Follow Us @soratemplates

Wednesday, 23 January 2019

Banyak Jalan Menuju Bogor, Kamu Menggunakan Jalan yang Mana?

20:36:00 0 Comments
Siapa yang tak kenal Bogor, si kota hujan. Walau saya tidak lahir di Bogor, tapi saya punya banyak kisah di kota hujan tersebut. Kisah tersebut, dimulai saat saya memasuki perkuliahan di salah satu perguruan tinggi ternama di kota ini.

Lah, kok, ngomongin kisah, ya? *maksudnya?*. Haha, saya akan menceritakan sedikit kisah suka duka tapi bukan saat berada di kota Bogor, tapi saat saya berjuang menuju kota Bogor. Kisah perjalanan saya dengan menggunakan berbagai  moda transportasi menuju kota Bogor, merupakan kisah yang paling heboh. Sejatinya hidup, lika-likunya adalah itu *lebay. Next, apa saja sih, moda transportasi yang pernah saya gunakan untuk sampai ke kota Bogor. Mau tahu, kan? Ini dia :

1. Bus Hiba Utama

Transportasi  andalan saya sejak dulu.  Sejak pertama kali menginjakkan kaki di kota hujan. Saya selalu menggunakan bus ini. Kelebihan naik bus ini adalah harga terjangkau banget, apalagi seperti saya rakyat jelata, lumayan menghemat doku. Selain itu, kita bisa tidur dengan pulasnya, serasa mobil pribadi. Saat bangun, meski sudah berada di terminal Baranangsiang. Tapi ada kekurangannya juga, lho. Kekurangannya kalau naik bus ini, membutuhkan waktu yang lama banget. Kalau lagi kondisi santai sih, nggak apa-apa, lah kalau lagi terburu-buru, wassalam deh.

Tahu nggak  tempat-tempat ngetem bus ini? Nih, saya kasih tahu. Biasanya bus ini ngetem di terminal Bekasi, di dekat pertigaaan taman terminal Bekasi, di area bulak kapal, dan di depan pintu masuk tol. Kebayangkan, lamanya minta ampun. Jika  kamu akan menuju kota Bogor dan dikejar waktu, maka sebaiknya nggak menggunakan jasa angkutan ini, ya.

2. Mobil Sewaan Online

Kalau kamu mau pakai mobil sewaan ke Bogor, sebaiknya di pagi hari, saat suasana masih sepi dan jalanan lancar. Dijamin, kamu bakal menikmati sepanjang perjalanan. Tapi jangan sampai tidur yah, apalagi hanya kamu penumpangnya, kalau tidur khawatir nggak sampai kota Bogor *haha, galpok.

Kelebihannya adalah nyaman. Apalagi kondisi jalan lancar, akan cepat sampai di kota Bogor. Kekurangannya adalah mahal bayarnya. Saya pernah menggunakan moda transportasi ini, cukup menguras kantong. Kalau nggak urgent banget, nggak usah pakai mobil sewaan ini, apalagi sendirian, mending kalau beramai-ramai, bayarnya bisa urunan. So, kalau sudah darurat banget monggo deh menggunakan mobil sewaan.

3. Kereta Api

Sejujurnya, saya baru akhir-akhir ini saja sering menggunakan kereta api saat menuju Bogor. Sebelumnya sih nggak pernah. Kelebihan naik moda transportasi ini adalah menghemat waktu. Perjalanan jadi lebih singkat, cepat sampai di kota Bogor, jika dibandingkan naik bus. Kekurangannya adalah kondisi desak-desakan, berjubel-jubel nggak karuan, kadang bikin mikir dua kali jika akan menggunakan moda transportasi ini. Apalagi jika berada di gerbong perempuan, ampun dah, taubat, nggak akan lagi deh. Apalagi saat jam-jam sibuk berada di gerbong khusus wanita,  bisa-bisa jadi ikan pepes, dorong sana, dorong sini, tekan sana, tekan sini. Ampun ladies, pengalaman pahit, jangan sampai terulang kembali. 

4. Mobil Dinas 

Ini sih moda transportasi yang paling menyenangkan. Driver sudah dipercaya. Tinggal isi bahan bakar dan serahkan  e-toll, tiba-tiba sudah sampai di Bogor. Mantapkan. 

Dears, diatas adalah moda transportasi yang sering saya gunakan untuk sampai di kota Bogor. Kalau kamu, biasanya menggunakan moda transportasi apa?

Sumber : www.travel-tour-indonesia.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day22

8 Budaya Seru Dilingkunganku, Nomor 8 Bikin Kepala Oleng

16:45:00 0 Comments
Hello, Dears.

Pasti masih pada semangat mengikuti kompetisi yang kedua. Saya melihat, deburan ombak yang menggelora didada kamu semua. Sejujurnya, saya suka dengan tema yang kedua ini. Why? Temanya merakyat, sih. 

Nah, untuk menjawab tantangan dari tema yang kedua ini. Saya akan bercerita sedikit tentang jati diri saya *haha, tepok jidat*. 

Nama saya, Salbiah. Lahir di Bekasi, karena memang orang tua berasal dari Bekasi. Jadi, ceritanya saya orang Bekasi asli, nggak ada blasterannya sama sekali *huaha*.

Saya berdomisili di  Bekasi, sejak dilahirkan sampai sudah punya buntut dua, tinggal di Bekasi *duh malu deh, dah ketahuan tuanya*. Oleh karena itu, saya akan bercerita tentang budaya di lingkungan saya, yaitu budaya orang Bekasi, tepatnya budaya betawi. Eh, Bekasi itu betawi bukan, sih? *gigit jari*. Oke deh, simak, beberapa budaya di lingkungan sekitar rumah saya, semoga menginspirasi semua, ya. Kuy, simak :

1. Suara Adzan Sehari 5 Waktu

Saya memiliki rumah yang dekat dengan masjid, sehingga setiap kali waktu sholat tiba, sehari 5 kali, saya selalu mendengar panggilan adzan. Panggilan suci untuk setiap hambaNya untuk bersujud. Alhamdulillah, dengan begitu, pak suami selalu sholat berjamaah di masjid, terutama sholat magrib, isya, dan subuh. Kalau dzuhur dan ashar, sholatnya di kantor, nggak di rumah.

Kebiasaan tersebut, tampaknya sudah berakar. Para bapak dan anak-anak lelakinya, selalu melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Semoga membawa keberkahan yah. 

