipb.ac.id/
    Institut Teknologi Bandung : https://lib.itb.ac.id/
    Universitas Padjajaran : https://lib.unpad.ac.id/
    Universitas Lampung : http://library.unila.ac.id/web/
    Universitas Gadjah Mada : http://lib.ugm.ac.id/en/

6. Jurnal Nasional :
    Jurnal Fitopatologi Indonesia : http://journal.ipb.ac.id/index.php/jfiti
    Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia : https://jurnal.ugm.ac.id/jpti
    Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika :          http://jhpttropika.fp.unila.ac.id/index.php/jhpttropika
    Jurnal Acta Veterinaria Indonesianan : http://journal.ipb.ac.id/index.php/actavetindones/index
    Jurnal Sain Veteriner : https://jurnal.ugm.ac.id/jsv
    Jurnal Veteriner : https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/
    Jurnal Kedokteran Hewan : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKH



Prosedur Entry Koleksi pada Bibliography Slims

08:29:00 0 Comments
Prosedur Entry Koleksi pada Bibliography Slims

1. Klik menu librarian login.
2. Pilih menu bibliography.
3. Klik sub menu add new bibliography.
4. Isilah kolom berikut :
5. Title, isilah judul koleksi.
6. Edition, koleksi tertentu yang mempunyai edisi seperti majalah, bulletin, warta, atau buku  seperti edisi ke-2, edisi ke-3, maka isilah kolom ini.
7. Specific detail info, diisi apabila koleksi non-printed material.
8. Author (s), isilah nama pengarang. Klik add author (s), setelah muncul form baru, klik tipe pengarang (sebagai personal name/organizational body/conference), kemudian pilih kedudukan  
pengarang (pengarang utama/pengarang tambahan/penerjemah/dsb).
9. GMD atau general material designation merupakan jenis dokumen. Seperti text, slide, MP3, CD, Casette dsb.
10. Frequency, isilah dengan frekuensi terbit, biasanya untuk koleksi dengan terbitan berkala.
11. ISBN/ISSN, isilah dengan nomor ISBN/ISSN.
12. Publisher, isilah dengan penerbit. Semua nama penerbit yang telah diisi maka langsung tersimpan dalam slims sehingga jika ingin mengetik penerbit yang sama akan secara otomatis muncul.
13. Publishing year, isilah dengan tahun penerbitan koleksi.
14. Publishing place, isilah dengan lokasi penerbitan koleksi.
15. Collation, isilah dengan deskripsi fisik suatu koleksi seperti jumlah halaman dalam tulisan romawi, tinggi buku, jika terdapat gambar/tabel tulis ‘ill”.
16. Series title, apabila suatu koleksi memiliki judul seri seperti seri buah-buahan atau seri petualangan, maka kolom ini diisi.
17. Call number atau nomor panggil. Nomor yang digunakan untuk mencari keberadaan koleksi di rak perpustakaan berisi nomor klasifikasi, tiga huruf nama pengarang, satu huruf depan judul koleksi.
18. Penempelan call number pada punggung buku.
19. Subject (s), klik add subject (s) akan muncul form baru, isilah beberapa nama subject (s), pilih tipe subject (topic/geographic/name/temporal/genre/occupation), kemudian pilihlah kedudukan subject (utama/tambahan).
20. Classification, isilah dengan nomor klasifikasi yang digunakan baik dari sistem klasifikasi UDC atau DDC.
21. Language, pilihlah bahasa sesuai dengan bahasa pada koleksi.
22. Abstrak/notes, isilah dengan gambaran umum tentang koleksi.
23. Image, klik pada tombol browse, masukkan file cover koleksi dalam bentuk jpg.
24. File attachment, klik add attachment, isilah judul dan tekan tombol browse, klik upload now.
25. Hide in OPAC. Terdapat dua pilihan yaitu show dan hide. Pilih show apabila setelah entry koleksi maka pengunjung dapat langsung melihat sedangkan  hide apabila pengujung tidak dapat langsung melihat koleksi diwebsite perpustakaan.
26. Promo to homepage. Terdapat dua pilihan yaitu promote dan don’t promote. Pilih promote apabila setelah entry  koleksi akan tampil pada page pertama OPAC, sedangkan don’t promote apabila setelah entry tidak akan tampil pada page pertama OPAC.
27. Label berupa icon, memberi keterangan pada koleksi apakah koleksi favorite atau tidak.
28. Setelah semua kolom terisi maka klik tombol save.


