Follow Us @soratemplates

Wednesday, 31 October 2018

New Job, New Knowledge

Kearsipan.....

Pertama kali saya kenal kata "kearsipan" adalah saat saya mengikuti inhouse training kearsipan di kantor kami. Saat itu posisi saya sebagai peserta dan hanya sekedar ingin tahu apa itu ilmu kearsipan. Cukup unik ilmu ini, mungkin hanya orang-orang yang mempunyai passion dibidang ini yang bisa mengelola kearsipan.

Tahun ini, dikantor kami akan membenahi kearsipan. Kebetulan saya dan dua orang teman saya ditugaskan untuk mengelola kearsipan. Pertama kali diinformasikan kalau saya ditugaskan sebagai pengelola kearsipan cukup kaget juga sih, sempet sedikit shock karena ga yangka kok malah saya yang ditugaskan, padahal tahun depan saya sudah punya beberapa rencana untuk lebih mengembangkan perpustakaan. Ya Allah, semoga Allah memberikan kemudahan kepada saya dan tim, aamiin...

Alhamdulillah, kantor kami menerima siswa PKL dari beberapa SMK. Tepat bulan Oktober ini, kami menerima siswa PKL sejumlah delapan orang. Lima orang diperbantukan di bagian kearsipan dan tiga orang diperbantukan dibagian administrasi.

Bismillah, saya dan siswa PKL mulai merapihkan arsip. Mulai membongkar satu per satu kardus, memilahnya berdasarkan tahun dan menginputnya dalam komputer.

Sudah hampir dua minggu, kami membongkar satu per satu kumpulan kardus, huf... bau menyengat menyeruak ke segala penjuru ruangan saat pertama kali kami membongkar kardus. Tapi seiring jalannya waktu, kami sudah terbiasa dan saat ini bau tersebut sudah hilang.




Saatnya memilah dokumen berdasarkan tahun. Kami mulai memilah satu per satu dokumen dan kami tumpukkan berdasarkan tahunnya. Selanjutnya kami pilah lagi berdasarkan bulannya.



Pemilahan ini kami lakukan hampir satu minggu, berharap akan segera selesai sehingga kami bisa mengentry ke dalam komputer.

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#KarantinaUji Terap
#SemangatMemperbaiki