2. Kajian Sabtu Siang 

“Ibu-ibu, jam telah menunjukkan pukul 13.10 WIB, diharapkan kehadirannya sekarang, sudah siang!”. Itulah, panggilan yang rutin saya dengar dari pengeras suara masjid. Setiap hari Sabtu siang, panggilan tersebut selalu terdengar dengan apiknya, dengan suara dan deretan kata-kata yang sama.

Awalnya, saya agak bingung mendengar panggilan tersebut. Setelah selang beberapa waktu, akhirnya saya faham. Itu adalah panggilan pengajian mingguan ibu-ibu. Luar biasa, panggilan ke arah kebaikan. Biasanya, sambil menunggu ibu-ibu berkumpul, sang coordinator pengajian selalu bersholawat. Nah, saking seringnya saya mendengar sholawat tersebut, makanya saya sekarang hafal betul lirik sholawatnya, mulai A sampai Z *duh*. 

3. Kajian Kamis Malam

Ini beda. Kajian ini dilakukan setiap malam hari. Ba’da sholat magrib, suara pak Ustadz berceramah sudah terdengar. Pengajian khusus untuk Bapak-Bapak ini, dilakukan rutin setiap minggunya.

Tak mau ketinggalan, saya selalu mematikan televisi di rumah saat pengajian ini berlangsung. Jadi, tetap kebagian ilmunya, walau cuma dengar suara pak Ustadz dari pengeras suara.

4. Arisan Ibu-Ibu

Mengawali tahun 2019. Ibu-ibu berkumpul di salah satu rumah warga, untuk melakukan konsolidasi terkait  kegiatan arisan ibu-ibu. Arisan ini, khusus arisan RT 004. Urunan arisan dikenakan Rp. 50.000,-/bulannya, karena warganya banyak, tiap warga yang keluar namanya setelah dikocok, mendapatkan Rp. 1.500.000,-. Bisa dibayangkan, berapa lama arisan tersebut akan berakhir. Ayo tebak berapa lama? Saking banyaknya kepala rumah tangga yang ikut, diprediksi arisan tersebut akan selesai dalam waktu empat tahun kemudian. Duh, penantian yang begitu melelahkan.

5. Iuran RT

Saya tinggal di RT 004. Setiap bulannya, kami diwajibkan membayar iuran. Iuran sebesar Rp. 10.000,-/kepala keluarga. Iuran ini, banyak sekali fungsinya. Biasanya, digunakan saat menjenguk salah satu warga yang sedang sakit, melakukan takziah saat ada warga yang meninggal, atau menambahkan dana untuk event 17 Agustusan. Memang sih, nominalnya terlihat sedikit, tapi manfaatnya luar biasa, bahkan saya pernah merasakannya. Alhamdulillah. Ayo, semangat bayar iuran!

6. Kerja Bakti

Kegiatan wajib warga masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk RT 004, tempat saya tinggal. Apalagi musim hujan, kerja bakti, nggak henti-hentinya dilakukan. Membersihkan selokan, membakar sampah, atau memotong tanaman yang terlalu lebat. Dilakukan bersama-sama. Biasanya, yang melakukan kerja bakti adalah kaum adam, sedangkan kaum hawa menyiapkan makanan atau minuman untuk dihidangkan selepas kerja bakti selesai. Berharap, kegiatan ini selalu terpelihara sampai ke anak cucu, ya. Lingkungan bersih, badan sehat.

7. Event Tahunan

Setiap lingkungan meski punya kegiatan tahunan. Minimal memeriahkan acara tujuh belas agustusan. Budaya ini melekat banget bagi semua masyarakat. Begitu juga dengan warga RT 004. Tiap tahunnya selalu menyelenggarakan berbagai perlombaaan untuk memeriahkan acara ulang tahun negara Republik Indonesia. Peserta lomba dari semua tingkat usia, mulai balita sampai manula. Seru, kan.

8. Panggung Dangdut

Nah, kalau acara yang satu ini sepertinya sudah beranak pinak. Sejak zaman old, maybe. Setiap ada acara, baik acara pernikahan maupun khitanan, maka selalu saja panggung dangdut terselenggara dengan hebohnya. Sebenarnya enak juga sih lagu-lagu yang bawakan berbagai biduan saat acara berlangsung, tapi yang membuat saya aneh. Kenapa ya, saat persiapan soundnya meski dilakukan malam hari, tengah malam lagi. Gimana nggak ganggu, kan pusing dengarnya, jadi nggak bisa tidur, kepala jadi oleng, nggak karuan. Ampun, dah.

Berbagai kegiatan yang telah mengakar di lingkungan tersebut, harus dilestarikan dengan baik. Ambil sisi positifnya, mungkin ada sisi negatifnya, tapi ambil ibrahnya saja, ya. Satu untuk semua, semua untuk satu. 


#katahatiproduction
#katahatichallenge

Tuesday, 22 January 2019

2018, Tahunnya Literasi, Awesome!

04:27:00 0 Comments
Hai, Dears.

Apa kabar malam ini? Semoga semua sehat wal’afiat yah.

Duh, cerita tentang tahun 2018, rasanya nggak ada habis-habisnya, ya. Bahagia banget kalau menceritakan tahun 2018. Kalau dilukiskan, mungkin akan tergambarkan seperti bunga-bunga yang sedang bermekaran, kali, ya, *tepok jidat. 

Sedikit mengulas apa yang telah saya dapatkan ditahun 2018. Ada dua hal yang patut saya syukuri selama di tahun 2018.  Hal ini, sangat keren dan membanggakan buat saya pribadi. Hidup jadi lebih indah dan berwarna. Kuy, simak :

1. Mengenal Dunia Literasi Lebih Dekat

Tahun 2018, saya mulai mengenal dunia literasi melalui blogging. Ah, luar biasa. Banyak sekali ilmu yang saya peroleh dari dunia ini. Dipertengahan tahun 2018 tepatnya bulan Mei, saya mulai berpikir agar segala aktivitas yang telah saya lakukan dapat terabadikan dengan baik. Berharap tak hilang termakan oleh waktu. Oleh karena itu, saya mulai membuat blog pribadi.

Menu pada blog tersebut, saya kaitkan dengan pekerjaan saya tentunya. Saya membuat menu contact, entomologi, fitopatologi, karantina, me, pustaka dan kearsipan.

Pada menu “contact”, saya menginformasikan terkait alamat rumah, alamat kantor, dan surat elektronik. Saya berharap, dengan menuliskan ini akan memudahkan siapa saja yang akan menghubungi saya. 