Monday, 12 November 2018

Badan Tenaga Nuklir Nasional

03:13:00 0 Comments
Hari itu hari yang menyenangkan, mengapa? karena saya berkesempatan kembali melakukan  tugas di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi, Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR-BATAN). Yap, Kamis, 8 November 2018, saya mendatangai lokasi ini untuk melakukan perlakuan iradiasi terhadap lalat buah Bactrocera papayae pada buah naga. Perlakuan iradiasi ini merupakan salah satu perlakuan karantina loh, sehingga perlu diuji keefektifannya.

PAIR-BATAN ini berlokasi di Jl. Lebak Bulus Raya No. 49, Jakarta Selatan. Setelah kami sampai di depan gerbang masuk, kami langsung disambut dengan anjing pelacak. Saya turun untuk melaporkan ke bagian security dan beberapa detik mobil yang kami kendarai dicheck dengan detektor. Alhamdulillah kami lulus sensor....




Saya dan teman berhenti tepat diruang gamma iradiator karena memang buah naga yang kami bawa akan dilakukan iradiasi sinar gamma. Kami, memasukkan satu persatu toples berisi buah naga ke dalam ruang iradiator dan setelah dua jam berlalu akhirnya selesai semua perlakuan iradiasi pada buah naga. Mengapa kami mengiradiasi buah naga? karena kami ingin mengetahui kalau lalat buah yang telah kami infestasikan ke dalam buah naga akan mati jika terpapar radiasi. 

Tepat didepan ruang iradiator, saya melihat tulisan "Awas Bahaya Radiasi", saya ngeri juga sih membacanya. Khawatir terpapar radiasi nanti gen kita jadi mutasi dah berubah jadi monster yang jahat...Wkwk, efek kebanyakan nonton film.


Dears, perlu diperhatikan yah. Efek radiasi pada manusia ada 2 kemungkinan nih yaitu bereaksi dengan tubuh atau hanya melewatinya saja. Semua radiasi yang terserap dalam jaringan biologis akan muncul sebagai panas dan ini merupakan awal dari perubahan kimiawi selanjutnya akan menimbulkan efek biologis yang merugikan.

Setidaknya ada dua cara bagaimana radiasi dapat mengakibatkan kerusakan pada sel. Pertama, radiasi dapat mengionisasi langsung molekul DNA sehingga terjadi perubahan kimiawi pada DNA. Kedua, perubahan kimiawi pada DNA terjadi secara tidak langsung, yaitu jika DNA berinteraksi dengan radikal bebas, terjadi perubahan kimiawi pada DNA tersebut, menyebabkan efek biologis yang merugikan, misalnya kelainan genetik atau kanker.

Pada dosis rendah, sel dapat memulihkan dirinya sendiri dengan cepat. Pada dosis tinggi, kemungkinan sel tidak dapat memulihkan dirinya sendiri sehingga akan mengalami kerusakan permanen atau mati. Sel yang mati relatif tidak berbahaya nanti akan diganti dengan sel baru sedangkan sel yang mengalami kerusakan permanen akan menjadi sel abnormal sehingga meningkatkan terjadinya kanker pada manusia. 

Petugas radiator juga diberikan alat pendeteksi radiasi loh dears, namanya TLD detektor. Alat ini dipakai dengan cara dikalungkan pada leher, semakin banyak paparan radiasinya maka alat tersebut akan semakin berwarna hitam. Jadi ga perlu khawatir yah, semua ruangan dan petugas yang melakukan iradiasi telah mengikuti standar operasional prosedur yang lengkap sehingga keamanan lingkungan akan tetap terjaga.

Petugas radiator, Bapak Bonang

Perlu diketahui, PAIR-BATAN juga menerima jasa layanan seperti jasa iradiasi, jasa penyiapan sampel dan analisis, jasa konsultasi, jasa pelayanan teknis uji tidak merusak, dan  penjualan produk teknologi nuklir.

Sedikit banyak jadi tahu yah mengenai iradiasi ini, so berhati-hati jika berada pada lokasi yang punya paparan iradiasi.

Referensi :
[PAIR-BATAN]. 2018. Efek radiasi terhadap manusia. Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir nasional. http://www.batan.go.id/pusdiklat/elearning/proteksiradiasi/pengenalan_radiasi/2-3.htm. Diakses 12 November 2018.

