Follow Us @soratemplates

Monday, 15 October 2018

The First, Jadi Mentor

"Mba, nanti saat kami seminar evaluasi aktualisasi di Ciawi, mba yang jadi mentor kami yah menggantikan Pak Joni'. Hmm...saya menjadi mentor pengganti? Awalnya saya cukup terkejut juga saat diminta adik-adik Calon Pegawai Negeri Sipil (Capeg) dari kantor kami menjadi mentor karena sejak semula saya tidak memahami apa yang dilakukan adik-adik capeg dalam aktualisasi kegiatannya di kantor. Tapi, demi negara manut sajalah, eh apa demi mereka yah... wis lah di "iyakan"saja.

Seminar evaluasi aktualisasi peserta calon pegawai negeri sipil  ini dilakukan di pusat pelatihan manajeman dan kepemimpinan pertanian di Ciawi, Bogor tanggal 3 September 2018. Saya diberikan tugas sebagai mentor calon pegawai negeri sipil dari kantor kami (Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian) atas nama adik-adik saya yang cantik dan imut-imut, Muthia Riefka Fauziyati, Rizky Mailani Rahman, dan Rifena Pangestuweni. Pada seminar tersebut, saya menjadi kenal dengan coach  Ibu Ir. Yusni Emilia Harahap, MM dan penguji Bapak Heri Wahyono, SE, M.Si.

Sebelum presentasi dimulai, adik-adik saya terlihat cukup nervous, wajarlah karena ini merupakan evaluasi yang mempunyai cukup andil menentukan kelulusan mereka sebagai pegawai negeri sipil. So, menurut saya tidak ada masalah, semoga saat presentasi nanti akan berjalan dengan lancar yah. Oleh sebab itu, kita berselfie ria dulu yah sebelum dimulai. Cekrek...

Kiri (Rizky, Rifena, Salbiah, Muthia)

Next, saatnya presentasi. Presentasi dilakukan secara panel  dengan urutan Muthia, Rizky, dan Rifena. Mereka memaparkan hasil aktualisasinya selama di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. Setelah mereka melakukan presentasi, sesi selanjutnya adalah pernyataan mentor terkait pembenaran, apakah mereka telah melakukan aktualisasi di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian dengan baik dan benar. Saya menjelaskan, bahwa mereka telah melakukan aktualisasi dengan sungguh-sungguh  dan penuh tanggung jawab. Setiap tahap yang mereka lakukan, dilakukan dengan semangat yang tinggi. Saya selaku mentor mengapresiasi  terhadap aktualisasi yang telah dijalankan karena kegiatan aktualisasi ini dapat membantu pelaksanaan kegiatan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.

Sesi terakhir adalah pengujian kegiatan aktualisasi. Penguji menanyakan beberapa hal yang terkait dengan hasil aktualisasi secara bergantian. Pada sesi ini, terlihat mereka menjawab dengan baik semua pertanyaan yang diajukan oleh penguji. Coach memberikan kata penutup "kegiatan aktualisasi ini akan tetap diamalkan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian". Tak lupa, setelah berakhir, kita melakukan sesi pemotretan dengan wajah penuh kebahagiaan.

Kiri (Rizky, Yusnia, Heri, Salbiah, Rifena, Muthia)
Mempersiapkan generasi pegawai negeri sipil yang berakhlaq dimulai dari sini. Semoga..Aamiin

#capegbuttmkpoyeee

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

2 comments:

  1. Waaah... ada bu mentor di sini. Bagi dong tipsnya biar bisa jadi mentor

    ReplyDelete
  2. Hehe....tips nya sering-sering bantu orang lain pasti bakalan jadi mentor....hehe

    ReplyDelete