Pada menu “entomologi”, saya menuliskan semua yang berkaitan dengan dunia serangga. Saya menuliskan banyak hal terkait Frankniella occidentalis, Limax maximus, Acraea acerata, Cephus cinctus, Xylophilus ampelinus, Bactrocera kandiensis, Busseola fusca, Caulophilus oryzae, kecoa, Thrips parvispinus, Sitophilus zeamais, lalat Bactocera papayae, dan kegiatan saya selama mengikuti seminar nasional perhimpunan entomologi Indonesia. Pada seminar tersebut, saya berpartisipasi sebagai presenter. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Seminar itu adalah seminar pertama buat saya dan menjadi penyemangat agar dapat melakukan yang lebih baik lagi di tahun mendatang.

Pada menu “fitopatologi”, saya menuliskan semua yang berkaitan dengan dunia penyakit tanaman. Penyebab penyakit tanaman, mulai dari cendawan, bakteri, nematoda, dan, virus. Sampai saat ini, patogen yang paling dominan saya tuliskan adalah cendawan. Memang, saya sangat menyukai dunia cendawan, sehingga dunia percendawanan menghiasi blog saya. Selain itu, saya menuliskan secara khusus tentang Guidnardia bidwallii, Aecidium cantense, Erwinia amylovora, Alternaria mali, Phragmidium arcticum, Pseudomonas agarici, Tomato ringspot virus, Peronosclerospora maydis, Tilletia indica, Aphelenchoides fragarie, Alternaria padwickii, Aspergillus niger, Colletotrichum musae, Rhizoctonia solani. Tak lupa, saya juga menuliskan kegiatan saya sebagai peserta pelatihan isolasi dan identifikasi Aspegillus, Penicillium, dan Talaromyces. Pelatihan tersebut merupakan pelatihan pertama saya dalam dunia cendawan. Apalagi narasumbernya merupakan mikologis dunia. Duh, bahagia banget bisa bertemu dan diajarkan langsung oleh pakarnya. Pengalaman pertama yang luar biasa dan sangat berharga. Alhamdulillah, berkat pelatihan tersebut. Saya semakin mencintai dunia cendawan dan mempunyai banyak kolega. Bahkan, saya telah ikut himpunan profesinya, sehingga membuat saya semakin eksis di dunia tersebut. Mantap, euy.

Pada menu “karantina”, saya menuliskan semua yang berkaitan tentang dunia perkarantinaan. Saya bercerita tentang kantor karantina yang pernah saya kunjungi. Lumayan, beberapa kantor karantina sudah saya kunjungi. Saya pernah mengunjungi karantina Manado, Makassar, Surabaya, Tanjung Priok, Bandung, Pangkal Pinang, Bengkulu, Yogyakarta, Batam, dan Palembang. Selain itu, saya juga menceritakan laboratoriumnya, baik laboratorium karantina tumbuhan dan karantina hewan. Saya juga menuliskan tentang segala aktivitas karantina di kantor tempat saya bekerja. Alhamdulillah, berkah mendapatkan tugas negara.

Pada menu “me”, saya menuliskan semua yang berkaitan dengan diri pribadi. Mulai dari acara jalan-jalan atau biasa disebut travelling, kuliner sampai urusan dapur, kayak yuci baju dan setrika. Sebenarnya saya malas juga sih kalau menceritakan privasi ke khalayak ramai, tapi demi mengikuti kompetesi, ya, nggak apa-apa deh*Gubrak dah.

Pada menu “pustaka dan kearsipan”, saya menuliskan semua yang berkaitan dengan perpustakaan dan kearsipan. Keduanya, merupakan tugas tambahan saya di kantor. Pekerjaan tersebut akan saya abadikan melalui tulisan. 

Blog sudah lengkap. Saya merasa sudah berasa di zona aman. Ilmu yang saya dapatkan begitu banyak. Mulai dari ilmu teknis menulis yang baik dan benar, ilmu fotografi, sampai ilmu tentang life style.  Semuanya saya dapatkan dari dunia literasi. Sungguh, pencapaian yang luar biasa pada tahun itu. 

2. Mengenal Indonesia Lebih Detail

Alhamdulillah, berkat karunia dari Allah. Akhirnya, saya bisa mengenal wonderful Indonesia. Saya mendapatkan tugas dari negara ke beberapa wilayah di Indonesia. Tak menyangka bisa menginjakkan kaki ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. 

Tugas negara selesai dengan baik. Selanjutnya mengenal lebih dekat sisi lain dari tempat yang saya kunjungi. Saya meriview mulai dari hotel yang saya tempati, restoran yang dikunjungi, kuliner, pesona alam, sampai oleh-olehnya. 

Saya selalu meriview tempat apapun yang saya kunjungi, contohnya tempat produksi Carica papaya di dataran tinggi Dieng.  

Berkah menghampiri. Saat sampai rumah. Saya punya oleh-oleh ide, banyak ide berseliweran. Banyak bahan yang dapat digunakan untuk tulisan-tulisan yang kece. Saya dapat menuliskannya dari berbagai sudut. Apapun bisa saya tuliskan. Alhamdulillah, nggak pernah kehabisan bahan menulis.

Dua hal diatas adalah pengalaman yang paling berharga sepanjang tahuh 2018. Saya akan meninggalkan jejak diri saya dengan menulis. Semoga segala yang saya tuliskan bermanfaat dan membawa kebaikan untuk semua orang.

Amazing, deh. 



#katahatiproduction
#katahatichallenge

Sunday, 20 January 2019

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Desain Laboratorium Pendidikan, Ini Dia Garis Besarnya

21:35:00 0 Comments
Laboratorium berasal dari bahasa latin, yang artinya “tempat bekerja”. Laboratorium digunakan untuk kegiatan penelitian ilmiah. Laboratorium berupa gedung atau ruangan berisikan peralatan dan bahan tertentu, untuk kegiatan pengujian yang berdasarkan metode ilmiah.

Nah, pengujian akan dipercayai secara ilmiah apabila pengelolaan laboratorium berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Desain laboratorium pendidikan yang baik, harus memperhatikan hal-hal berikut, ya :

1. Tata Ruang

Kamu harus perhatikan, bahwa laboratorium harus ditata sebaik mungkin. Bujur sangkar merupakan bentuk laboratorium yang ideal. Jarak antara narasumber dan peserta akan semakin dekat jika berada dalam ruangan berbentuk ini, sehingga interaksi antar keduanya akan lebih maksimal. 

