Follow Us @soratemplates

Thursday, 25 October 2018

Qurban Tahun Ini, 2018

Hari Raya Qurban!!

Tahun ini 2018, hari raya Qurban jatuh pada hari Rabu 22 Agustus 2018. Seperti biasa kantor kami Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian menyelenggarakan Sholat Idhul Adha dan penyembelihan hewan qurban. Kebiasaan tersebut, sudah dibangun sejak tahun 2012. Saat itu, kepala Balai Kami, Bapak Dr. Antario mengajak setiap pegawainya untuk berpartisipasi dalam kegiatan Idhul Adha tujuannya selain kita mensyiarkan hari raya qurban, kita juga dapat berbagi kepada masyarakat sekitar kantor. Maka dimulailah kegiatan qurban sampai dengan saat ini. 

Penyelenggaraan ini dipanitiai oleh Masjid Miftahul Jannah yang berada di kantor kami. Kegiatan hari raya qurban dimulai dengan sholat Idhul Adha berjamaah. Sholat ini dilakukan di halaman parkir kantor kami, jamaah yang hadir berasal dari masyarakat lingkungan sekitar kantor.  Saat itu, yang menjadi Imam adalah Ustadz Abu Kayyisah Jumantoro, Spdi, Mpdi. Kegiatan sholat ini berjalan dengan lancar dan khidmat.




Masih dalam hari Tasyrik, Kamis 23 Agustus 2018, kami menyelenggarakan pemotongan hewan qurban. Tahun ini, hewan qurban yang disembelih sebanyak 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing.




Setelah hewan qurban disembelih, kemudian kami melakukan pemotongan daging dan tulang. Kegiatan ini dilakukan di animal cage bagian belakang kantor kami. Setiap kami, mempunyai tugas masing-masing, ada yang bertugas memotong daging, memotong tulang, menimbang daging, menimbang tulang, membersihkan jeroan. Setiap kantung plastik berisikan 1 kg daging sapi dan tulang/jantung/jeroan secukupnya.



Sebanyak 320 kantung daging dibagikan kepada warga disekitar. Kualitas daging baik dan terpercaya, karena pemotongan dan pemeriksaan ante/post mortem diawasi langsung Dokter Hewan Karantina. Pembagian daging qurban sudah kami atur jam dan jumlah orang yang boleh masuk secara bergiliran. Sehingga tidak akan terjadi kericuhan saat pembagian daging qurban.







Harapan saya, kegiatan ini akan terus berlanjut setiap tahunnya. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi kita semua. Terutama warga sekitar kantor kami. Mari berbagi kebahagiaan.

Postingan ini diikutsertakan dalam Blog Walking bersama Estrilook Community.

#IdAdhaMubarok
#KarantinaUjiTerap