[PAIR-BATAN]. 2018. Layanan. Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir nasional. http://www.batan.go.id/index.php/id/jasa-layanan-pair. Diakses 12 November 2018.

Wednesday, 7 November 2018

Antara KRB dan Zoologi

22:05:00 0 Comments

Jumat itu begitu lekat diingatan saya ketika saya sedang sibuk mengumpulkan dokumen, secara tiba-tiba diinformasikan diberi tugas untuk menemani peserta training identifikasi lalat buah ke Kebun Raya Bogor (KRB). Nah loh…

Saat itu, memang kantor kami sebagai penyelenggara training identifikasi lalat buah dengan peserta yang berasal negara ASEAN seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Indonesia, dan lainnya. Tapi pengajarnya berasal dari Australia dan New Zealand.

Jumat tanggal 2 November 2018 training tersebut ditutup secara resmi. Next agenda adalah jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi.

Demi kelancaran kegiatan tersebut, beberapa pegawai ditugaskan untuk menemani mereka, salah satunya adalah saya. Sebenarnya saya sudah bosen juga sih ke Kebun Raya Bogor  karena sudah yang kesekian kalinya berwisata ke sini, duluu.... saya bersekolah di Institut Pertanian Bogor jadi wis bolak balik ajja wisatanya ke sini terus. Tak apa demi negara dengan senang hati saya terima tugas ini.

Sebelum berangkat, mari kita makan siang dulu. Selanjutnya cus menuju kota angkot. Singkat cerita, kami sampai di Kebun Raya Bogor. Kami tiba di pintu I. Masuk melalui graha sambhrama dan membeli tiket. Harga tiket masuk cukup murah yaitu Rp. 16.000,-/orang.





Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 ha. Wow, rasanya ga etis banget yah mengelilingi kebun dengan berjalan kaki. Bisa gempor kakiku. And than, kami memutuskan untuk menyewa mobil wisata. Biaya sewa Rp. 15.000,-/orang.

Kami dipandu mengelilingi kebun dengan tourguide yang sesekali melontarkan humorannya. Kami diperkenalkan satu persatu jenis tanaman yang dipelihara dikebun tersebut seperti pohon bambu raksasa, pohon durian, pohon nangka, pohon palm, bunga teratai, bunga bangkai, pohon jodoh, dan sebagainya. Dipohon jodoh inilah kami diberi waktu untuk sesi pemotretan, cekrek!



Ada juga loh jembatan cinta, jembatan ini berwarna merah sehingga disebut jembatan gantung merah, konon katanya pasangan kekasih yang lewat jembatan ini akan putus hubungan asmaranya. Hoax ga ni yah….

Kami ditunjukkan pula pohon kelalawar, dimana banyak sekali kelalawar yang hilir mudik diatas rimbunnya pohon tersebut. Seram juga sih liatnya…

Kebun Raya Bogor memiliki fasilitas seperti musholla, toilet, toko cendramata, dan rumah makan, namanya kafe “dedaunan”. Saya pernah sih sekali makan di kafe tersebut waktu masih zaman mahasiswa dan untuk wisata kali ini kami hanya melewatinya saja.

Next, museum zoologi. Mobil wisata menghantarkan kami sampai tepat didepan pintu museum zoologi. Sebelum masuk, isi buku tamu dulu dan demi kelancaran kegiatan, kami menyewa tourguide. Biaya sewanya Rp. 100.000,- sampai kegiatan keliling museum selesai.

Museum ini memamerkan berbagai binatang awetan seperti mamalia, burung, ikan sampai serangga. Bahkan terpampang jelas kerangka paus biru yang begitu besar dan mengerikan. Akan tetapi, saya cukup tertarik dengan koleksi serangga dalam kotak koleksi, unik dan langka pastinya.






Pertama kali saya mengunjungi museum zoologi, saat saya memasuki semester dua perkuliahan artinya masih ditingkat satu mahasiswa. Sekarang saya kembali mengunjunginya dan ternyata masih sama seperti dulu. Wow keren, awetan disana tetap terjaga, salut deh.

Terimakasih Bogor, lain kali kembali ke Bogor…..

Monday, 5 November 2018

Study Banding ke Maros

03:22:00 0 Comments

Hai dears,

Pernah dengar ga nama “Balai Penelitian Tanaman Serelia (Balitsereal)” yang berlokasi di Jl. Dr. Ratulangi 274, Maros, Sulawesi Selatan.