Ukuran ruang praktikum, harus lebih besar dibandingkan ruang persiapan dan ruang penyimpanan. Selain itu, ruang laboratorium dilengkapi dengan ruang laboran, ruang administrasi, dan ruang kebersihan. 

Ruangan laboratorium harus mempunyai penerangan yang lebih besar dari ruang lainnya. Hal ini disebabkan, kegiatan yang dilakukan di dalam laboratorium adalah berupa kegiatan pengamatan sehingga memerlukan pencahayaan yang cukup. 

Setidaknya, gedung/ruang laboratorium memiliki jarak tertentu dengan gedung/ruang yang lain, agar mendapatkan penerangan yang baik. Sebaiknya, dibedakan antara pintu masuk dan pintu keluar, karena hal ini sangat membantu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan demi kenyamanan pengguna laboratorium. 

2. Sarana Laboratorium

Aneka sarana yang harus dipersiapkan dengan baik seperti atap, dinding, lantai, meja, kursi, lemari, lampu, pendingan ruangan, wastafel, ventilasi, dan pembuangan limbah. Sarana tersebut harus memiliki spesifikasi yang jelas, ya. 

Atap, dinding, dan lantai harus memiliki konstruksi yang tepat dan sesuai standar sehingga laboratorium layak digunakan untuk kegiatan pengujian. 

Laboratorium dilengkapi dengan meja praktikum, meja persiapan, dan meja demonstrasi. Meja praktikum digunakan peserta saat praktikum berlangsung, meja ini dilengkapi dengan instalasi listrik. Meja persiapan digunakan oleh narasumber atau laboran untuk menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan praktikum. Meja demonstrasi digunakan narasumber untuk melakukan demonstrasi. Meja ini, biasanya berada didepan papan tulis.

Kursi dibagi menjadi dua, yaitu kursi untuk peserta dan kursi untuk narasumber. Kursi peserta, tidak memiliki sandaran punggung dan tangan. Kakinya terbuat dari besi dan tempat duduknya terbuat dari kayu. Kaki kursi diberikan pelapis sehingga tidak menimbulkan suara berisik dan tidak merusak lantai.

Lemari di laboratorium dibagi menjadi lemari alat, lemari bahan, lemari buku, lemari praktikan, dan lemari administrasi. Lemari alat digunakan untuk menyimpan alat-alat. Lemari ini terbuat dari bahan yang kokoh sehingga akan kuat saat menopang alat-alat yang disimpan. Pintu lemari alat terbuat dari kaca sehingga mudah terlihat yang ada didalamnya. Sebaiknya lemari alat terkunci sehingga menjamin keamanannya. 

Lemari bahan digunakan untuk menyimpan bahan-bahan. Lemari ini khusus untuk menyimpan bahan yang tidak berbahaya. Jika bahan berbahaya, maka harus disimpan diruangan khusus. Lemari ini berupa pintu geser, terbuat dari kaca, dan terkunci. 

Lemari buku digunakan untuk menyimpan buku pustaka laboratorium. Lemari ini berpintu kaca dan tidak terkunci sehingga peserta pendidikan dapat dengan mudah mengakses referensi yang dibutuhkan saat pembelajaran. 

Lemari praktikan atau biasa yang disebut loker digunakan peserta pendidikan untuk menyimpan tas. Lemari ini terletak di bagian pinggir depan atau belakang ruang praktikum. Lemari ini hanya berupa kotak bersekat tanpa pintu.

Lemari administrasi digunakan untuk menyimpan dokumen administrasi laboratorium. Lemari ini diletakkan di ruang penanggungjawab laboratorium dan terkunci.

3. Peralatan yang Terkalibrasi

Alat laboratorium secara umum dibagi menjadi dua,  yaitu alat-alat optik dan alat-alat gelas.  Alat optik harus ditempatkan pada kondisi yang tidak lembap dan kering. Mikroskop misalnya, harus di simpan pada lemari khusus yang dilengkapi dengan instalasi lampu sehingga dapat mengurangi kelempaban udara. Alat gelas disimpan dalam lemari khusus dalam kondisi bersih dan sudah disterilisasi. 

4. Keamanan Laboratorium

Keamanan laboratorium terkait dengan pembuangan limbah, instalasi listrik, instalasi gas, blower, dan ventilasi, pemadam kebakaran.

Pembuangan limbah terbagi menjadi pembuangan limbah berbahaya dan limbah tidak berbahaya. Limbah berbahaya dibuang ke tempat penampungan khusus, yang kemudian akan diproses lebih lanjut sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Limbah tidak berbahaya yang berupa cairan dapat langsung dibuang ke wastafel cuci piring dan limbah padat dapat langsung dibuang ke tempat sampah.

Instalasi listrik harus tertata dengan baik. Daya lsitrik yang terpasang harus besar sehingga dapat mencukupi semua kebutuhan alat-alat laboratorium yang memerlukan daya listrik yang besar. Instalasi listrik terpasang pada lantai, dinding, dan meja laboratorium, dan dilengkapi stabilizer. Pemeriksaan instalasi ini harus dilakukan secara periodik dan tercatat. 

Instalasi gas digunakan untuk percobaan yang menggunakan pemanas. Pipa instalasi gas dipasang pada lantai dan dinding laboratorium. Adanya instalasi ini maka diperlukan instalasi udara yang cukup untuk membuang kebocaran gas yang mungkin terjadi. Lubang pembuangan kebocoran gas harus dibawah dinding. 

Blower dan ventilasi dibuat dengan perencanaan yang matang. Blower dipasang pada ruang asam sehingga sisa gas berbahaya dapat langsung dibuang ke udara bebas. Laboratorium tidak membutuhkan ventilasi udara yang lebar sehingga tidak terjadi kontaminasi patogen dari luar. Ventilasi dibuat agar terjadi sirkulasi udara yang baik.

Pemadam kebakaran atau biasa disebut hidran, diletakkan disetiap sudut ruangan laboratorium. Hidran digunakan sebagai antisipasi awal jika terjadi insiden. 

Keamanan laboratorium akan terjaga jika para pengguna laboratorium mengetahui simbol-simbol bahaya, sumber-sumber bahaya, dan penggunaan peralatan keselamatan.

5. Organisasi Laboratorium

Laboratorium minimal memiliki penanggungjawab laboratorium dan laboran.  Penanggungjawab laboratorium bertugas mengkoordinir semua kegiatan laboratorium. Membuat program, jadwal pemakaian laboratorium, tata tertib laboratorium, mengajukan kebutuhan alat dan bahan, dan memantau inventarisasi alat dan bahan laboratorium.  

