Follow Us @soratemplates

Wednesday, 24 October 2018

Perbanyakan Isolat Penicillium


Hai.....

Saya akan menuliskan sedikit tentang aktivitas saya di kantor tempat saya bekerja. Saya bertugas sebagai Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan. Saya menyukai perkerjaan ini. Saya paling suka berlama-lama di laboratorium. Sepertinya saya sudah jatuh cinta dengan salah satu patogen alias penyebab penyakit pada tumbuhan. Dia bernama "Cendawan". 

Tahu ga apa itu cendawan? Cendawan biasa juga di panggil Jamur. Tapi untuk yang satu ini berukuran mikroskopis loh alias kecil-kecil bingit sehingga kalau kita mau melihatnya membutuhkan bantuan alat lain namanya mikroskop.

Melihat cendawan melalui mikroskop dibutuhkan keahlian loh, ga sembarang kita menggunakan mikroskop. Untuk mendapatkan gambar yang bagus dimikroskop maka kita perlu membuat cendawan hanya dalam satu spesies biar ga ke campur-campur sehingga gambar yang dihasilkan terlihat bagus. Kalau gambar kita sudah bagus maka dengan mudah kita dapat mengidentifikasi cendawan tersebut artinya kita tahu nama si cendawan tersebut. 

Agar identifikasi kita mudah dan benar maka kita perlu memperbanyak isolat cendawan tersebut. Biasanya sebelum memperbanyak isolat maka saya membuat media agar untuk pertumbuhan cendawan tersebut. Media agar yang saya gunakan adalah PDA. Ini merupakan media perbanyakan umum untuk pertumbuhan cendawan. 

Media agar yang telah tersedia kemudian diletakkan didalam laminar air flow. Selain itu, kita juga harus menyiapkan jarum isolasi, biakan cendawan, dan alkohol. Setelah semua alat dan bahan tersedia di laminar air flow selanjutnya kita bisa langsung memperbanyak cendawan dengan cara mencolek setitik spora pada isolat murni kemudian ditempelkan ke media agar baru. Langkah ini dilakukan untuk semua media agar hingga selesai. 

Media agar baru tersebut kemudian diinkubasi didalam inkubator selama satu minggu. Jangan lupa, setiap hari dilakukan pengamatan terhadap petumbuhan cendawan. Media agar yang tidak ditumbuhi cendawan lain merupakan media agar yang telah berhasil kita perbanyak. 

Terimakasih...



Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#Laboratorium
#MyPassion

No comments:

Post a Comment