Tanggal 13 Oktober 2016, saya dan dua orang teman saya berkesempatan melakukan study banding. Saat itu, penelitian yang kami lakukan terkait perlakuan fumigasi sulfuryl fluoride pada benih jagung. 

Nah, dalam rangka pendalaman penelitian yang telah kami lakukan maka diperlukan konfirmasi ditingkat lapangan guna mendapatkan gambaran empirik hasil penelitian yang dilakukan sehingga dapat terimplementasikan dengan baik dan berdaya guna.


Sesampainya disana, kami langsung disuguhkan dengan pertanaman jagung yang cukup luas. Baik tanaman didalam greenhouse maupun dilapangan. Selain itu, kami juga melihat pertanaman sorghum loh. Ga yangka bisa ketemu tanaman sorgum, kirain harus ke Eropa baru bisa ketemu tanaman sorgum, disini juga ada.

Kami langsung melakukan diskusi terkait maksud study banding ini. Ketua tim, Ibu Leny Panjaitan memaparkan hasil penelitian yang telah kami hasilkan dan disambut baik oleh para peneliti di Balitsereal. Setelah kami memaparkan, mereka pun menginformasikan terkait perlakuan yang pernah dilakukan untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman jagung. 


Sesi selanjutnya, kami meninjau pertanaman jagung di greenhouse. Kami melakukan pengamatan terhadap spot-spot tamanan jagung yang sedang diuji ketahanannya terhadap penyakit tanaman tertentu seperti penyakit bulai.




Selain pertanaman jagung, kami juga melihat pertanaman sorgum. Akhirnya saya dapat melihat tanaman sorgum setelah sekian lama membayangkan bagaimana bentuk tanaman sorgum walau bukan di daerah asal sorgum itu dibudidayakan secara komersial.


Tahu ga dears? Balitsereal telah menghasilkan banyak produk loh, diantaranya jagung protein tinggi, jagung kaya vitamin A, jagung ungu, dan jagung pulut/ketan.

Jagung protein tinggi kaya akan asam amino esensial yaitu lisin dan triftofan. Kadar lisin mencapai 0.52% dan triftofan mencapai 0.11% lebih besar dari jagung biasa yang kadarnya hanya 0.29% dan 0.058%. Jagung tinggi protein ini bisa dimanfaatkan sebagai subsitusi pakan tinggi protein seperti bungkil kedelai dan tepung ikan yang sampai saat ini masih diimpor untuk pakan ternak.


Jagung kaya vitamin A.  Produksi jagung ini dilatarbelakangi defisiensi vitamin A menjadi momok pada anak-anak dan ibu hamil di wilayah Asia Tenggara dan Afrika. Jagung ini memiliki kandungan beta karoten tinggi yaitu 0.105 ppm lebih tinggi dibandingkan dengan jagung biasa 0.048 ppm.  Diharapkan kehadiran jagung ini memberikan kontribusi pemenuhan gizi masyarakat yang mudah, murah, dan enak.


Jagung ungu memiliki biji yang berwarna ungu. Warna ungu disebabkan tingginya kandungan antosianin. Antosianin bersifat antioksidan yang mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah, melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, mencegah obesitas, meningkatkan kemampuan memori otak, dan menangkal radikal bebas.


Jagung pulutan/ketan memiliki citarasa yang enak, gurih, pulen, dan lembut. Jagung ini banyak dicari konsumen dan industri.  Jagung ini mengandung amilopektin yang tinggi mencapai 90%. Kreasi baru makanan berbasis jagung pulut bermunculan termasuk beras jagung instan dan bubur jagung instan.


Sesaat kami akan meninggalkan Balitsereal. Saya menemukan beberapa jagung sedang dijemur dibawah sinar matahari, cukup unik menurut saya karena memiliki warna yang mencolok. Wow, mantap juga nih warna jagung “Jagung Hibrida juga” ternyata.


Seru juga yah membicarakan perjagungan ini, tapi jujur saja, sayapun belum pernah makan salah satu jagung yang saya sebutkan diatas. Semoga market jagung tersebut akan semakin luas sehingga bisa kita temui dimanapun kita berdomisili.

Referensi :
[BALITSEREAL]. 2018. Produk. Balai Penelitian Tanaman Serealia, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/. Diakses 4 November 2018.