Laboran bertugas menyiapkan alat dan bahan, menginventarisasi alat dan bahan, memelihara dan merawat laboratorium sehingga bertanggungjwab terhadap kebersihan, keamanan, dan keindahan laboratorium.

6. Administrasi Laboratorium

Kelengkapan administrasi meliputi daftar inventarisasi alat dan bahan, surat masuk dan surat keluar, daftar kebutuhan alat dan bahan, daftar penggunaan alat dan bahan, daftar pengguna laboratorium, dan pelaporan. 

Jadi, jika kamu hendak mendesain laboratorium pendidikan, maka perhatikan hal-hal diatas, ya. Laboratorium yang terdesain dengan baik akan mendukung suksesnya pengujian dan menjamin terjaganya keamanan.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day21

Terjun ke Dunia Literasi, Manfatnya Segudang!

07:57:00 0 Comments
Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Setiap orang pasti sudah mengenal kata “membaca dan menulis”. Dua kata tersebut memang terdengar amat sederhana, tapi dibalik kesederhanaannya, mengandung makna yang sangat luas.

Proses untuk sampai kepada membaca dan menulis itu, yang membutuhkan usaha yang keras. Nah, dengan mendalami dunia literasi, maka ilmu pengetahuan dan keterampilan kamu akan bertambah. Sungguh, teramat banyak yang akan didapatkan dengan terjun ke dunia literasi. Beberapa diantaranya, akan dijabarkan dibawah ini :

1. Menambah Ilmu  dan Keterampilan

Tak bisa dipungkiri. Dunia literasi adalah ibunya ilmu. Semua disiplin ilmu, akan bermuara pada dunia ini. Belajar dengan sungguh-sungguh, akan menambah banyak ilmu. Kamu akan tahu ilmu tata bahasa, fotografi, teknologi, informasi, sampai dengan ilmu yang berkaitan dengan life style. Wow, amazing, ya. Saat ilmu telah bertambah. Kamu bisa langsung action. Mempraktikan apa yang telah didapatkan. Semakin hari, keterampilan akan semakin mahir. Tak ada salahnya kamu mendalami dunia literasi dengan semangat 45.

2. Menambah Pertemanan

Seiring berjalannya waktu. Jejaring pertemanan akan semakin luas. Kamu akan punya banyak kolega. Baik kolega yang satu disiplin ilmu atau dari disiplin ilmu yang berbeda. Aktivitas tukar pikiran, share informasi, dan saling membantu kesulitan, akan terjalin dengan sendirinya. Walau hanya berteman di dunia daring. Ibarat kata, jauh dimata dekat dihati. Suatu saat, rencana kopi darat pun akan muncul dan akhirnya semakin eratlah ikatan pertemanan tersebut.

3. Menambah Penghasilan

Alasan menulis bagi setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya sekedar menyalurkan hobi, mengabadikan momen, atau bahkan mencari penghasilan. Memang tak bisa dipungkiri, writer merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Penulis pemula saja, bisa mendapatkan penghasilan dari tulisannya. Walau hanya sekedar receh. Penulis profesional, sudah mendapatkan penghasilan jutaaan dari tulisannya. Selain tulisan, kamu bisa mendapatkan penghasilan sebagai narasumber. Jika di blog, ada tuh namanya “narablog”. Dengan begitu, kamu akan mengumpulkan pundi-pundi emas dari aktivitas ini. Keren, kan.

4. Meningkatkan Prestise

Saat tulisan diapresiasi oleh orang banyak. Maka secara otomatis, prestise kamu akan meningkat. Banyak yang mengantri menjadi follower dan selalu menunggu setiap postingan terbaru. Selain itu, dengan terpublikasinya tulisan di beberapa publisher, maka kamu akan mendapatkan pujian dari khalayak ramai dan keahlianmu dibidang tertentu akan mendapatkan pengakuan massal. Sebuah prestasi yang membanggakan, bukan?

Terjun ke dalam dunia literasi tak ayal bagaikan menabung uang receh dalam celengan. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tak terasa, semakin hari banyak yang kamu dapatkan dari dunia ini. Sayang rasanya jika mengabaikannya. Selalu semangat menuntut ilmu di dunia literasi. Pramoedya Ananta Toer, mengatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”.

Ganbatte kudasai!

Sumber : Pixabay.com
Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day20

Saturday, 19 January 2019

iTani, Aplikasi Spektakuler Persembahan Kementerian Pertanian

20:32:00 0 Comments
Dears, adakah yang hobi ke perpustakaan? Bagaimana wajah perpustakaan saat ini? Apakah perpustakaan masih ramai dikunjungi? Adanya revolusi industri 4.0 memaksa perpustakaan mengedit wajahnya. Perpustakaan harus mengubah strategi, yang tadinya orang mengenal perpustakaan sebagai suatu ruangan dengan segala fasilitas didalamnya. Kini, wajah perpustakaan harus dapat dijumpai dimanapun, nggak hanya berada didalam gedungnya.

Beranjak dari hal tersebut. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Kementerian Pertanian mempersembahkan aplikasi berbasis android. iTani, namanya. Aplikasi ini mampu menjawab tantangan perpustakaan di era digital, sehingga akses perpustakaan dapat dilakukan di ujung jari. Aplikasi ini berfungsi mengumpulkan, menyimpan, menginformasikan, dan menampilkan informasi elektronik sehingga dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun berada. Jika aplikasi ini diunggah, kamu akan banyak sekali mendapatkan keuntungan :

1. Cara Akses Mudah

ITani dapat diunggah di playstore kesayanganmu. Saat iTani sudah terpampang cantik di telepon genggam, tinggal klik dan beberapa detik kemudian, aplikasi ini sudah terakses dengan sukses. Jangan lupa, registrasi sebelum login, ya. Saat kamu sudah bisa login, berarti  sudah terdaftar sebagai anggota iTani. Semua ini gratis, lho, awesome.  

2. Banyak Fitur

Peranti lunak ini mempunyai banyak fitur, yang dapat membantu kamu mengakses berbagai informasi. Laman koleksi, berfungsi melihat list cover buku dan mengakses kategori buku. Laman epustaka, berfungsi melihat list kumpulan epustaka, profil, dan cover buku. Laman feeds, berfungsi memonitor aktivitas anggota,  meliputi menjalin pertemanan, gabung pustaka, rilis buku, ulasan buku, rekomendasi buku, dan konten admin. Laman rak terdiri dari pinjaman, antrian, dan riwayat. Laman notifikasi, berfungsi sebagai pemberitahuan aktivitas user.

