Bactrocera kandiensis Drew & Hancock


Bactrocera kandiensis Drew & Hancock

Salbiah
Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian

Nama Ilmiah : Bactrocera kandiensis Drew & Hancock

Nama Umum : Bactrocera sp. near dorsalis (D) (Hendel)

Kode EPPO :  BCTRKA (Bactrocera kandiensis)
Taksonomi :
Domain: Eukaryota
Kingdom: Metazoa
Filum: Arthropoda
Subfilum: Uniramia
Kelas: Insecta
Ordo: Diptera
Famili: Tephritidae
Genus: Bactrocera
Spesies : Bactrocera kandiensis



Morfologi:

Telur berukuran panjang 0,8 mm dan lebar 0,2 mm, berwarna putih hingga kekuningan. Puparium berwarna putih hingga kuning kecokelatan. Biasanya memiliki panjang kira-kira 60-80% dari ukuran larva.
 
Genus Bactrocera memiliki sayap yang transparan, dengan pola-pola warna gelap pada bagian vena-nya. Skutum berwarrna hitam, skutelum berwarna kuning. Pada bagian abdomen terdapat pola garis gelap pada ruas ke-3 hingga ke-5. Spesies B. kandiensis (dari Sri Lanka) hampir mirip dengan spesies B. caryeae (dari India Selatan). Tetapi dapat dibedakan dari tanda berwarna gelap di bagian abdomennya. B. caryaea memiliki pola warna gelap yang luas di abdomennya, sedangkan pola warna gelap pada abdomen B. kandiensis lebih sempit.
 
Biologi:

Telur diletakkan di bawah lapisan kulit buah inangnya. Telur akan menetas dalam waktu satu hari setelah diletakkan (pada kondisi suhu dingin, telur biasanya menetas dalam waktu 20 hari setelah diletakkan). Lama tahap larva adalah 6-35 hari, tergantung musim. B. kandiensis berpupa pada tanah di bawah tanaman inangnya selama 10-12 hari, dan akan lebih lama (hingga 90 hari) pada suhu yang dingin. Imago muncul di sepanjang tahun, dan akan kawin pada 8-12 hari setelah keluar dari pupa. Imago B. kandiensis dapat hidup selama 1-3 bulan, tergantung suhu lingkungannya (hidup lebih lama hingga 12 bulan pada suhu dingin). 
Sebaran : Sri Lanka.
Tanaman Inang : Anacardium occidentale, Annona glabra, Areca catechu, Artocarpus heterophyllus, Averrhoa carambola, Carica papaya, Citrus maxima, Mangifera indica, Persea Americana, Psidium guajava, Punica granatum, Spondias dulcis, Syzygium aromaticum, Syzygium jambos.
Tahapan Pertumbuhan : Tahap Bunga
Gejala : Setelah oviposisi terdapat tanda tusukan dan membentuk nekrosisis lalu diikuti dengan dekomposisi buah.
Musuh Alami : Bactrocera spp. dapat diserang larva parasitoid. Sampai saat ini tidak ada catatan keberhasilan pengendalian hayati untuk  Bactrocera atau Dacus spp. (Wharton, 1989).
Dampak : B. kandiensis dapat menyebabkan kerusakan 100% pada tanaman mangga akan tetapi banyak kerusakan umumnya dikaitkan dengan B. dorsalis.
Deteksi dan Infeksi :  Buah-buahan harus diperiksa terutama tanda tusukan dan  nekrosis. Buah harus dipotong sampai terbuka dan diperiksa keberadaan larvanya. Identifikasi larva sulit, sehingga jika waktu memungkinkan, larva dipindahkan ke serbuk gergaji (atau media kering serupa) sampai masa pupa. Setelah munculnya, imago harus diberi makan dengan gula dan air selama beberapa hari sampai dapat diidentifikasi.
Regulasi : Banyak negara, seperti Amerika Serikat, melarang impor buah tanpa perlakuan pasca panen yang ketat yang telah diterapkan oleh eksportir. Perlakuan meliputi fumigasi, perlakuan panas (uap panas atau air panas), perlakuan dingin, insektisida, atau iradiasi (Armstrong dan Couey, 1989). Iradiasi tidak diterima di sebagian besar negara dan sekarang banyak negara yang telah melarang fumigasi dengan metil bromida. Perlakuan panas cenderung mengurangi umur simpan sebagian besar buah dan metode yang paling efektif adalah pengendalian dengan peraturan untuk membatasi impor buah yang diberikan kepada daerah bebas dari serangan lalat buah.

Kultur Budaya dan Sanitasi : Salah satu teknik pengendalian yang paling efektif terhadap lalat buah pada umumnya adalah membungkus buah, baik dengan surat kabar, kantong kertas,  plastik yang merupakan penghalang fisik sederhana sehingga lalat tidak dapat melakukan oviposisi tetapi harus aplikasikan sebelum buah diserang.

Pengendalian Kimia : Pengendalian dengan insektisida yang sesuai (misalnya malathion) dicampur dengan umpan protein. Kedua imago jantan dan betina dari lalat buah yang tertarik kepada sumber protein yang berasal amonia dan insektisida yang hanya dapat diterapkan pada beberapa tempat di kebun dan lalat akan tertarik ke tempat-tempat tersebut. Protein yang paling banyak digunakan adalah protein dihidrolisis. Smith dan Nannan (1988) telah mengembangkan sistem yang menggunakan protein autolysed. Di Malaysia ini telah berkembang menjadi produk komersial yang sangat efektif yang berasal dari limbah pembuatan bir.

Sistem Peringatan Dini : Banyak negara yang bebas dari Bactrocera spp., Misalnya Amerika Serikat (California dan Florida) dan Selandia Baru, memasang perangkap grid metil eugenol dan cue lure, setidaknya di daerah berisiko tinggi (pelabuhan dan bandara) jika tidak di sekitar seluruh wilayah climatically yang cocok. Perangkap yang digunakan biasanya bermodel perangkap Steiner (White dan Elson-Harris, 1994).
Daftar Pustaka :
Armstrong JW, Couey HM, 1989. Control; fruit disinfestation; fumigation, heat and cold. In: Robinson AS, Hooper G, eds. Fruit Flies; their Biology, Natural Enemies and Control. World Crop Pests. Amsterdam, Netherlands: Elsevier, 3(B):411-424.
Wharton RH, 1989. Control; classical biological control of fruit-infesting Tephritidae, In: Robinson AS, Hooper G, eds. Fruit Flies; their Biology, Natural Enemies and Control. World Crop Pests 3(B). Amsterdam, Netherlands: Elsevier, 303-313.

Comments