3. Keuntungan Anggota

Sebagai anggota, kamu mempunyai banyak keuntungan. Jangka waktu menjadi anggota selama 5 tahun, lama banget, ya. Bisa meminjam buku hingga 1000 buku, ah keren. Satu hari dapat meminjam tiga judul buku. Selain itu, satu buku aktif selama tiga hari. Duh, mantap banget nih.

Sudah, nggak usah banyak mikir. Kuy, langsung ambil telepon genggam kesayangan kamu. Klik playstore, search iTani dan unggah, ya. Dijamin, setelah memiliki aplikasi ini,kamu  akan makin cinta dengan negara agraris yang elok ini, Indonesia.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day19

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Tindakan Medis Operasi, Jika Sudah Kamu Lakukan, dengan Izin Allah, Operasi akan Berjalan dengan Lancar

05:57:00 0 Comments
Ada yang bilang kalau sakit adalah penggugur dosa. Terlepas benar atau tidak pernyataan tersebut, yang pasti sakit adalah gangguan kesehatan. Kondisi abnormal dari tubuh akibat dari serangan patogen. 

Suatu saat, setiap manusia pasti akan mengalami yang namanya sakit. Dilalah, sakit yang diderita harus ditangani dengan tindakan medis operasi. Nah, berikut hal-hal yang harus kamu persiapkan agar tindakan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan : 

1. Persiapkan Mental

Bagi orang yang belum pernah merasakan tindakan operasi. Meski dihantui rasa takut yang mungkin berlebihan. Mendengarnya saja sudah nervous, apalagi menjalaninya. Jangankan tindakan operasi, membayangkan jarum infus bertanggar ditangan saja sudah takutnya minta ampun. Bahkan, ada beberapa orang akan stres saat menghadapi tindakan operasi, sehingga dibutuhkan persiapan mental yang kuat sebelum melakukan tindakan operasi. 

Selalu berpikir positif, banyak berdoa, dan pasrahkan semuanya kepada Allah Maha Penyembuh. Cari teman yang dapat diajak berdiskusi dan selalu memberi semangat sehingga mental menjadi kuat menghadapi operasi. Jangan terlalu sesumbar menginformasikan kepada khalayak ramai, kalau kamu akan dioperasi. Terkadang omongan orang yang tidak bertanggungjawab akan membuat down sebelum tindakan operasi dilaksanakan. Informasikan hanya kepada orang-orang terdekat, keberadaaan mereka akan menjadi motivator disaat yang dibutuhkan. So, saat mental sudah siap, tindakan operasi akan berjalan dengan lancar. 

2. Konsultasikan pada Dokter Spesialis

Dokter merupakan orang yang mempunyai keahlian menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tak mengapa, jika awalnya berkonsultasi pada dokter  umum. Setelah mendapat pencerahan, konsultasikan  kepada dokter spesialis. Dokter spesialis akan sangat membantu mendeteksi penyakit dan menyarankan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pilihlah dokter spesialis yang sudah  mempunyai jam terbang dan record yang baik, karena itu sangat membantu tindakan apa yang akan kamu putuskan.

3. Persiapkan Asuransi Kesehatan

Tindakan operasi pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit. Saat ini sudah banyak bermunculan asuransi kesehatan. Asuransi tersebut sangat membantu dalam meringankan biaya yang akan ditanggung. Alangkah bijaknya jika sebelum penyakit itu datang, kamu segera mendaftarkan diri pada salah satu asuransi kesehatan. Sumpah deh, asuransi kesehatan sangat membantu dalam pembiayaan tindakan operasi.

4. Pemilihan Rumah Sakit

Rumah sakit yang akan digunakan sebagai tempat tindakan operasi, harus dipertimbangkan matang-matang, ya. Baik dari sisi jauh atau dekatnya lokasi rumah sakit dengan tempat tinggal, fasilitas rumah sakit yang akan didapatkan, dan pelayanan di rumah sakit tersebut. Penting sekali untuk diperhatikan. Kalau kamu sudah punya pengalaman buruk dengan suatu rumah sakit, maka sebaiknya jangan menggunakan kembali rumah sakit tersebut. Cari rumah sakit yang lain. Usahakan, rumah sakit yang kamu tuju sudah memiliki reputasi dan terakreditasi baik. Kenyamanan pelayanan rumah sakit, merupakan salah satu faktor yang membuat tenang sebelum tindakan operasi dilakukan.

5. Ditemani Orang Terdekat

Sebelum melakukan tindakan operasi, biasanya diharuskan bermalam minimal satu hari. Selama bermalam, sebaiknya ditemani oleh salah satu orang atau anggota keluarga dekat. Jika mereka menenami, dijamin, kamu nggak akan repot mengurus hal-hal yang akan mengganggu konsentrasi, sehingga akan fokus terhadap tindakan operasi esok harinya.

Persiapan yang terencana akan membuat mental dan fisik kuat. Operasi akan tereksekusi dengan baik dan  berjalan sesuai dengan yang diharapkan. So, siapkan hal-hal diatas agar hidupmu tetap indah sebelum tindakan operasi dilakukan. Semangat!



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day18

Thursday, 17 January 2019

Ini, 9 Fakta Fasilitas Keren di Gedung Pendidikan Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, Nomor 9 Khusus untuk Olahraga Mulut!

21:24:00 0 Comments
Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian merupakan unit pelaksana teknis Badan Karantina Pertanian di bawah Kementerian Pertanian. Instansi  pemerintah ini, berlokasi di Jalan Raya Kampung Utan, Setu, Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Kantor ini terdiri dari beberapa gedung yang megah, salah satunya adalah gedung pendidikan. Gedung ini digunakan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan, didalamnya terdapat berbagai fasilitas yang keren, lho. Kamu mau tahu apa saja fasilitasnya. Nah, perhatikan dengan seksama yah : 

1. Ruang Kelas

Ruang utama didalam gedung pendidikan adalah ruang kelas. Gedung pendidikan terdiri dari empat lantai. Tiap lantainya selalu terdapat ruang kelas, lho. Ukuran ruang ini ada beberapa tipe. Ada, ruang  kelas besar dengan kapasitas ±80 orang dan ruang kelas kecil dengan kapasitas ±25 orang. Semua ruang kelas berpendingin udara, sejuknya membuat hati jadi tentram.

2. Ruang Pameran

Ruang ini terletak di lantai satu, yang berisi poster dan galeri foto. Poster tersebut, berisikan hasil uji terap yang telah dilaksanakan dengan sukses. Duh, kalau lihat poster tersebut, membakar semangat untuk selalu menjaga negeri dari bioterrorism.

Galeri foto menayangkan berbagai foto kegiatan yang dilakukan petugas karantina. Mulai dari foto zaman old sampai foto yang kekinian. Lucu deh, kalau lihat foto-foto tersebut, membangun memori masa lalu di masa kini.

3. Laboratorium

Tiga laboratorium berdiri gagah di gedung pendidikan. Biasanya, laboratorium ini digunakan untuk kegiatan bimbingan teknis atau pelaksanaan uji terap. Nah, lho, apa itu uji terap? Uji terap sama dengan penelitian, ya, bisa dibilang kata gantinya, gitu. Laboratorium entomologi dan  fitopatologi, terletak di lantai satu sedangkan laboratorium molekuler terletak di lantai tiga. Fasilitas yang top markotop membuat laboratorium ini semakin cantik saat digunakan.

4. Ruang Perpustakaan

Malahayati pustaka, namanya. Letaknya di lantai dua. Berbagai koleksi tertata rapi dalam rak yang telah tersedia. Koleksi di bidang entomologi, fitopatologi, dan veteriner merupakan koleksi utama. Ah, tapi jangan khawatir, ya. Kamu bisa menemukan koleksi lain di perpustakaan ini, terdapat rak khusus yang memuat koleksi umum. Dari rak tersebut, kamu bisa temukan berbagai bidang ilmu diluar ilmu pertanian. Lengkap, ya. 

Selain itu, ada ruang bacanya juga, lho. Kalau kamu sudah menemukan buku idaman. Nah, saatnya membaca di ruang yang berpendingin udara. Dijamin, bakalan terlena karena saking asyiknya berliterasi disini.

5. Ruang Arsip

Ini merupakan ruangan yang paling baru, paling milenial kali, ya. Lokasinya di lantai dua, tepat disamping ruang perpustakaan. Berbagai arsip inaktif sedang dikelola diruangan ini. Sesekali kalau kamu masuk ke dalam gedung pendidikan, kamu bisa berkunjung ke ruangan ini. Nggak akan rugi, deh, justru malah beruntung. Dapat mengetahui teknik pengelolaan arsip yang easy banget. 

6. Ruang Meeting

Ruangan terkece yang ada di dalam gedung pendidikan. Meja berbentuk elips dengan giant chair. Bentuk meja seperti ini menggambarkan keakraban dan profesionalitas. Tepat sekali jika melaksanakan meeting dengan menggunakan bentuk meja seperti ini. Selain itu, dilengkapi dengan kursi yang mewah banget. Empuknya kursi ini nggak tertandingi dibandingkan dengan kursi-kursi di ruangan lain. Ruangan ini terletak di lantai dua. Biasanya, ruangan ini digunakan untuk rapat koordinasi pegawai, pejabat struktural atau pertemuan internasional.

7. Sarana Olahraga

Jika hobi bermain badminton, maka nggak ada salahnya datang ke gedung pendidikan. Hobi akan tersalurkan dengan baik, karena gedung ini menyediakan double lapangan badminton. Kamu bisa main sepuasnya, bahkan hingga larut malam. Selain itu, tersedia juga ruang tenis meja di lantai empat gedung ini. So, kamu bakalan lupa segalanya kalau sudah berada di ruang tenis meja. 

8. Ruang Fitness

Ingin penampilan tetap seksi dan terlihat bugar? Tak ada salahnya kamu mendatangi ruang fitness. Ruangan ini terletak di lantai empat. Saat kamu keluar lift, selanjutnya belok kanan, dan langsung menemukan ruang fitness. Seperti ruang fitness kebanyakan. Ruangan ini berdinding kaca sehingga  bisa berolahraga sambil bercermin, melihat lekukan body kamu, apakah sudah sesuai dengan arahan  instruktur? Mantap, ya.

9. Ruang Karaoke

Nah, ini dia ruangan yang paling digemari para biduan. Baik lagu lawas atau lagu kekinian. Mereka tak segan menghabiskan waktu untuk olahraga mulut yang satu ini. Duh, kalau sudah berada di ruangan ini, pikiran jadi plong. Posisi ruangan ini tepat disamping ruang fitness. Keluar  ruangan ini, mulut sehat, pikiran tenang, hati berbunga-bunga.

Harapannya, segala fasilitas tersebut, mendukung semua kegiatan yang sedang dilaksanakan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar, karena semua peserta sehat jasmani dan rohani. 

Yuk, semangat mengupgrade diri, apalagi ditemani fasilitas yang serba modern. So, katakan terimakasih kepada Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. Terimakasih Indonesia tercinta!


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day17

Presentasi Pertama di Karantina Manado

03:25:00 0 Comments
Apa kabarmu, Dears

Saya mau menuliskan secuil perjalanan hidup dalam rangka tugas negara. Mengenang masa silam. Saat saya ditugaskan ke salah satu kantor karantina di Manado. Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, namanya. Jadi kepingin dituliskan, agar tak hilang tergerus waktu yang terus berlari.

Yap, saat itu saya dan beberapa orang teman ditugaskan melakukan sosialisasi program kerja yang telah selesai dilaksanakan kantor kami, yaitu Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. Selain itu, kami juga melakukan pengumpulan bahan yang akan digunakan sebagai rencana kegiatan di tahun depannya.


Saya selaku fungsional khusus diberikan tugas melakukan presentasi  didepan pegawai Karantina Manado. Duh, pengalaman pertama presentasi, rasanya deg degan, tapi Alhamdulillah presentasi berjalan dengan lancar.


Dears, berikut materi yang saya sampaikan saat presentasi. Saya kasih point-point nya saja yah, soalnya kalau dijelaskan bakalan nggak kelar seharian niy, *tepok jidat*. Saat itu saya menjelaskan terkait :

1. Tugas pokok dan fungsi Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
2. Fungsi Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
3. Visi dan misi Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
4. Struktur organisasi Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
5. Komposisi pegawai Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
6. Sarana dan prasarana  yang dimiliki Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.
7. Pelaksanaan uji terap karantina hewan tahun 2011-2013.
8. Pelaksanaan uji terap karantina tumbuhan tahun 2011-2013.
9. Penyelenggaraan diseminasi teknis tahun 2011-2013.
10.Fasilitas kegiatan dalam kerjasama nasional dan internasional.

Selanjutnya, saya menjelaskan secara rinci hasil uji terap karantina hewan dan tumbuhan yang telah di laksanakan sejak tahun 2011-2013. Dears, tahu nggak apa itu istilah “uji terap”. Uji Terap itu sama dengan “penelitian”. Jadi, setiap tahunnya kami melaksanakan uji terap dan hasilnya kami diseminasikan ke unit pelaksana teknis Badan Karantina Pertanian.

Presentasi pelaksanaan hasil uji terap karantina hewan dan tumbuhan tahun 2011, sebagai berikut : 

1. Pelaksanaan uji terap teknik dan metode pemusnahan meat bone meal.
2. Pelaksanaan uji terap teknik dan metode perlakuan media pembawa kulit.
3. Pelaksanaan uji terap teknik dan metode pemeriksaan cemaran tetrasiklin pada susu.
4. Perlakuan karantina terhadap sayur segar umbi lapis bawang merah menggunakan iradiasi sinar gamma.
5. Perlakuan karantina dengan iradiais sinar gamma terhadap buah mangga gedong yang terinfestasi lalat buah.
6. Perlakuan iradiasi dan udara panas terhadap kedelai untuk eradikasi cendawan model Microcyclus ulei.

Presentasi pelaksanaan hasil uji terap karantina hewan dan tumbuhan tahun 2012, sebagai berikut : 

1. Uji Terap Perlakuan Kemasan Media Pembawa Avian Influenza.
2. Uji Terap Deteksi Media Pembawa Potensial OPTK/HPHK menggunakan Teknologi X-Ray.
3. Uji Terap Penggunaan Ethylene Formate sebagai Alternatif Perlakuan pada Buah Segar.
4. Uji Terap Penggunaan Ohosphin Cair sebagai Alternatif Perlakuan pada Media OPTK.
5. Uji Terap Perlakuan Sarang Burung Walet.

Presentasi pelaksanaan hasil uji terap karantina hewan dan tumbuhan tahun 2013, sebagai berikut : 

1. Efektifitas pemberian berbagai jenis insektisida terhadap vektor penyakit Babesiosis dan Anaplasmosis pada Ruminansia dengan teknik penyemprotan.
2. Efektifitas desinfektan pada permukaan media pembawa AI dengan teknik penyemprotan.
3. Uji terap perlakuan fumigan alternatif pengganti Methyl Bromida.
4. Uji terap perlakuan udara panas untuk eradikasi Psocid (kutu gurem) pada kulit manis.
5. Uji terap hot water treatment sebagai alternatif pada buah tropis.
6. Uji terap perlakuan iradiasi sinar Gama (Co-60) pada buah manggis.

Dears, komprehensif banget yah uji terap yang telah dilaksanakan dengan sukses.  Hasil uji terap ini didedikasikan untuk kemajuan negara Republik Indonesia. Semangat membangun negeri.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day16

Wednesday, 16 January 2019

Karantina di Kota Nyiur Melambai

13:32:00 0 Comments
Hai, Dears

Hujan masih menemani saat saya mencoba menulis artikel ini. Sedikit flashback, Lima tahun yang lalu saya berkesempatan mendatangi kantor karantina di Sulawesi Utara, tepatnya di kota Manado. 

Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado, namanya. Saat ini, kantor tersebut terletak di Jl. AA Maranis, Mapanget, Manado. But, lima tahun lalu, lokasinya tidak disana. Saya lupa tepatnya karena masih digedung yang lama. 

Wilayah kerja karantina Manado cukup banyak seperti wilayah kerja pelabuhan laut Bitung, wilayah kerja bandara Sam Ratulangi Manado, wilayah kerja pelabuhan laut Manado, dan wilayah kerja pelabuhan laut Tahuna.

Karantina Manado juga transparan banget dalam informasi publik. Informasi yang dibuka untuk publik banyak, lho, seperti rencana strategis, informasi berkala, informasi serta merta, informasi setiap saat, realisasi anggaran, formulir informasi publik, portal PPIB, dan faq PPID.

Aplikasi layanan yang dikembangkan Karantina Manado cukup lengkap, Dears. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengakses layanan di Karantina Manado. Aplikasi tersebut meliputi PPK Online, Antrian, Indeks Kepuasan Masyarakat, Website, Permohonan Tempat Lain, dan masih banyak aplikasi lain yang on process

Karantina Manado juga menyediakan menu peraturan perundangan yang terintegrasi dengan e-legislasi, kumpulan regulasi perkarantinaan, Badan Karantina Pertanian.

Sebagai masyarakat, kamu bisa menilai pelayanan Karantina Manado sebagai salah satu instansi Pemerintah dengan melakukan pengisian survei kepuasan masyarakat. Caranya mudah kok. Kamu hanya mengisi formulir yang berada dalam aplikasi  indeks kepuasan masyarakat Karantina Manado. 
Formulir tersebut berisikan :

1. Jenis kelamin
2. Umur
3. Pendidikan terakhir
4. Pekerjaan utama
5. Unit kerja pelayanan publik
6. Alamat
7. Telp
8. Pertanyaan kemudahan pelayanan
9. Pertanyaan kewajaran persyaratan teknis dan administratif dalam memperoleh pelayanan
10. Pertanyaaan jaminan keberadaan dan kepastian pelaksanaan
11. Pertanyaan konsistensi waktu kerja pelayanan
12. Pertanyaan kejelasan tanggungjawab pelaksanaan dalam memberikan pelayanan
13. Pertanyaan kemampuan penjelasan dalam memberikan pelayanan
14. Pertanyaan kecepatan pelayanan
15. Pertanyaan perlakuan pelaksana dalam memberikan pelayanan
16. Pentanyaan kesopanan dan keramahan pelaksana dalam memberikan pelayanan
17. Pertanyaan kejawaran biaya pelayanan
18. Pertanyaan kepastian biaya pelayanan
19. Pertanyaan ketepatan waktu memberikan pelayanan
20. Pertanyaan kenyamanan lingkungan pelayanan
21. Pertanyaan keamanan pelayanan

Next, kamu "klik" tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang telah diberikan. Jangan lupa, berikan saran dan masukan yah.

Keikutsertaan kamu dalam mengisi indeks kepuasan masyarakat ini kan sangat membantu evaluasi pelayanan Karantina Manado.

Nah, kerenkan Karantina Manado. Kenangan terindah bisa ke kantor karantina ini.  Selalu berikan yang terbaik untuk Negara Indonesia, karena kita siapa? Indonesia!



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day15